Pilih Menulis di Blog atau Steemit?

blog steemit

Tahun lalu aku kenalan dengan platform menulis baru, Steemit. Sudah pernah kenal belum? Waktu itu aku baca status FB Kak Alaika Abdulah di akun pribadinya. Dia cerita tentang sebuah platform menulis asik yang baru. Aku ikuti status-statusnya, kalau lihat dari komentar-komentar yang masuk sepertinya banyak yang tertarik dengan steemit.

Okeh, akhirnya aku ikutan komentar di salah satu status Kak Al, aku bilang mau ikutan join dan belajar. Ok, aku masuk ke grup dan mulai belajar. Mausk ke grup itu aku bagai butiran debu hahhaaa....parah, aku belum paham sama sekali apa itu steemit dan blockchain.

Ternyata steemit itu mirip-mirip blog. Kita bisa menulis dan upload-upload foto di sana. Banyak sekali warga negara Indonesia yang sudah daftar di sana, terutama warga provinsi Aceh. Ga tahu gimana ceritanya aku lihat mereka bisa dibilang mendominasi stemian Indonesia, menurutku lho ya.

Jadi apa itu steemit?
Steemit itu platform menulis seperti blogspot atau wordpress. Steemit menggunakan teknologi blochain yang sedang tenar itu.

Persamaan blogspot/wordpress dengan steemit?
1. Mereka sama-sama tempat menyalurkan hobi menulis. 
2. Sama-sama gratis (non TLD) dan bisa menghasilkan uang.

Bedanya dengan blog biasa apa?
Nah ini, sejauh ini yang aku tangkap perbedaan steemit dan blog adalah:

1. Domain TLD
Kalau blogspot atau wordpress ada domain TLD nya, kalau mau lebih kece ya pakai domain TLD, bisa .com atau .id atau .info dll sedangkan di steemit semua domain sama. Akun steemit ga bisa kita tingkatkan ke TLD (so far).

2. Penghasilan
Kalau di blog tulisan yang sudah kita tulis bisa menghasilkan selamanya. Sedangkan di steemit tulisan kita hanya akan dibayar selama 7 hari setelah tayang.

3. Nilai blog
Nah...kalau di blog ada DA PA yang dimulai dari 0 sedangkan di steemit ada nilai skor dimulai dari 25. Tapi kalau rekor jelek nilainya bisa terjun bebas ke 0.

4. Edit
Tulisan kita di blog bisa diedit dan dihapus sesuka hati kita. Kalau di steemit ga bisa gitu, tulisan hanya bisa diedit beberapa kali. Itupun akan mengurangi skor dan tulisan tidak bisa dihapus untuk selamanya. Hati-hati kalau nulis ya.

5. Copas
Tulisan di blog banyak yang hasil copy paste, mungkin hanya satu dua kalimat, ada yang copas satu tulisan full, aku dah jadi korban nih gara-gara ngutip kalimat. Berbeda dengan steemit, kita tidak bisa copas sama sekali. kalau ketahuan copas sama si cheetah, robotnya steemit. Maka buruklah nama kita di sana dan nilai kita akan berkurang. Kalimat kutipan pun bisa mereka deteksi sebagai copas, weleh weleh...

6. Waktu publish
Kalau blog kita bisa atur kapan tulisan kita bisa publish, enak nih menurutku. Kalau steemit sejauh ini belum bisa diatur jadwal postinya, publish real time.

Jadi pilih blog biasa atau steemit?
Okeh, akhirnya aku pilih pake blogspot lamaku ini. Steemit luar biasa belum aku mengerti. Sistem pencairan uang dari steemit juga sejauh ini menurutku agak berbelit. Iya gak sih, apa aku aja yang belum paham? Kalau salah mohon koreksi. Ada yang make steemit?


13 comments

  1. Wow aku blm tahu malah kalau ada steemit gitu. Tp kalau aturannya setrict itu aku masih pilih blog aja soalnya kan masih sukasuka banget, mungkin buat copywriter profesional kali ya

    ReplyDelete
  2. Jujur, aku udah tau keberadaan steemit ini dari lama tapi belum pernah nyobain huhu ketinggalan bgt ga sih aku. Ternyata itu yaah perbedaannya sama blog biasa. Thanks infonyaaa

    ReplyDelete
  3. Aku pernah juga gabung di grub Steemit bimbingan Mbak al, tapi nggak konsisten nyimak mbak. Dan akhirnya tertinggalkan. Aku udah punya akunnya tapi ya nulisnya juga belum sama sekali. Apalagi nggak boleh sampe kelupaan pin ya mbak hehee
    Sejauh ini seru ya nulis di blog hehheeee
    TFS yah mbak ^_^

    ReplyDelete
  4. Baru tau skrg kak. Kalau dari ulasannya aku milih blog biasa aja. Kendali sepenuhnya ada di kita. Apalagi baru fokus ningkatin adsense dan DA/PA jd hrs lebih serius lagi di blog :D

    ReplyDelete
  5. Eh baru tau kalau dibayar juga, kirain cuma ngeblog utk senang2 aja hehe. Jd pengen juga ngeblog di steemit dan berbagi dengan audience yg lbh luas. Makasih penjelasannya ttg Steemit mbak

    ReplyDelete
  6. Banyak yang cerita soal Steemit, bisa dapat uang juga. Tapi aki sekalipun belum coba. Sudah ngurus beberapa blog. Kalau ditambah lagi mikir managenya kaya apa

    ReplyDelete
  7. Kita tetap setia sama blogspot ya, selain memang suka menulis, juga untuk penghasilan sampingan juga.

    ReplyDelete
  8. Steemit? Aku bari denger malahan hehehe dan tetep lah aku lebih milih blog. Sudah kurawat sejak dulu, sejelek apapun DA PA nya sudah kucurahkan tenaga dan pikiran tentang isinya. Tapi aku mau coba lihat steemit sih nanti

    ReplyDelete
  9. Dulu ada juga yang pernah nawarin ke aku, tapiaku belum tertarik. Masih cinta sama blog

    ReplyDelete
  10. Oalah jadi inget dengan akun steemit saya yang kayaknya udah berdebu hihihi
    Udah lama gak log in ke sana, passwordnya panjang nian ya :))

    ReplyDelete
  11. Diceritain sama temen yang hobi nulis juga..kalau di Steemit, tulisan kita dihargai.
    Tapi,
    Doi juga bingung....gimana cara mencairkan uangnya.
    Hahhaa..

    Jadi,
    Sebagai pendengar yang baik, aku hanya bisa memandang nanar.

    ReplyDelete
  12. wah baru tau ada steemit, baik baik membaca reviewnya.
    dari dulu pake blogspot sih inbound nya tp TLD juga hihi

    ReplyDelete
  13. Kalau buat aku sih menulis itu senyamannya kita aja mau di flatform mana aja. Aku belum pernah menulis di steemit tapi udah anggota steemit.

    ReplyDelete