Dapat Peringatan dari Facebook Gara-gara Upload Foto?


Nulis kali ini curhat dulu kita, eh maksudnya aku hehhee.... Aku mau curhat tentang postinganku yang akhirnya tidak bisa dilihat orang lagi kecuali aku si empunya akun. Apa pasal sampai postinganku ditutup oleh facebook?

Ah tak jelas mengapa sosial media ini katakanlah membanned postinganku. Tadi sore selepas menyelesaikan tugas membuat profil BPM kelurahan Pagar Dewa dan Bumi Ayu aku membuka akun facebook pribadiku. Jujur penasaran dengan komentar teman-teman tentang postingan aku kemarin. Aku posting banyak foto dokumentasi kegiatan launching kegiatan KOTAKU dan SANIMAS ISDB di Kelurahan Pematang Gubernur.

Dan apa yang aku temukan?

Aku malah menemukan postinganku mendapatkan surat cinta dari mimin Facebook. Tulisannya "This post goes against our community standrds, so no one else can see it." Kalau dalam bahasa Indonesia kira-kira artinya "Postingan ini bertentangan dengan standar komunitas kami, jadi tidak ada orang lain yang bisa melihatnya."

Aku langsung teriak di depan layar HP "What???"

Ya wajar aku teriak, apa salahnya coba postingan itu.

Foto-foto yang aku posting tidak lebih hanya foto seru-seruan dengan teman-teman kantor di lokasi launching program. Saking banyaknya foto selfie aku dan teman-teman, foto Pak Walikota Bengkulu yang meresmikan acara malah ada di urutan terakhir. Bukan meremehkan lho Pak, tapi karena kesenangan bisa upload banyak foto seru dengan teman-teman aku malah klik foto kami duluan, hmm.....ga sabaran itu lho. Maafkanlah.

Aku langsung menuju link yang FB berikan mengenai standar komunitas mereka.

Baiklah, setelah membaca panjang tentang standar komunitas mereka pointnya mereka ingin foto yang ada tidak mengganggu siapapun, tidak melanggar HKI, bukan konten yang menyinggung, tidak bertentangan dengan integritas dan keaslian, tidak mengandung kekerasan dan kriminal, kemudian soal keamanan. Aku bukan bagian dari itu semua dan eit...........ada menu pelaporan di bagian bawah.

Jadi bisa saja ada yang melaporkan ketinyaknyamanannya dengan postingan ini.

Jika ada yang merasa kurang nyaman maka mohon maaf ya teman-teman, tidak ada maksud untuk membuat tidak nyaman. Lagian kan fotonya foto selfie semua. Kecuali foto Pak Walikota yang membuka acara. Ini murni untuk seru-seruan saja. Untuk masalah tag foto aku ga ada tag foto satupun teman di FB ya. Tag fotonya otomatis saat upload dan aku memang belum sempat cek karena setelah posting internet HP milikku gangguan sampai malam hari. 

Oh iya, satu lagi saran untuk robotnya FB. It's time to learn and fix it together. Please, tolong bedakan mana postingan yang mengganggu dan tidak mengganggu ya. Tuh video kekerasan, HOAKS dan ga bener meraja lela dibiarin kok. Ga perlu SS akun yang bersangkutan tapi, aku yakin robot kalian sudah pada pinter dan serba tahu akan hal ini, toh programmernya kece-kece. 

Nah kan jadi curcol malam-malam, gapapa siapa tahu nanti ada yang mau baca :)

Pelajaran hari ini:
  1. Kalau mau upload foto rame-rame lihat-lihat dulu orang-orangnya, cek betul mereka orang yang suka diupload fotonya atau tidak.
  2. Kalau sudah memastikan orang yang ada di foto mau diupload fotonya pastikan juga mereka mau ditag atau tidak, daripada nanti dilaporkan bahaya juga kan.
  3. Setelah upload pastikan orang yang ditag ada di foto, karena bisa jadi orang yang ditag otomatis oleh FB malah tidak ada di foto. Aku belum paham algoritma apa yang programmer FB pakai, meski aku akui algoritmanya bagus tetap saja sering terjadi kesalahan. Contohnya aku pernah beberapa kali ditag FB di sebuah postingan secara otomatis karena dianggap mirip dengan yang ada di foto.
  4. Kalau kita ditag secara sengaja ataupun tidak sengaja dan kita tidak suka please japri yang upload dan hindari melapor ke pihak FB kecuali terpaksa ya.  
  5. Untuk FB please deh bedain mana akun abal-abal mana aku asli, sesama dunia persilatan juga tahu kalau beberapa orang malah punya puluhan bahkan ratusan akun FB palsu hanya untuk menyebar HOAKS atau cari uang. 
Hah......postingan selesai, puas sudah curhat, mumpung anak dan suami dah pada tidur. Semoga dunia persilatan tetap aman dan damai.



3 comments

  1. Wahh. .Bleh jd pelajaran ni mbak buat aku hehe.. Tapi skrang aku jga udah jarang bgt upload foto .Paling 1 atau 2 aja

    ReplyDelete
    Replies
    1. itulah Neng, mbak ga tahu kenapa bisa gitu ckckckck

      Delete
  2. Omaigat...ada juga gini-ginian yah di fb..wah makasih curhatannya mbk,jadi pelajaran banget nih buat kita, eh sayah maksudnya

    ReplyDelete