Hati-hati menggunakan bawang putih untuk mengobati jerawat

bawang putih untuk jerawat

Disaat jerawat berkunjung ke tubuh rasanya ingin segera membuangnya jauh-jauh dan berdoa supaya si jerawat tidak pernah kembali lagi. Apalagi kalau jerawat berkunjung ke wilayah wajah dan leher, area yang sering terlihat oleh publik. Bisanya kita akan melakukan segala hal untuk membuatnya cepat pergi.

Salah satu obat yang sering disarankan adalah bawang putih. Tapi apa iya bawang putih bisa mengobati jerawat?

Baiklah, kita bahas bersama.

Bawang Putih

Klasifikasi Bawang Putih
Kingdom : Plantae
Divisi: Mangnoliophyta
Kelas: Liliopsida
ordo: Asparagales
Famili: Alliaciae
Subfamili: Allioideae
Bangsa: Allieae
Genus: Allium
Spesies: A. Sativum

Ga apalah ya kita bahas sedikit ilmiah, sekalian belajar begitu.

Oh iya, bawang putih adalah bumbu masak yang biasa kita temukan di dapur. Bumbu ini biasanya ada di hampir seluruh masakan Indonesia. Boleh tanya ke emak masakan mana yang ga pake bawang putih. Bwang putih memiliki bau khas yang menyengat. Mangkanya penggunaan bawang putih tidak boleh berlebihan karena bisa membuat badan kita beraroma tidak sedap.

Bawang putih itu bersifat panas dan bisa membuat kulit merah dan gosong.

Berhati-hatilah saat mengobati jerawat dengan bawang putih, apalagi yang diobati adalah area wajah dan leher. Seorang temanku wajahnya merah dan mengarah ke gosong karena mengobati jerawat di wajahnya dengan bawang putih. Dia menghaluskan bawang putih dan menempelkannya di wajah. Hal ini dilakukannya setiap hari selama hampir dua minggu. Bukannya wajah mulus yang didapat malah wajah gosong memerah. Maaf tidak bisa sebut namanya ya, tapi ini benar adanya.

Mungkin bagi sebagian orang pengobatan dengan bawang putih tidak akan bermasalah, tetapi pengobatan dengan bwang putih bagi orang yang kuitnya tipis atau sensitif akan lumayan beresiko.  Atau sepertinya lebih baik menempelkan irisan bawnag putih akan lebih baik daripada memarutnya. Karena hasil parutan memang akan mengeluarkan lebih banyak zat aktif di dalma bawang putih daripada menggunakan irisannya.

Sebagai saran, baiknya konsultasikan dengna yang paham sebelum menggunakan bawang putih untuk obat jerawat ya. Pastikan kulit wajahmu tidak tipis dan sensitif sebelum menggunakan bawang putih. Lebih baik mencegah kan ya. Karena kulit hasil gosong karena bawang putih membutuhkan awktu untuk pulih.

Ada yang punya pengalaman mengobati jerawat dengan bawang putih?

No comments