BUNGA SEDAP MALAM DAN SEJUTA MANFAATNYA UNTUK KESEHATAN


sedap malam

Sedap malam (polianthes tuberosa, bahasa melayu: sundal malam) adalah tumbuhan hijau abadi dari suku Agavaceae. Minyak dari bunga ini digunakan dalam pembuatan parfum. Nama tuberosa menunjukkan bahwa tumbuhan ini memiliki umbi ( tuber). Saat ini dikenal sekitar 12 spesies dari genus Polianthes.

Bunga sedap malam biasa mekar di malam hari. Tanaman ini diperkirakan berasal dari Meksiko. Bangsa Astek mengenalnya dengan nama omixochitl, “bunga tulang”. Nama bunga ini di India bagian Timur adalah ratkirani, yang berate “ratu malam”. Di singapura bunga ini dinamakan xinxiao, yang berarti “tempat ngengat hinggap”. 

Di Persia, bunga ini disebut Maryam, yang merupakan nama umum dari anak perempuan. Bunga ini juga digunakan di Hawaii untuk pengantin dan dahulu di zaman viktoria digunakan sebagai bunga kuburan. Harum bunga ini digambarkan sebagai kompleks, eksotis, manis, dan khas bunga.
Tanaman ini tumbuh hingga 45 cm dan menghasilkan rumpun bunga putih. Daunnya panjang dan berwarna hijau muda yang mengumpul di pangkal batangnya. Sedap malam lebih dikenal sebagai bunga hias. Wanginya yang seharum melati bermanfaat menenangkan hati orang disekitarnya. Namun, sebenarnya bunga sedap malam punya sejumlah manfaat untuk kesehatan, mulai dari mengobati keluhan susah tidur, influenza, sampai rematik.

Bunga sedap malam tumbuh merumpun dengan tinggi sekitar 0,5 – 1,5 meter. Serumpun batangnya tumbuh dari satu atau beberapa umbi induk dan beberapa umbi anak. Umbi ini merupakan batang semu sekaligus sebagai penyimpan makanan. Umbi bunga sedap  malam juga digunakan untuk perbanyakan tanaman secara vegetative.

Daun bunga sedap malam (polianthes tuberosa) berbentuk panjang pipih berwarna hijau mengkilat di bagian permukaan atas dan hijau muda pada bagian permukaan bawah daun. Pada pangkal daun terdapat bintik-bintik berwarna kemerah-merahan. Daun dapat berukuran hingga sepanjang 60 cm.
Tangkai bunga muncul di ujung tanaman berbentuk memanjang dan beruas-ruas. Disetiap ruas mncul daun bunga yang berbentuk pipih memanjang dengan ukuran lebih kecil dari daun biasa. Pada tangkai bunga melekat 5-12 kuntum bunga (terkadang lebih) dengan mahkota berwarna putih dan sedikit kemerahan di bagian ujung.

Mekarnya bunga sedap malam (polianthes tuberosa) tidak serempak melainkan berurutan. Kuntum bunga bagian bawah akan mekar terlebih dahulu lalu menyusul kuntum-kuntum bunga di atasnya secara berurutan. Bunga sedap malam dikenal memiliki kesegaran yang mampu bertahan lama. Meskipun telah dipotong bunga yang menjadi flora Identitas provinsi Jawa Timur ini kesegarannya dapat bertahan selama 5-10 hari.

Bunga sedap malam (polianthes tuberosa) banyak di budidayakan di berbagai daerah di Indonesia. Bunga ini banyak dimanfaatkan sebagai bunga potong untuk berbagai keperluan. Selain itu bunga Sedap Malam juga dapat diolah sebagai bahan pembuat parfum.

Pemanfaatan bunga sedap malam bagi kesehatan umumnya dibagi menjadi dua yakni pemakaian luar dan dalam. Dua manfaaat tersebut diperoleh melalui sulingan dari bunga sedap malam yang menghasilkan minyak. Hasil sulingan itu dikenal dengan nama minyak tuberosa. 

Minyak itu diyakini mengandung geraniol dan nerol, farnesol, benzyl, alkohol, metil benzoate, metil salsilat, metil antramnilat, eugenol, asam butirat dan kemungkinan asam fenilasetat. Kandungan-kandungan ini secara medis bermanfaat menyembuhkan tubuh dikala sakit.

Ramuan dan Penyakit yang Bisa Disembuhkan



Obat Katarak, radang mata

Rebus 50 kuntum bunga sedap malam dengan 1.500 cc air hingga mendidih.
Tunggu sampai dingin.
Setelah dingin, gunakan untuk mencuci mata.

