Theme Layout

Boxed or Wide or Framed

Theme Translation

Display Featured Slider

yes

Featured Slider Styles

[Boxedwidth]

Display Trending Posts

yes

Display Instagram Footer

No

Dark or Light Style

Manfaat Nasi Putih Bagi Kesehatan



Merebaknya gaya hidup sehat di Asia membuat banyak orang ingin selalu ramping. Karenanya banyak orang Asia yang dulunya selalu makan nasi, kini menghindari nasi. Kandungan karbohidrat nasi dicurigai sebagai penyebab tumpukan lemak di perut.


Padahal sejak ratusan tahun silam nasi menjadi bagian menu bangsa Asia termasuk Indonesia. Ini karena nasi menjadi sumber karbohidrat. Dirangkum dari berbagai sumber, berikut ini berbagai khasiat sehat nasi karena kandungan nutrisinya.

Makanan bebas gluten
Nasi tak mengandung gluten. Karenanyanya baik dikonsumi oleh penderita penyakit celiac dan mereka yang alergi terhadap protein yang ada pada gandun dan sejenisnya.

Sumber energi
Kaya akan karbohidrat membuat nasi jadi sumber energi. Nasi terdiri dari rantai panjang karbohidrat kompleks yang perlu waktu lama untuk diurai. Karbohidrat ini memasok energi pada tubuh. Kandungan pati pada nasi lebih rendah dibandingkan sumber pati dari makanan lain.

Tinggi kandungan nutrisi
Nasi putih dan merah punya kandungan nutrisi berbeda. Nasi putih kaya akan kalsiun dan zat besi, juga vitamin seperti niacin, vitamin D, thiamin dan riboflavin. Nasi merah kaya akan serat dan baik untuk pencernaan. Nasi rendah lemak dan kolesterol sehingga baik untuk jantung.

Mencegah beragam penyakit
Beras merah kaya akan neutransmitter yang mencegah penyakit Alzheimer. Beras juga mengandung antioksidan yang melindungi jantung dan mencegah stroke.

Mencegah kanker
Nasi merah kaya akan serat yang melindungi tubuh dari berbagai jenis kanker. Serat beras melindungi sel dan tubuh dari serangan kanker.

Mengontrol tekanan darah
Nasi rendah karbohidrat dan lemak karenanya baik dikonsumsi bagi mereka yang ingin turunkan berat badan.

Mencegah sembelit
Nasi rendah sodium karenanya bisa mengendalikan tekanan darah. Juga kaya akan serat sehat yang merangsang pertumbuhan bakteri baik yang bagus untuk pencernaan dan BAB teratur.

Baca: Manfaat Air Kelapa Hijau
QuickEdit

You Might Also Like

8 comments:

  1. I see manfaatnya banyak juga ya apalagi buat sumber energi. Nah di atas dibahas kan kenapa bisa jadi timbunan lemak, kira2 mengonsumsi yg seimbang menurut Kak Zefy gimana hehe

    ReplyDelete
  2. Alhamdulillah,aku selama ini ngemix nasiku dengan beras merah. Jadi beras putih dominan, di tambah merah sedikit agar bisa mendapatkan manfaat dari keduanya

    ReplyDelete
  3. Hihihi jadi malu, pengen banget ngurangin makan nasi karena berat badan susah turun, memang mesti seimbang ya, biar manfaat nasi terasa untuk tubuh dan tidak jadi timbunan lemak

    ReplyDelete
  4. Manfaatnya banyak dan baik untuk kesehatan cuman aku sudah ngurangin makan nasi soalnya takut kegemukan hehehe

    ReplyDelete
  5. Hmmm. Maaf, kak. Ini kan bahasannya soal nasi putih ya sesuai judulnya. Kenapa di satu poin, ada bahasan soal nasi merah juga, ya?

    Memang sih, nasi juga memiliki manfaat bagi tubuh. Namun, akan lebih baik jika disetarakan dengan konsumsi buah dan sayur demi terjaga gizi seimbang.

    ReplyDelete
  6. Aku suka nasiiii haha :D
    Tapi emang sih sempet ngurangin krn kadar gulanya itu. Eh tapi skrng ada tepung yang kalau kita campur beras pas menanaknya bisa bukin kadar gulanya berkurang, semacam tepung kelapa gtu deh

    ReplyDelete
  7. Jadi intinya semua makanan itu bermanfaat asalkan dikonsumsi dengan porsi yang tepat. Konsumsi berlebihan jelas merusak tubuh, makanan apapun itu.

    ReplyDelete
  8. Aku kayanya juga mulai mengurangi kandungan karbohidrat deeh...
    Karena BB ku ini kok cepet banget naiknya yaa...terutama kalau ga kontrol jam makan.

    Anak masih kecil-kecil, jadi belum berhasil mengenalkan beras organik kaya beras merah.

    ReplyDelete

[name=Zefy Arlinda] [img=http://res.cloudinary.com/momsodell/image/upload/v1521166151/Zefy.jpg] [description=Hai Saya Zefy, Hobi Makan-makan | Memasak | Jalan-Jalan.] (facebook=https://www.facebook.com/arlindazefy) (twitter=https://twitter.com/zarlinda) (instagram=https://www.instagram.com/zefyarlinda/)