Oleh-oleh saat berkunjung ke rumah metua

bunga lili

Waktunya silaturahmi dengan mertua, eh tapi aku bawa apaan ya untuk oleh-oleh?

Mungkin ini jadi pertanyaan banyak orang. Oleh-oleh kadang menuntut kita untuk kreatif, supaya yang dikasi oleh-oleh tidak bosan dan senang menerima pemberian kita. Apalagi kan memang di dalam islam membawa oleh-oleh untuk keluarga itu sunnah lho.

Rasulullah Muhammad Shallalahu 'alaihuwasalam bersabda:
"Perbuatan yang paling dicintai Alllah SWT adalah membuat gembira terhadap seorang muslim, atau menjauhkan kesusahan darinya, atau membayarkan hutangnya, atau menghilangkan laparnya. Sungguh aku berjalan bersama saudaraku yang muslim untuk sebuah keperluan lebih aku cintai daripada beritikaf di masjid ini (Masjid Nabawi) selama sebulan."
(HR. Tabrani  - Al Mu'jam Al Kabir no 13646

Oleh-oleh itu membawa kebahagiaan, maka dari itu dia menyenangkan. Kemudian dalil oleh-oleh ini ada di Ihya Ulumuddin Juz 30 hal 257 yang bunyinya:
"Dianjurkan untuk membawa oleh-oleh baik berupa makanan ataupun yang lainnya untuk keluarga dna kerabatnya disesuaikan dengan kemampuannya. Dan hal yang seperti itu hukumnya sunnah. Hal ini karena keluarga atau kerabat yang di rumah akan melihat pada apa yang dibawa dari bepergian. Hati mereka akan merasa senang akan kedatangannya dan akan menjadi bertambah bahagia manakala disertai dengan oleh-oleh yang diabwanya."

Jadi ini artinya kalau bisa kita membawa oleh-oleh saat pulang dari bepergian atau berkunjung ke rumah keluarga, aplagi yang dikunjungi adalah orang tua dan mertua.

Apa saja oleh-oleh yang bisa dibawa saat berkunjung ke rumah mertua?
1. Kue kesukaan
Cari tahu kue kesukaan mertua kita dari pasangan. Beliau pasti sangat senang saat menantunya datang membawa kue kesukaannya.

2. Bunga
Bunga bukan hanya bisa diberikan ke pasangan lho. Bunga juga bisa menjadi oleh-oleh alias buah tangan untuk orang tua dan mertua kita. Hanya saja perhatikan bunga yang akan kita berikan. Pilih bunga yang tahan lama dan bernuansa lembut, contohnya bunga lili berwarna pink. Bunga ini cocok sekali untuk dijadikan oleh-oleh ke rumah mertua. Warnanya yang menyejukkan membuat suasana hati bahagia. Selain itu bunga ini bisa menjadi hiasan di atas meja. Siapkan vas bunga, isi dengan air dan letakkan bunga lili di dalamnya kemudian letakkan di atas meja.

3. Buah segar
Buah segar adalah salah satu sumber kesehatan dan kebahagian kita. Coba bayangkan kita sedang menatap setumpuk buah-buahan segar, bagaimana perasaan kita? Yup, kita merasa bahagia. Kita bisa membawa buah-buahan segar untuk membawa kebagaian ke rumah mertua kita.

4. Makanan hasil kreasi
Pandai memasak? Kalau pandai dan hobi memasak maka makanan hasil kreasi dapur sendiri akna menjadi oleh-oleh yang spesial untuk mertua.

5. Hiasan rumah
Hiasan rumah seperti gambar di dinding dan lainnya bisa menjadi oleh-oleh yang berkesan untuk mertua.

6. Satu album foto keluarga
Coba deh cuci cetak foto-foto kebrsamaan keluarga kita dan mertua dan susun dalam album foto dengan apik. berikan album itu saat berkunjung ke rumah mertua, mereka akan sangat bahagia.

Selamat berkreasi.

2 comments

  1. Waaah idenya menarik. Kalau Aku selama ini hanya kue2 Dan sembako. Trus paling mukena klo moment lebaran

    ReplyDelete
  2. aku ama mertua itu rumahnya bisa dibilang kpleset nyampe, saking deketnya hihihihi... jd ke rumah mama slalu tiap hr, apalagi krn motor dan monil suami parkirnya di garasi mama yg lbh gede :D. makanya oleh2 kalo ksana sih ga tiap kali dtg huehehehe... lah wong tiap hr kesananya, apalagi punya kunci rumahnya juga.

    tapiiii krn mama mertua sama2 suka kuliner kayak aku, aku pasti tuh kalo ada makanan baru, kirim ke mama juga, biar nyobain :). lbh sering makanan sih memang. kalo benda2 lain toh mama ga suka, apalagi bunga. dia prnh bilang, ga bisa dimakan, ga usah bawain begituan wkwkwkw..

    ReplyDelete