Penurunan Fungsi Dengar Sesuai Tingkat Gangguan

alat bantu dengar


Ada banyak nama alat bantu dengar yang bisa Anda temukan di pasaran dengan berbagai bentuk, kemampuan dan fitur yang dimilikinya. Penting bagi Anda untuk melakukan pengecekan sebelum memutuskan untuk melakukan pembeliannya. Anda pun juga diharapkan untuk berkonsultasi kepada dokter THT untuk mencari rekomendasi alat bantu dengar yang sesuai dengan kebutuhan pasien.

Jika Anda belum mengetahui seberapa jauh gangguan pendengaran yang sedang Anda alami, sebaiknya Anda mengetahui gangguan pendengaran berdasarkan pada tingkatnya. Dengan mengetahui tingkat gangguannya, Anda bisa menemukan alat bantu dengar yang sesuai. Berikut ini tingkat gangguan pendengaran yang harus Anda ketahui:

1. Gangguan pendengaran dengan tingkat 30-35 Db
Gangguan pendengaran pada tingkat ini, pasien tidak memiliki kemampuan untuk mendengar suara bisikan, meskipun berada pada jarak yang dekat sekalipun. Orang yang mengalami gangguan pendengaran pada tingkat 30-35 dB akan mulai memperlihatkan gangguan pendengarannya dengan menyalakan musik, tv, radio dan berbicara dengan suara yang keras.

2. Gangguan pendengaran dengan tingkat 46-68 dB
Penderita yang mengalami gangguan pendengaran pada tingkat ini akan mengalami kesulitan ketika sedang melakukan percakapan. Untuk bisa terjadi komunikasi yang lancar, maka lawan bicara diharapkan untuk berbicara dengan nada yang keras. Jika lawan bicara dengan nada pelan, maka penderita tidak akan mendengar dan sering kali terjadi salah paham.

3. Gangguan pendengaran dengan tingkat 61-70 dB
Gangguan pendengaran dengan tingkat 61-70 dB suara yang dibicarakan oleh lawan bicara bisa saja tidak terdengar sama sekali. Hal ini mengharuskan lawan bicara untuk mendekatkan mulutnya ke telinga ketika sedang berbicara. Untuk mengatasi gangguan pendengaran ini, maka penderita diharapkan untuk menggunakan alat bantu dengar.

4. Gangguan pendengaran dengan tingkat pendengaran 71-90 dB
Pada penderita gangguan pendengaran dengan tingkat 71-90 dB ini, tidak bisa mendengarkan suara apa pun, meskipun lawan bicaranya berbicara dengan keras. Bahkan suara kendaraan yang ada di dekat penderita pun tidak bisa didengarnya. Pada fase ini, penderita disebut sebagai tuli dan fase inilah yang tidak akan bisa disembuhkan.

Alat bantu dengar yang bagus merupakan alat yang dapat meneruskan gelombang suara ke telinga dan ke otak. Penting untuk diperhatikan, bahwa Anda juga harus menyesuaikannya sesuai pada tingkat gangguan pada telinga yang sedang dialami oleh pasien. Karena mengingat bahwa gangguan pendengaran masing-masing pasien berbeda. 

No comments