BLANTERVIO103

Yeay, Akhirnya Ichi Bisa Jalan - Kapan Bayi Bisa Jalan?

Yeay, Akhirnya Ichi Bisa Jalan - Kapan Bayi Bisa Jalan?
12 September 2019

Kapan Bayi Bisa Jalan

Duh..anakku sudah umur dua belas bulan belum juga bisa jalan, bagaimana ini, anak yang lain dah pada jalan. Begitu kira-kira apa yang ada di pikiranku saat anakku Ichi belum bisa jalan. Aku galaunya minta ampun. Beragam pertanyaan muncul di kepala. Apa dia kekurangan gizi, apa dia kurang diajak gerak atau ada apa. Kemudian pertanyaan bermuara di "Kapan Bayi Bisa Jalan?

Kekhawatiranku tentang anakku yang belum kunjung bisa berjalan karena dulu ayahnya bisa berjalan pada umur 8 bulan. Aku dan adik-adik bisa berjalan pada umur 11 bulan dan adikku Ardi bisa berjalan pada umur 9 bulan. Kok anakku sudah umur 12 bulan belum juga bisa jalan. 

Belum lagi pertanyaan-pertanyaan dan tanggapan negatif dari para pemerhati bangsa. Mereka biasanya bilang. "Lho kok belum bisa jalan? Anak si A sudah bisa lari lho". Ada juga yang bilang "Mungkin dianya ga pernah diajak jalan dan kurang gizi tuh". Sebagai seorang ibu sakitnya tuh di sini. 

Anakku sehat kok dan mungkin memang belum waktunya jalan mugkin. Memang diakui aku menititpkan anakku di tempat penitipan pada jam kerja. Tetapi orang-orang yang mengasuh di penitipan adalah orang-orang baik. Mereka merawat anakku dengan baik, termasuk mengajarinya berjalan.

Aku dan suami terus mengajari Ichi berjalan. Hampir tiap pagi kami mengajak Ichi belajar jalan di gang rumah. Katanya bayi yang diajak belajar jalan di pagi hari akan lebih cepat bisa berjalan. Kami pun mengajarinya jalan di pagi saat weekend atau libur nasional. Bunda yang kepo ini juga mencari tahu kapan harusnya bayi mulai berjalan? Ternyata bayi mulai berjalan dari umur 9-17 bulan dan setiap anak itu beda. 

Yup berbeda, ada yang pada umur 9 bulan sudah jalan, ada yang 1.5 tahun, ada yang umur 1 tahun. Kita perlu khawatir jika si bayi belum bisa berjalan disaat umurnya sudah di atas 1.7 tahun. Alhamdulllah, Ichi masih masuk masa belajar jalan, berarti dia tidak terlambat jalan. Kehawatiranku hilang, hanya kadang rada kesal saja kalau ada yang membanding-bandingkan anakku dengan teman-temannya yang sudah duluan bisa jalan.

Tapi Alhamdulillah di umur 13 bulan akhirnya Ichi bisa berjalan. Terima kasih nak sudah berjuang belajar jalan dengan ayah dan bunda. Kami sayang Ichi.

Teruntuk para ayah dan bunda yang sedang berjuang mengajari anaknya berjalan semangat ya. Semoga ananda segera bisa berjalan. Semangat!!!!!


Share This Article :
Zefy Arlinda

TAMBAHKAN KOMENTAR

8803000654652570868