Mengobati jerawat dengan buah belimbing


obat jerawat

Buah belimbing
Konon ceritanya belimbing berasal dari India atau sailan (Srilanka). Selain di Indonesia, budidaya belimbing juga dilakukan di Negara-negara kawasan Asian Tenggara lainnya, seperti Malaysia, Thailand, dan Filipina. Bahkan, Amerika dan Australia yang beriklim subtropis pun sudah dirambah belimbing.

Bentuk buahnya yang unik dengan rasa manis dan bisa diolah menjadi beragam sajian, belimbing dapat dibedakan menjadi 2 macam. Yang rasanya manis dengan bentuk bintang dikenal sebagai belimbing manis (Averrhoa Carambola) sedangkan jenis kedua adalah belimbing sayur atau belimbing uluh (Averrhoa bilim) yang rasanya asam. Belimbing ini biasa kita temukan dalam campuran masakan, contohnya soto.

Buah belimbing mempunyai kandungan gizi cukup tinggi yang bermanfaat bagi tubuh. Sebagai informasi, dalam 100 gram buah belimbing yang matang mengandung : Energi : 35 kal, protein: 50 gram, lemak: 70 gram, karbohidrat: 7,70 gram, kalsium : 8 mg, serat: 0,90 gram, vitamin A: 18 RE, vitamin C: 33 mg, niacin: 0,40 gram.

Selain bermanfaat sebagai sumber gizi untuk tubuh buah belimbing juga memiliki khasiat lain. Diantaranya adalah untuk obat jerawat. Yup, ternyata belimbing bisa jadi alternative bagus untuk mereka yang inign mengobati jerawat dengan cara yang alami.

Bagaimana cara mengobati jerawat dengan belimbing?
Ambil buah belimbing secukupnya, cuci kemudian ditumbuk halus, lalu diremas dengan air garam seperlunya. Gunakan untuk menggosok wajah yang berjerawat. Lakukan 3 kali sehari.

Catatan
Meskipun belimbing adalah obat tradisional tetapi tidka semua orang cocok dengan belimbing sebagai orabt jerawat. Ada yang kulitnya jadi gatal-gatal jika ditempeli hasil tumbukan belimbing. Kalau hal ini terjadi hentikan pengobatan dengan buah belimbing.


No comments