Beragam Manfaat Jahe Merah Untuk Kesehatan

Beragam Manfaat Jahe Merah Untuk Kesehatan

Jahe memiliki nama latin Zingiber Officinale. Secara umum, ada tiga jenis jahe yang banyak digunakan di Indonesia, yaitu jahe putih atau jahe emprit, jahe gajah atau jahe putih besar, dan jahe merah.

Jahe putih dan jahe gajah memiliki kandungan zat dan cita rasa pedas yang hampir mirip, yang membedakan adalah ukurannya, dimana jahe gajah memiliki ukuran yang lebih besar. Keduanya umum digunakan sebagai bumbu atau rempah masakan dan minuman. Sedangkan jahe merah merupakan jenis jahe yang lebih lazim digunakan sebagai bahan baku obat-obatan.

Salah satu keunggulan yang ada pada jahe merah dibanding jenis jahe lainnnya adalah:

  1. Memiliki rasa pedas, yang dihasilkan dari zat keton zingeron, yang lebih banyak dari jahe putih atau jahe gajah.
  2. Memiliki kandungan serat yang lebih kecil, mirip jahe putih, ketimbang jahe gajah.
  3. Mengandung minyak atsiri dengan kandungan paling besar, yaitu hampir 4% dari total berat kering.
  4. Dengan keunggulan tersebut jahe merah lebih banyak memiliki kandungan zat dan fitonutrien ketimbang dua jenis jahe lainnya. Tak heran manfaat jahe merah banyak diolah menjadi bahan baku minyak jahe dan obat.


Manfaat Jahe Merah

Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, kandungan zat gizi, fitonutrien dan minyak atsiri yang ada pada jahe merah lebih unggul ketimbang dua jenis jahe lainnya. Secara otomatis, tentu hal tersebut membuat fungsi dasar yang sudah ada pada jahe, yaitu kandungan antioksidan, antiemetik, hingga antibakteri dan peradangan, lebih maksimal kadarnya pada jahe merah.

Berdasarkan sebuah studi, berikut manfaat jahe merah yang bisa didapatkan tubuh, antara lain:

  1. Mengurangi gejala demam dan flu.
  2. Memiliki efek laksatif atau pencahar yang baik untuk pencernaan.
  3. Mencegah penyakit degeneratif pada saraf dan otak.
  4. Mengatasi pusing yang disertai mual.
  5. Memiliki sifat antiemetik yang kuat, yaitu efektif mengurangi rasa mual, muntah dan mengatasi mabuk perjalanan.
  6. Mulai diteliti manfaat jahe merah untuk mendukung optimalisasi fungsi paru-paru.
  7. Mencegah hipertensi dan penyakit kardiovaskular.
  8. Mengurangi gejala rematik dan sakit pinggang.
  9. Mengurangi radang pada tenggorokan dan bisa menjadi pelega tenggorokan.


Mengonsumsi Jahe Merah Muda Secara Langsung
Mengonsumsi jahe merah segar yang dihaluskan untuk bumbu masakan maupun bahan utama minuman rempah alami. Memilih jahe merah kering atau bubuk yang telah untuk diseduh atau dibuat campuran minuman.

Mengkonsumsi Minyak Jahe Merah
Dengan takaran dan cara penggunaan yang tepat, kamu bisa menikmati jahe merah dengan variasi berbeda lho, tapi ingat hindari menambahkan banyak gula atau pemanis buatan pada minuman jahe karena bisa mengganggu penyerapan zat antioksidan yang ada pada jahe.

Konsumsi secukupnya, batasi konsumsi jahe paling banyak 1-2 ruas ibu jari atau ½ -1 sendok makanan bubuk jahe merah dalam satu hari.

17 comments

  1. Whoaaa, ternyata jahe merah berfaedah banget utk kesehatan ya
    Daku mau cobaaaa
    --bukanbocahbiasa(dot)com--

    ReplyDelete
  2. Kalau yang segar, lumayan susah cari di pasar,ujung-ujungnya beli yang sachet atau siap saji di yang jualan jamu :(

    ReplyDelete
    Replies
    1. Banyak banget manfaat jahe merah yak. Aku pernah coba menurut aku pedes banget dan sedikit pahit. Jadi aku balik lagi ke jahe putih. Buat aku rasanya lebih pas aja

      Delete
  3. Jahe ini jadi senjata ampuh kalau aku lagi kurang enak badan, pilek, mual, & kedinginan. Jenis2 makanan yg mengandung jahe juga enak & punya efek menghangatkan.

    ReplyDelete
  4. Nah, ini lagi hits dan naik harganya, belinya udah mahal loh di pasar sebab saya sering bikin wedang jahe, apa berkebun aja yaaah

    ReplyDelete
  5. Pantesan nyokap selalu bikinin aku minuman rebusan jahe ini setiap mudik. Ternyata banyak banget khasiatnya ya.

    ReplyDelete
  6. Jahe merah ini emang enak banget di badan. Kalau pas ada, ku juga suka mengonsumsinya

    ReplyDelete
  7. Suka banget minum wedang jahe...Apalagi kalo cuaca lagi adem.. khasiatnya banyak juga ya.

    ReplyDelete
  8. Aku baru tau jahe merah, yang aku tau ya jahe yang kulitnya kuning kecoklatan gtu, ternyata jahe banyak variannya ya. AKu suka juga minum jahe mbak, utamanya kalau pas gak enak badan

    ReplyDelete
  9. Banyak banget ya manfaat jahe merah untuk kesehatan ya, aku cuma buat untuk wedang jahe aja nih

    ReplyDelete
  10. Huwooo jahe merah kaya manfaat banget ua ternyata. Aku belum pernah menjjumpai jahe merah mbaaa. Mauu juga ih jadinya

    ReplyDelete
  11. unik juga ya tanaman Jahe Merah ini.. banyak manfaatnya juga untuk kesehatan.. paling enaknya sih untuk menghangatkan badan.. sehabis minum air jahe campur kental manis, biasanya langsung berasa segeran..

    ReplyDelete
  12. Aku favorit banget sama jahe merah, hangat di badan. klo masuk angin kuseduh pake gula merah, klo lagi flu, begadang kugeprek masukin ke susu putih

    ReplyDelete
  13. Mungkin ada baiknya dirumah tanam langsung jahe merahnya kali ya, jadi lebih fresh dan ketika perlu, lansung ada dan bisa diolah sesuai dengan kebutuhan.

    ReplyDelete
  14. Oh...ga bole pakai gula kah?
    Waah...aku jadi pengin nyeduh jahe di sore hari.
    Pasti hangat dan bermanfaat buat badan.

    ReplyDelete
  15. Jahe memang kaya akan manfaat ya mbk. Aku suka minum jahe campur susu gitu hehe. diminum anget-anget, uuuu mantul deh hehe

    ReplyDelete
  16. jahe merah aku pernah nyari susah banget ,, asli, pas di semarang. waktu itu aku terapi untuk tumor. disuruh cari jahe merah dan kencur

    ReplyDelete