Theme Layout

Boxed or Wide or Framed

Theme Translation

Display Featured Slider

yes

Featured Slider Styles

[Boxedwidth]

Display Trending Posts

yes

Display Instagram Footer

No

Dark or Light Style

Cara dan Manfaat Jogging Bagi Kesehatan Tubuh


Cara dan Manfaat Jogging Bagi Kesehatan Tubuh

Jogging adalah serangkaian aktivitas berupa lari kecil yang umumnya bertujuan untuk menjaga kesehatan tubuh.Jogging juga merupakan aktivitas fisik yang paling simpel dan paling praktis sebagai pilihan olahraga.

Tapi Kamu tahu gak sih dimana letak perbedaan antara jogging dan lari yang lebih jelas lagi?. Dr. George Sheehan seorang pakar di bidang jogging menyatakan bahwa jogging adalah aktivitas berlari dengan kecepatan sekitar 9,7 km/jam. Di luar kecepatan itu bisa dikategorikan sebagai lari. Nah, dari sini kita semakin jelas kan dimana perbedaannya.

Basic Prepare Sebelum Jogging

Sekarang kita akan membahas bagaimana cara jogging yang benar. Jogging juga membutuhkan beberapa peralatan yang perlu kamu siapkan. Persiapan itu sangat penting, demi kelancaran aktivitas jogging kita. Agar ketika melakukannya kita mendapatkan manfaat yang maksimal.

Pilihlah Sepatu Lari yang Tepat

Sepatu lari yang cocok dan nyaman untuk kaki perlu diperhatikan bagi kamu yang pemula. Gunakan sepatu yang mempunyai sol empuk dan lentur, terutama pada sepertiga bagian depan. Leher sepatu tidak menutupi mata kaki seperti sepatu basket.

Selain faktor kenyamanan, sepatu lari yang pas juga meminimalisir terjadinya cidera pada pergelangan kaki, lutut, tulang belakang dan pinggang.

Pilihlah Pakaian yang Nyaman

Pilihlah kaos yang longgar dan fleksibel sehingga memberikan gerakan yang nyaman. Pilih juga bentuk dan bahan yang mudah menyerap keringat sekaligus mudah mengering dengan baik, seperti spandex atau poliester. Agar tidak menimbulkan bintik merah atau masalah yang terjadi pada kulit.

Tentukan Jalur Jogging

Perhatikan keselamatan kamu. Berhati-hati ketika hendak jogging. Pilihlah lokasi yang aman dengan banyak orang di sekitar dan sedikit kendaraan di jalanan. Di sekitar gedung olahraga atau taman umum juga merupakan pilihan yang baik.

Cara Jogging yang Benar

Setelah semua persiapan sudah siap. Cara jogging yang benar sangat dianjurkan agar kamu terhindar dari cidera. Inilah beberapa tips mengenai cara jogging yang benar.

Pemanasan

Pemanasan secara perlahan-lahan dapat meningkatkan denyut jantung kamu. Itu merupakan sinyal baik bahwa tubuh kamu sudah bisa diajak bekerja. Pemanasan juga mengurangi stress di jantung ketika kamu hendak berolahraga. Sebelum mulai berlari, kamu bisa mencoba dengan jalan cepat beberapa menit.

Postur Tubuh ketika Jogging

Posisi kepala
Posisi kepala harus selalu ditegakkan sewaktu berlari. Tidak menunduk dan tidak mendongak. Posisi kepala yang terlalu menunduk akan menghambat masuknya udara melalui saluran pernafasan sehingga menyebabkan cepat lelah.

Posisi lengan
Posisi lengan yang benar adalah siku ditekuk 90 derajat dan diayunkan ke depan dan ke belakang mengikuti irama kaki dan ayunan sejajar dengan pinggang. Gerakan lengan ini berfungsi untuk menyeimbangkan tubuh agar tidak jatuh.

Posisi tangan
Posisi tangan menggenggam santai, ditekuk dan tidak dilepas. Mengepalkan telapak tangan terlalu kencang akan membuat otot-otot lengan kamu terasa tegang, sehingga mengganggu kenyamanan kamu saat jogging.

Posisi perut
Posisi perut yang benar adalah apabila kamu menarik otot perut kamu ke dalam, tahan posisi tersebut selama berlari. Dengan begitu perut kamu yang kelihatan membuncit perlahan-lahan akan mulai menjadi ramping.

Posisi kaki
Saat kaki menapak tanah, usahakan bagian depan kaki yang mendarat ke tanah terlebih dahulu, bukan di tegah kaki maupun tumit. Karena posisi kaki yang menyentuh tanah sangat mempengaruhi kinerja dan efisiensi, agar kamu tidak cepat lelah saat jogging.

Jangan Khawatir dengan Kecepatan

Jangan paksa diri kamu berlari terlalu kencang. Salah satu yang penting dalam olahraga ini adalah pernapasan. Apabila napas mulai terasa berat, kurangi kecepatan lari. Dua langkah tarik napas melalui hidung, dua langkah buang napas melalui mulut. Pengaturan pernapasan ini penting untuk mmencegah terjadinya nyeri di bagian perut.

Dengan begitu, pernapasan dan kinerja jantung kamu akan meningkat seiring dengan rutinnya kamu melakukan jogging.

Jogging dengan Cara Berlari-berjalan

Mungkin berlari terus akan terasa berat bagi kamu. Oleh karena itu, kamu dapat mengistirahatkan sejenak tubuh dan pernapasan dengan berjalan, sehingga kamu bisa mengumpulkan tenaga yang cukup untuk melanjutkan jogging lagi.

Hal ini dimaksudkan karena pada dasarnya cara jogging yang benar adalah kegiatan untuk membuat tubuh kamu lebih sehat dan bugar.

