Beragam Manfaat Kopi Untuk Kesehatan

Beragam Manfaat Kopi Untuk Kesehatan


Indonesia merupakan salah satu negara penghasil kopi terbesar di dunia, dan memiliki berbagai macam jenis kopi dengan cita rasa dan aroma yang berbeda-beda. Meskipun Indonesia negara penghasil kopi terbesar, namun masyarakatnya bukan peminum kopi terbanyak. Padahal banyak sekali manfaat yang bisa didapat bila mengonsumsi kopi secara rutin dan teratur.

Yuk lihat apa aja sih manfaat yang bisa kamu dapatkan dari kopi?. Berikut manfaat yang bisa kalian dapatkan bila mengonsumsi kopi dengan takaran yang pas.

Melindungi Hati

Mengonsumsi kopi sebanyak empat cangkir sehari bisa terhindar dari penyakit sirosis hati. Jadi asumsi tentang kopi yang memiliki efek buruk bagi kesehatan itu tidaklah benar. Jika kita mengonsumsi kopi dengan takaran yang tepat, maka kopi memiliki manfaat baik bagi kesehatan tubuh.

Meningkatkan Metabolisme Dalam Tubuh

Semua jenis makanan dan minuman yang dikonsumsi dalam takaran yang pas, tentunya akan berdampak positif bagi tubuh bukan? Salah satunya kopi, jika kopi dikonsumsi secra teratur dan takarannya pas, maka kopi bisa meningkatkan metabolisme dalam tubuh lo. Jika metabolisme dalam tubuh lancar maka lemak-lemak jahat yang ada di dalam tubuh akan hilang dengan sendirinya. 

Meningkatkan Daya Ingat

Tidak bisa dimungkiri, bila usia seseorang bertambah maka daya ingatnya akan berkurang. Hal itu bisa diatasi dengan mengonsumsi kopi lho. Jadi kalau sudah mulai sering lupa, maka kopi merupakan salah satu cara yang paling baik dan aman untuk meningkatkan kembali daya ingat kalian.

Meredakan Sakit Kepala

Saat kamu sedang mengalami hal tersebut, salah satu cara yang paling aman untuk meredakan rasa sakit itu adalah dengan mengonsumsi kopi hitam secukupnya. Jadi kalian tidak usah repot-repot membeli obat pereda sakit kepala, cukup membuat secangkir kopi hitam hangat di rumah.

Mencegah Kanker Kulit

Pernah ada sebuah penelitian menjelaskan bahwa, sebagian besar seseorang yang mengonsumsi kopi setiap harinya, memiliki resiko lebih rendah terkena kanker kulit dibandingkan orang yang jarang meminum kopi. Alasannya adalah kandungan kafein yang ada dalam kopi ternyata bisa menekan sel-sel jahat dalam tubuh yang bisa memicu terjadinya kanker kulit saat terpapar sinar matahari.

Menurunkan Berat Badan

Jangan sedih bila memiliki bentuk tubuh yang sedikit tambun, karena ada berbagai macam cara untuk menurunkan berat badan. Salah satunya dengan meminum kopi secara rutin dan dengan takaran yang pas. Pernah ada sebuah penelitian yang mengatakan bahwa biji kopi mengandung senyawa yang bernama klorogenat, dan kafein yang bisa menurunkan berat badan seseorang. Jadi selain mengatur pola makan, program dietmu akan lebih berjalan dengan lancar bila mengonsumsi kopi.

Dapat Mencegah Diabetes

Umumya penyakit tersebut dapat terjadi karena pola makan dan pola hidup yang tidak sehat. Penyakit diabetes dapat terjadi karena hormon insulin yang terdapat di dalam tubuh itu berkurang. Sehingga tidak bisa mengikat dan mengatur kadar gula di dalam darah, dengan mengonsumsi kopi secara teratur dan takaran yang pas, ternyata bisa ampuh mencegah terjadinya diabetes. Tetapi juga harus diimbangi dengan olah raga yang teratur serta menjaga pola makan.

Mengurangi Tingkat Stres Dan Depresi

Apabila seseorang sedang merasa depresi karena pekerjaan yang menumpuk atau sedang dikejar deadline tugas, kopi merupakan salah satu minuman yang pas untuk mengobati dan mengurangi perasaan tersebut. Buatlah secangkir kopi hangat sesuai selera kalian, setelah itu pasti akan merasakan perasaan rileks, bahagia dan lebih semangat untuk melanjutkan aktivitas kalian kembali.

