Makanan dan MInuman Mengandung Kalsium Untuk Ibu Hamil

ibu hamil

Aduh gigi sakit........yang namanya sakit gigi itu ga enak banget rasanya apalagi pas sedang hamil. Karena kalau sakit gigi sedang hamil ga boleh minum obat sis. Tahan aja sakit giginya sampai sembuh, hais... Tahukah kalian? Kalau sakit gigi saat hamil bisa saja disebkan karena ibu perlu nutrisi kalsium tambahan?

Benar atau tidaknya mungkin bisa ditanyakan dengan yang ahli alias dokter ya :)

Soalnya kalau aku ini bukan dokter, hanya seorang yang kemarin nyasar di faskultas teknik. Balik lagi ke kalsium untuk ibu hamil. Mengapa membahas ini? Karena hal ini sering terjadi pada ibu hamil. Salah satu yang pernah mengalaminya adalah aku sewaktu hamil Ichi.

Aku lupa persisnya waktu itu hamil Ichi berapa bulan tapi kok gigi berasa nyut nyut. mau makan obat ga boleh, tidur ga bisa, makan ga enak. Fix ini mantab sekali karena seorang ibu hamil harus cukup istirahat dan makan. Gimana dong jadinya? Bumil akhirnya curcol kemana-mana dan terungkaplah bahwa sakit gigi yang dirasakan ibu hamil itu sering terjadi.

Seorang teman kantor berkisah kalau dia dulu juga mengalami sakit gigi saat hamil dan sakit gigi itu hilang setelah dia mengkonsumsi minuman penambah kalsium. Kalau ga salah yang dia minum waktu itu CDR. Aku yang sedang menikmati sakit gigi akhirnya mencari makanan mengandung kalsuim untuk ibu hamil dan setelah mengkonsumsinya sakit gigi memang benar-benar menghilang.

Apa saja sih makanan mengandung kalsium untuk ibu hamil?

1. Kurma
2. Susu
3. Keju
4, Yoghurt
6. Tahu
7. Tempe
8. Brokoli
9. Jeruk
10. Alpukat
11. Sawi
12. Bayam
13. Kangkung
14. Ikan
15. Sum sum sapi dan kambing
16. Apel
17. Pisang
18. Kacang

Banyak ya list makanan mengandung kalsium yang baik untuk ibu hamil. Tinggal pilih suka yang mana. Kalau aku kemarin pilih kurma dan susu. Kurma untuk sarapan dan susu untuk sarapan serta sebelum tidur.

Oh iya, ada satu hal yang perlu diingat. Meskipun makanan di atas adalah makanan mengandung kalsium yang baik untuk ibu hamil dan si dedek bayi di dalam perut bukan berarti kita bisa makan semaunya. Baiknya kita makan secukupnya, karena segala sesuatu yang berlebihan itu tidak baik.


14 comments

  1. Noted nih mbak,
    Walau belum hamil, ehh nikah belum juga uwuu
    Perlu banget bahan bacaan beginian hheee
    Iya aku pernah tahu juga kalau bumil ga boleh konsumsi obat sembarang yah mbak.
    Huumh sesuatu yg berlebihan ga baik, apalagi makanan yg baik buat dikonsumsi bumil
    TFS yahh Mbak

    ReplyDelete
  2. Kalsium memang penting banget buat ibu hamil. Kemarin waktu lagi hamil saya rutin konsumsi makanan dengan kandungan kalsium yang mencukupi. Alhamdulillah, nggak gampang pegel tulang. Hehehe

    ReplyDelete
  3. Kalsium sangat penting banget bagi calon bayi dan ibu hamil serta nanti saat dia menyusui jadi penting untuk melengkapi semuanya. Makanan yang disekitar kita kalsiumnya banyak dan bisa dimanfaatkan

    ReplyDelete
  4. Aku ga lagi hamil pun kalau sakit gigi suka sadar, pasti kalsiumnya kurang. biasanya iya, aku bakal genjot sama makanan yang mengandung kalsium, terutama keju.

    ReplyDelete
  5. Sebagian besar makanan2 yg mengandung kalsium di atas adlh malanan kesukaanku. Jd ga susah mengonsumsinya saat hamil nanti. Biar sehat ibu dan bayi.

    ReplyDelete
  6. Aku suka semuanya. Tapi kak, lihat ulasan dokter di salah satu stasiun TV, sumsum tulang ternyata bukan sumber kalsium. Yang selama ini beredar hoax. Justru banyak lemaknya. Ada memang, tapi dalam jumlah sedikit :)

    ReplyDelete
  7. Daftar buah yang ada emang buah favorit bgt kak buat saya. Meski gak akan bisa hamil semua buah2 itu bermanfaat buat para lelaki haha

    ReplyDelete
  8. Wah opsi makanan tinggi kalsium buat ibu hamilnya enak-enak nih, aku doyan semua wahahaha

    ReplyDelete
  9. Kalsiumm emang penting bnaget untuk ibu hamil baik untuk dirinya sendiri atau bayi yang dikandung

    ReplyDelete
  10. Iya kalsium emang dibutuhkan buat bumil, kalau gak salah dulu pas hamil selain zat besi pasti dokter juga meresepkan kalsium gtu mbak. Walau kita jg harus bantu dr makanan ya...

    ReplyDelete
  11. Wkkwkw...iya,
    Aku kalo hamil suka gak kontrol makan.
    Nafsu makan bener-bener bertambah dengan alasan "Untuk kebaikan si dedek..."

    ReplyDelete
  12. Wah, saya baru tahu juga kalau sakit gigi pada ibu hamil bisa sembuh setelah ia mengonsumsi makanan dan minuman yang mengandung kalsium. Makasih infonya :)

    ReplyDelete
  13. Baru tau dong Eny, bagus bgt ini buat edukasi setidaknya kalo udah berkeluarga nanti udah gak bingung lagi ya kan

    ReplyDelete
  14. Jadi ingat waktu hamil gusi sering berdarah apa karena kurang kalsium juga yaa

    ReplyDelete