Mulailah Secara Perlahan

Jangan forsir tubuh kamu dengan jarak tempuh yang jauh sekaligus. Cobalah dengan jarak pendek terlebih dahulu. Setelah itu, kamu bisa menambah jarak tempuh seiring dengan bertambah kuatnya stamina dan pernapasan.

Lakukan Secara Teratur

Dengan melakukan cara jogging yang benar secara teratur, kamu bisa merasakan manfaatnya secara optimal. Lakukan jogging setidaknya 150 menit per minggu. Jogging 1,6 km setiap hari jauh lebih baik untuk kesehatan kamu disbanding berlari 5 km setiap 2 hari.



Manfaat Jogging Bagi Kesehatan Tubuh


Setelah dari penjelasan step-step cara mudah untuk memulai jogging, sekarang yuk kita lihat apa saja manfaat yang bisa kita dapatkan dari melakukan jogging ini untuk kesehatan.

Memperbaiki Kualitas Tidur

Dari studi yang dilakukan mengenai para penderita insomnia, mereka diminta untuk lari atau jogging secara rutin, hasilnya mampu mempercepat waktu tidur mereka. Dan tidurnya pun lebih nyenyak dibandingkan mereka yang tidak melakukan jogging.

Memperbaiki Kesehatan Jantung

Hasil studi menemukan bahwa jika kamu berlari setidaknya 16 km dalam seminggu, akan mengurangi resiko gangguan tekanan darah. Selain itu membuat kolesterol tidak terendap terlalu lama dalam pembuluh darah. Hal tersebut baik untuk kebugaran jantung kamu.

Membakar Kalori dalam Tubuh

Jogging adalah tujuan utama bagi kebanyakan orang, yaitu ingin membakar kalori dalam tubuhnya. Dengan jogging kamu bisa menurunkan berat badan, karena ketika melakukan jogging, kalori dalam tubuh di bakar hingga dua kali lipat di bandingkan hanya dengan berjalan kaki.

Memperkuat Tulang Kaki

Aktivitas jogging bisa membakar lemak dan meningkatkan metabolisme sel-sel otot dan kamu. Gerakan yang aktif pada kaki akan membuat sel-sel tulang lebih cepat. Hal itu baik untuk mengganti sel-sel tulang yang rusak dan menggantinya dengan sel-sel baru.

Sehingga tulang kita lebih padat dan kuat. Untuk kamu yang mempunyai mobilitas yang tinggi saat bekerja tentunya akan membutuhkan kaki yang kuat. Sebaiknya, kamu menyiapkan rutinitas jogging dalam daftar kegiantanmu sehari-hari.

Mengatasi Sesak Nafas

Di dalam penelitian yang ditujukan kepada penderita asma, mereka dilatih untuk rutin melakukan jogging selam tiga bulan, hasilnya mereka merasa asmanya menjadi jarang kambuh.

Selain itu penelitian menyebutkan bahwa dengan melakukan jogging akan membantu bernafas lebih lega.

Meningkatkan Konsentrasi

Sama halnya dengan meditasi, jogging juga bisa meningkatkan kemampuan otak, sehingga membuat pikiran kamu lebih mudah berkonsentrasi. Banyak atlet yang berkata demikian. Bagi kamu yang kesulitan untuk berkonsentrasi, jangan lupa masukkan jogging ke dalam daftar agenda harian.

Manfaat Jogging Bagi Keseimbangan Mental

Di dalam tubuh yang sehat terdapat jiwa yang kuat. Pepatah klasik itu seakan masih relevan hingga kini. Selain beberapa manfaat fisik yang kamu dapatkan, jogging juga memiliki manfaat bagi keseimbangan mental. Inilah beberapa manfaatnya :

Bersemangat Sepanjang Hari

Dengan rutin melakukan jogging membuat kita lebih sering bernafas, oksigen yang masuk ke dalam tubuh lebih banyak. Udara yang segar saat bernafas baik untuk kesehatan sel-sel tubuh. Hal itu akan meningkatkan ketenangan pikiran dan mental kita. Mood kita juga lebih baik, sehingga membuat kita menjadi lebih bersemangat dalam menjalani hari. Jadi, nggak ada lagi ketika bangun tidur badan kamu terasa lemas dan lesu. Apalagi kalau aktivitas nanti lagi padat-padatnya. Malas banget kan?

Berumur Lebih Panjang

Dari hasil penelitian hingga dilakukan sebanyak 22 kali menemukan berlari 2,5 jam seminggu bisa mengurangi resiko meninggal dunia di usia muda. Penelitian lain menyebutkan, resiko meninggal dunia di usia muda bisa dikurangi 50% kemungkinanya denga jogging. Walaupun masalah umur memang rahasia tuhan, namun usaha juga mempengaruhi nasib kita guys.

Terhindar dari Stres

Jogging bisa memberikan rasa nyaman dan tenang dalam pikiran kita, apalagi kalau dilakukan secara bersama-sama, sehingga kita bisa bersenda gurau bersama partner kita. Namun, bagi kamu yang sendiri, bisa di siasati dengan mendengarkan musik. Hal yang baik itu tentu membantu kita terhindar dari stres.
QuickEdit

You Might Also Like

No comments

Post a Comment

[name=Zefy Arlinda] [img=http://res.cloudinary.com/momsodell/image/upload/v1521166151/Zefy.jpg] [description=Hai Saya Zefy, Hobi Makan-makan | Memasak | Jalan-Jalan.] (facebook=https://www.facebook.com/arlindazefy) (twitter=https://twitter.com/zarlinda) (instagram=https://www.instagram.com/zefyarlinda/)