Ternyata Memang Garam Efektif Meredakan Nyeri Sakit Gigi


sakit gigi

Ampun.....sakit gigi rasanya bikin dunia jungkir balik. Baringan salah, duduk salah, diam salah, gerak saah, ngobrol salah. Pokoknya salah semua dan semuanya tidak ada yang enak. Teman-teman yang pernah sakit gigi paham sekali akan hal ini. Ini aku rasakan beberapa hari yang lalu dan akhirnya lumayan reda setelah kumur-kumur dengan air garam hangat.

Awalnya sempat bingung mau diobati dengan apa. Aku masih berstatus seorang ibu menyusui, aku benar-benar menghindari minum obat. Karena kabar yang beredar mengatakan bahwa ibu hamil dan menyusui baiknya menghindari konsumsi obat-obatan kimia. Walhasil aku akan minum obat jika sudah sangat terpaksa.

Kerja jadi ga konsen, pokoknya sibuk menikmati sakit gigi. Teman kerjaku Uni Yuli memberikan segelas air putih hangat dan bilang "Minumlah Ze, ini akan membuatmu lebih baik. Uni tahu rasanya sakit gigi. Oh iya, kumur-kumur dengan air garam." begitu katanya.

Aku pun menghabiskan satu gelas air putih hangat dari Uni Yuli, lalu aku kumur-kumur dengan air garam. Kebetulan di basecamp ada garam. Selang berapa menit dari kumur-kumur sakit gigi mulai mereda. Alhamdulillah. Meski tidak bisa dibilang sembuh sih. Tapi suer ini benar-benar membuat sakit gigi jadi mendingan, sudah bisa kasi senyum saat ada yang melempar senyum ke kita. Terimakasih uni.

Bagi teman-teman yang sakit gigi dan ingin coba kumur-kumur air garam caranya gampang.

  1. Masukkan 1 sdt garam ke dalam 1 gelas air hangat
  2. Aduk sampai garam laut
  3. Kumur-kumur, fokuskan ke gigi yang sakit
  4. Ulangi tiap 3 jam sekali
Lalu mengapa kumur dengan air garam bisa meredakan sakit gigi? Apa karena para kuman takut air asin?

Ternyata hal ini terjadi karena air garam bisa menyerap kelembapan di mulut. Nah, ini membuat bakteri penyebab sakit gigi bisa lebih mudah musnah. 

Hal yang perlu diingat saat kumur-kumur air garam untuk meredakan sakit gigi:
  1. Baiknya pastikan tidak ada lagi kotoran atau sisa makanan yang nyelip di gigi
  2. Hindari menelan air garam karena hal ini malah akan membuat kita dehidrasi
  3. Gunakan campuran air garam hanya untuk sekali kumur-kumur. Ini untuk mengantisipasi adanya kuman atau bakteri yang masuk ke larutan air garam saat kita berkumur
Semoga yang sakit gigi bisa segera sembuh sakit giginya dan semoga yang tidak sakit gigi tidak akan eprnah sakit gigi. Ini beneran sis, kalau sedang sakit gigi kita bakalan bisa bilang kalau sakit gigi lebih sakit dari sakit hati :D

Supaya tidka sakit gigi jangan lupa untuk merawat gigi. Rutin ke dokter gigi dan gosok gigi minimal 2 kali dalam sehari. Contohnya aku, kemarin aku sakit gigi karena beberapa malam ini ketiduran dan artinya tidak gosok gigi sebelum tidur. Ga lagi dah pokoknya, tobat.


2 comments

  1. Iya saya juga gitu pakai cara kumur2 air garam kalau pas obat sakit giginya habis

    ReplyDelete