Obat Bisul (Furunculus) dan Bengkak (Edema)

Ambil akar sedap malam secukupnya lalu cuci bersih.
Setelah itu tumbuk halus dan tempelkan pada bagian yang sakit.

Obat susah tidur, menenangkan pikiran dan hati, penambah darah dan pandangan kabur

Bahan: 30 kuntum bunga sedap malam, 15 gram kiecie (bisa dibeli di toko obat Cina), 1-2 buah hati ayam, 2 sihung bawang putih, 4 siung merica, garam, dan kecap masing-masing secukupnya.
Iris bawang putih dan bawang merah. Tumis semua bahan dengan minyak goreng nonkolesterol secukupnya. Tambahkan tepung tapioka yang telah diencerkan secukupnya. Masak sampai matang.

Meningkatkan stamina

Bahan: 50 kuntum bunga sedap malam, 50 gram kacang kapri, 1 butir telur ayam, 100 gram udang, 10 gram jahe, 2 siung bawang putih, 4 siung bawang merah.

Tumis semua bahan dengan minyak goreng nonkolesterol secukupnya. Jangan lupa tambahkan tepung maizena yang telah diencerkan. Masak sampai matang.

Mempertajam penglihatan

Bahan: 30 kuntum bunga sedap malam, 70 gram kacang kapri muda, 100 gram daging ayam, 75 gram wortel, 1 butir telur ayam, 10 gram jahe, 2 siung bawang putih, 4 siung bawang merah, kecap manis dan garam secukupnya.

Potong-potong daging ayam dan wortel.
Kemudian siapkan bawang putih dan bawang merah yang telah diiris-iris.
Tumis semua bahan dengan minyak goreng nonkolesterol sampai matang.

Obat Influenza

Bahan: 20 gram akar sedap malam, 15 gram jahe, 2 batang daun bawang putih, 600 cc air bersih.
Rebus bahan bersama air sampai tersisa separuh (300 cc).
Air rebusan tersebut diminum dua kali masing-masing 150 cc.

Obat Radang Tenggorokan

Bahan: 20 gram akar sedap malam, 25 gram sambiloto segar, 600 cc air bersih.
Rebus bahan bersama air sampai tersisa setengah (300 cc). setelah itu saring dan minum dua kali sehari masing-masing 150 cc.

Obat Rematik

Bahan: 30 gram akar bunga sedap malam, 20 gram jahe merah, gula merah secukupnya, 400 cc air.
Rebus bahan bersama 400 cc air hingga mendidih. Saring dan bagi dua bagian untuk diminum dua kali sehari.

9 comments

  1. Dulu pas kecil misal ada kecium bunga sedap malam, berarti ada om atau tante hantu, mbak, hahahah.
    Sejauh ini yg ku tahu, sedap malam untuk org yg punya keluhan susah tidur itu mbak.
    Eh ternyata banyak juga ya manfaatnya,
    Sayang di rumah nggak pernah nanam bunga sedap malam -_-

    ReplyDelete
  2. Tidak hanya sedap dipandang mata, ternya Bunga Sedap Malam punya nbanyak khasiat ya. Aplikasinya juga ga susah2, tinggal ditempelin atau direbus saja. Praktis.

    ReplyDelete
  3. Kalau katarak kayaknya ga ga b disembuhkan dengan obat2 atau herbal deh mbak. Soalnya masalahnya di lensa mata. Ibarat kaca yang udah berkeruh yang baru bisa bersih kalau dibersihkan

    ReplyDelete
  4. Paling suka dengan wanginya bunga sedap malam. Harumnya menenangkan.
    Ternyata bukan hanya indah dan harum, bunga sedap malam juga berkhasiat untuk kesehatan ya...

    ReplyDelete
  5. Wah, ternyata bisa obati radang tenggorokan juga ya, berhubung juga sering radang tenggorokan, jadi kadang bingung mau cari obat yang herbal yang mana.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, tinggal diolah aja sih kalo mau dibikin solusi untuk radang tenggorokan

      Bunga sedap malam ini khas banget baunya. Aku suka

      Delete
  6. Wah tenyata khasiatnya banyak banget yah mba. Eny kira cuman buat campuran masakan sedap malam ini

    ReplyDelete
  7. sedap malam banyak khasiat banget ya kak. bisa dijadikan oat tradisional dan bisa menyembuhkan berbagai penyakit. Paling diingat suka ditambahkan di sup dan rasanya juga enak sih. Aku suka....

    ReplyDelete
  8. Wow...banyak sekali manfaat dari keindahan bunga sedap malam.
    Wanginya juga aku suka..
    Mengingatkanku pas baru menikah dulu...rumahnya dipenuhi bunga sedap malam.

    ReplyDelete