Resep Sambal Belimbing Ceker Ayam

sambal belimbing

Aku bulan puasa kemarin bikin sambal belimbing ceker ayam lho guys. Tapi barus empat tulis di blog sekarang hehe...

Pada tahu kan kalau buah belimbing itu enak kalau dijadikan lauk? Aku dulu tahunya dari Kakek. Sewaktu itu aku masih SD, suatu hari beliau bilang kalau beliau akan memasak menu spesial untuk kami cucu-cucunya. Sewaktu lihat kakek di dapur aku lihat kakek potong-potong belimbing, ternyata kakek buat sambal belimbing dan itu enak guys...asli. Aku ampe terkenang terus dengan sambal belimbing itu.

Nah, pas bulan ramadhan  kemarin Pak Suami, Ichi dan Aku main ke lapangan bola di belakang rumah. Kami ke sana untuk ajak Ichi belajar jalan. E...sesampainya di sana aku lihat buah belimbing berjatuhan di lapangan. 

Iyup, di lapangan RT kami ada sebuah pohion belimbing besar yang buahnya manis dan lebat. Kalau dulus ewaktu anak-anak masih banyak yang kecil biasanya buah belimbing ini selalu ludes dimakan. tapi sekarang mereka sudah SMA dan kuliah, kayaknya belimbing bukan lagi makanan favorit mereka. Atau mungkin mereka sudah bosan makan belimbing sewaktu kecil ya.

Aku yang lihat buah belimbing bergelantungan di pohonnya jadi ingat kakek dan sambal belimbing buatannya. Sebelum pulang dari lapangan aku dan Pak Suami mengambil beberapa buah belimbing untuk disambal. Kali ini aku sambal belimbingnya dengan campuran ceker ayam. Wih asli rasanya enak. Aku bagi resepnya ya, siapa tahu ad ayang mau coba :)

Bahan
3 buah belimbing masak ukuran sedang
1/2 kg ceker ayam yang sudah dibersihkan
3 sdm margarine
2 sdm saos tiram
1/2 sdm garam
1/4 sdm gula pasir
3 siung bawang merah
3 siung bawang putih
7 buah cabai merah keriting
1 helai daun bawang
Penyedap secukupnya



Cara membuat
1. Rebus ceker ayam yang sudah dibersihkan selama lebih kurang 15 menit, sisihkan.
2. Potong-potong buah belimbing, sisihkan.
3. Haluskan bawang merah, bawang putih dan cabai.
4. Siapkan penggorengan, masukkan margarine
5. Tumis bumbu halus sampai harum.
6. Masukkan ceker ayam, saus tiram dan belimbing. Campurkan sampai rata.
7. Masukkan gula, garam dan penyedap. Campurkan sampai rata.
8. Koreksi rasa, kalau sudah pas matikan kompor.
9. Potong tipis daun bawang.
10. Sajikan ceker belimbing dalam wadah dan taburi dengan potongan daun bawang.

Baca juga: Resep Bakso Panggang

16 comments

  1. pasti enak nih.. aku juga suka rasa belimbing :D

    ReplyDelete
  2. Ini mah cita rasa cekernya jadi lebih enak, belimbing sendiri rasanya udah asam manis dicampur dengan bumbu pasti lebih sedep

    ReplyDelete
  3. Penasaran sama rasa asam dari buah Belimbing nya mba. Apakah sama dengan rasa asam kalau kita pakai jeruk nipis ya?. Hmm, saya mulai membayangkan makannya. Hehehe

    ReplyDelete
  4. Dengan menambahkan belimbing, justru rasa total masakan jadi lebih segar dan appetizing banget, saya jadi maklum kenapa beberapa orang meneteskan air jeruk nipis atau lemon ke cabe, ternyata konsepnya sama, untuk mendapatkan rasa asam gurih yang menaikkan cita rasa makanan ke level yang tinggi. Well done.

    ReplyDelete
  5. aku gak pernah tau sambal belimbing loooh...
    taunya belimbing buat kecut2/asem2 aja saat bikin sayur
    tapi kalau dibikin sambel, belum pernah coba
    pankapan coba deh

    ReplyDelete
  6. Sambal Belimbing. Hmmmm.. Sepertinya menarik juga, bagaimana kombinasi rasa asam dan pedas bersatu. Semoga menarik deh kelak, apalagi ditambah dengan ceker ayam. Bedeeeuuuhhh... Nikmat Tuhan mana yang kamu dustakan.

    ReplyDelete
  7. Menarik untuk dicoba ya, Sambal Belimbing. Biasanya hanya dimakan, kalau diolah bisa menambah citarasa masakan juga.

    ReplyDelete
  8. Mana yg lagi ngidam wajib makan ini,,
    Jadi pengen bikin, cara penyajiannya pun mudah dipahami..

    ReplyDelete
  9. Uwoooo..pas banget aku punya pohon belimbing yg buahnya itu lebat banget aku sampe bingung mau ku makan kaya gimana lagi. Selama ini cuma di rujak. Kayanya endulita banget resepnya ya

    ReplyDelete
  10. Lah mak!!! Kalo seperti ini sambalnya, sumpah gagal diet.
    Sementara bagi yang lajang, bila santapi ini sambal, saya yakin! Calon Mertua lewat depannya dia gak tahu. Bigitu lah efek makan sambal ini.

    ReplyDelete
  11. Saya dan anak-anak suka banget ceker, jadi ada resep baru masak ceker nih, makasih ya,resepnya saya catat nih

    ReplyDelete
  12. Wuoohh makasih resepnya, aku suka belimbing dan ceker, tapi baru tau itu bisa dijadikan maakan kyk di resep hehe :D
    Ini namanya resep warisan kakek ya mbak :D

    ReplyDelete
  13. Wah bumil auto ngiler. Saya sebenarnya suka dg rasa sambal. Sayang perut suka ga kuat. Kalau pakai belimbing wuluh bisa nggak ya?

    ReplyDelete
  14. Resep yang harus dicoba nih. Nama masakannya juga unik Sambal Belimbing Ceker Ayam gitu. Pasti rasanya pedas asam manis 😅

    ReplyDelete
  15. Bayangin rasa asam manisnya, auto lapar, apalgi aku suka bgt ceker.
    Belimbingnya ini belimbing yg biasa kan ya mbak, yg wrna kuning.

    ReplyDelete