Jenis Tes CPNS CAT dan PBT



tes pns 2019


Okeh para pejuang PNS, sudah pada tahu kan apa itu CAT dan PBT. Dua jenis metode tes yang dilaksnakan di Indonesia. Jadi CAT itu adalah singkatan dari Computer Assisted Test dan PBT adalah singkatan dari Paper Based Test. Dengan kata lain kalau CAT itu tesnya online pek computer dan PBT itu tes manual pake kertas, begitu.


Baik CAT atau PBT terbagi jadi beberapa tes, ada Tes Wawasan Kebangsaan (TWK), ada Tes Intelegensia Umum (TIU), Tes Karakteristik Pribadi (TKP) dan Tes Kompetensi Dasar (TKD). Kemudian ada beberapa instansi yang menambahkan tes fisik atau tes lainnya.

Pada tahun 2018 lalu seingatku Pemerintah Indonesia sudah menggunakan motode CAT untuk seleksi CPNS. Menurutku ini baik, karena dengan CAT kita bisa langsung mengetahui kita lolos passing grade atau tidak langsung setelah kita mengklik tombol selesai pada soal. Hal ini sangat-sangat mengurangi adanya kecurangan saat perekrutan CPNS. Selain itu mengurangi alat tulis yang harus kita bawa. Kita tidak perlu bawa LJK ataupun penghapus saat tes.

Namun meski menggunakan system CAT masih ada instansi yang juga menggunaan system PBT. Seperti Kementerian Agama yang memilih system PBT saat seleksi kemampuan dasar.

Untuk para pejuang CPNS tahun 2019 yang belum biasa menggunakan computer latihan ya menggunakan computer dan main mouse. Aku ingat tahun lalu ada yang susah sekali menggunakan mouse, padahal waktunya pas-pasan. Kan sayang kalau ilmunya ada tapi ga bisa klik jawaban yang benar, iya kan?


No comments