Tips Memilih Rumah Baru

rumah
Rumahku surgaku adalah gabungan dua kata yang sering sekali kita dengar kan? Mengapa demikian? Karena memang rumah adalah tempat kita bernaung dan menghabiskan waktu. Sudah layaknya jika rumah yang kita tempati adalah sebuah rumah yang nyaman dan damai. Ya...bisa diibaratkan surga di dunia. Saat memilih rumah yang akan menjadi surga kita dan keluarga ada beberapa hal yang harus kita perhatikan. Berikut tips memilih rumah.

1. Lokasi yang pas
Sedapat mungkin pilihlah rumah yang dekat dengan tempat kerja, tempat perbelanjaan, tempat ibadah dan tempat sekolah. Hal ini dikarenakan memang sudah sebaiknya rumah yang akan menjadi surga kita di dunia ini berada di lokasi yang strategis untuk kita. Kecuali memang rumah yang akan dibeli merupakan rumah khusus untuk menghabiskan masa liburan saja. Jika memang peruntukannya untuk tempat liburan saja rasanya pertimbangan memilih rumah yang dekat dengan rumah dan sekolah bisa dicoret.

2. Lingkungan aman
Ini sangat penting, rumah yang secantik dan senyaman apapun kalau lingkungannya tidak aman maka tidak direkomendasikan. Sewaktu survey rumah perhatikan orang-orang yang tinggal di sekelilingnya. Cari tahu tentang kondisi keamanan dan masyarakat di lokasi calon rumah. Karena tidak bisa dipungkiri memang ada beberapa lokasi yang lingkungannya kurang aman dikarenakan rawan kemalingan. Rumah tidak bisa kita tinggalkan dengan perasaan damai kan gawat juga.

3. Masyarakat yang bersahabat
Rumah bukan hanya menyangkut isi dalam rumah saja. Rumah juga menyangkut para tetangga rumah. Sebuah keluarga harmonis di dalma rumah yang nyaman akan terganggu juga jika para tetangga atau masyarakat sekitar kurang baik. Bayangkan saja misal kita tinggal di sebuah tempat yang masyarakatnya suka melotot dan saling haku bantam. Maka pilihlah rumah yang masyarakatnya bersahabat, agar nanti saat kita mengulas senyum di depan mereka kita akan melihat senyum pula dari mereka.

4. Riwayat rumah
Kalau kita akan membeli rumah yang sudah pernah ditempati pastikan dulu apa penyebab rumah tersebut dijual. Usahakan untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan seperti rumah bersengketa atau horor. Karena orang tuaku dulu pernah terlanjur menempati rumah yang ternyata bersengketa dengan bank. Ini urusannya agak ribet dan makan hati. 

5. Kondisi rumah
Pastikan kondisi rumah dengan baik. Jika bisa pilih rumah yang masih bagus dan terawat. Tetapi jika tidak masalah harus beres-beres besar sebelum pindahan rasanya it's ok memilih rumah yang tak terawat.

6. Cek ketersediaan/kondisi air, listrik 
Air dan listrik sepertinya adalah hal yang wajib ada di sebuah rumah baru. Kita akan kesulitan jika rumah yang baru kita tempati nanti sedikit sulit air. Maka perhatikan ketersediaan air dan listrik sebelum membeli sebuah rumah. Pastikan kalau air dan listrik dalam kondisi baik. Untuk air,s elain dipastikan ketersediannya pastikan juga kualitasnya karena kita sangat bergantung dengan yang satu ini. Atau kalau memang sudha benar-benar cocok dengan si rumah tetapi airnya belum ok mungkin bisa dicari alternatifnya dari awal. 

7. Ruangan yang cukup
Lihat apakah rumah yang kita survey cocok dengan kebutuhan kita. Ruang tidur, tempat masak, ruang kelaurga termasuk WC jumlahnya pas. Kecuali kita siap untuk menambah ruangan sendiri sesuai dengan kebutuhan kita.

8. Budget
Saat mencari rumah tentunya jangan lupa dengan budget yang kita punya, sesuaikan kebutuhan dan budget kita.

No comments