Menambah Antioksidan Dalam Tubuh

Zat antioksidan tidak hanya terdapat di dalam buah atau sayuran segar saja lho, di dalam kopi juga ada. Di dalam tubuh antioksidan juga merupakan salah satu zat yang paling penting bagi tubuh. Pasalnya, antioksidan sangat bermanfaaat untuk menangkal racun-racun yang ada di dalam tubuh, akibat pola hidup yang tidak sehat, kurang berolah raga dan terpapar polusi saat di jalan.

Memperkuat Tulang

Sebagian orang berasumsi bahwa kalsium bisa didapat bila mengonsumsi susu secara teratur. Hal memang benar adanya, namun ada hal yang perlu kalian ketahui, jika kalsium juga bisa didapat dengan meminum kopi secara teratur. Bila tubuh mendapatkan kalsium yang cukup, maka semua tulang yang ada di dalam tubuh akan lebih kuat dan terhindar dari pengeroposan tulang.

Mengatasi Wajah Berminyak

Bagi sebagian besar wanita, menganggap kulit berminyak itu tidak indah, mebuat wajah terlihat kotor dan tidak fresh. Jika ingin mengatasi hal tersebut, tidak ada salahnya mencoba membuat masker sendiri menggunakan kopi. Kopi bisa dilarutkan dengan air mawar, kemudian oleskan di seluruh wajah dan tunggu hingga beberapa menit. Kemudian bilas dengan air biasa, lakukan hal itu secara teratur untuk hasil yang lebih maksimal.

Mengatasi Wajah Kusam

Ada beberapa cara yang bisa kalian lakukan untuk mendapatkan wajah cerah berseri, salah satunya membuat masker menggunakan kopi. Kandungan antioksidan yang tinggi pada kopi diyakini sangat ampuh membuat kulit wajah terlihat lebih cerah alami.

Mengatasi Dan Menyamarkan Bekas Jerawat

Bakteri atau minyak berlebih pada kulit wajah merupakan salah satu faktor utama penyebab munculnya jerawat pada wajah. Jerawat juga dianggap dapat mengganggu penampilan, bahkan menimbulkan rasa sakit. Bila dibiarkan secara terus menerus, akan menimbulkan bekas yang sulit untuk dihilangkan. Jangan khawatir, sekarang kalian tidak perlu mengeluarkan dana banyak untuk melakukan perawatan wajah ke dokter, dengan kopi kalian bisa membuat masker kopi sendiri di rumah. Apabila digunakan secara teratur maka masker kopi bisa menyamarkan bekas jerawat pada wajah dan membuat kulit wajahmu kembali halus.

Meningkatkan Stamina

Kafein yang terkandung dalam kopi ternyata bisa membantu tubuh untuk menyimpan energi saat sedang berolahraga. Jadi sebelum berolahraga, sebaiknya mengonsumsi kopi terlebih dahulu. Jadi pada saat olahraga, kalian memiliki stamina dan performa yang stabil, sehingga tidak mudah lelah.

Terhindar Dari Stroke

Pernah ada penelitian yang menyatakan jika seseorang mengonsumsi kopi secara rutin setiap harinya, 20% lebih rendah terserang penyakit stroke. Meskipun banyak yang berasumsi bahwa kopi bisa meningkatkan tekanan darah, sebenarnya efeknya terbilang sangat rendah. Itu hanya akan berefek pada seseorang yang memiliki tekanan darah tinggi.

Meningkatkan Produktivitas

Sudah bukan lagi rahasia umum bila kopi mengandung kafein yang tinggi. Wajar bila kopi sering dikonsumsi oleh mereka para pekerja keras, untuk meningkatkan produktivitas kerja mereka. Pasalnya kafein bisa mengirim efek stimulan pada saraf pusat yang ada di dalam tubuh, sehingga lebih produktif.

Mengecilkan Pori - Pori Wajah

Selain dapat dikonsumsi, kopi juga bisa digunakan sebagai masker untuk merawat wajah agar tetap halus dan cerah. Kulit pada wajah merupakan salah satu kulit yang paling sensitif dibandingkan kulit lainnya. Bila tidak dirawat dengan sungguh-sungguh maka akan mengakibatkan kulit kasar dan timbul jerawat. Nah kopi diyakini memiliki zat yang dapat membuat pori-pori wajah wajah mengecil dan terasa halus.

2 comments

  1. aku suka aroma kopi.. kue aroma kopi suka. Permen rasa kopi suka. Parfum aroma kopi suka juga. Btw, kalau minuman sukanya yang kadar kopinya sedikit aja.

    ReplyDelete