Theme Layout

Boxed or Wide or Framed

Theme Translation

Display Featured Slider

yes

Featured Slider Styles

[Boxedwidth]

Display Trending Posts

yes

Display Instagram Footer

No

Dark or Light Style

TERNYATA BUNGA PUKUL EMPAT MEMILIKI BANYAK KHASIAT, DIANTARANYA SEBAGAI OBAT JERAWAT


mirabilis jalapa

Deskripsi
Herba tahunan, ini berasal dari Amerika Selatan, tegak, tinggi 20 cm-80 cm, banyak tanaman orang sebagai tanaman hias di pekarangan atau sebagai pembatas bahan rumah. Tumbuh di dataran rendah yang cukup mendapat sinar matahari maupun di daerah perbukitan.

Termasuk dalam suku kampah-kampahan, berbatang basah, daunnya berbentuk jantung, warna hijau tua, panjang 2 cm-11 cm, lebar 8 mm-7 cm, pangkal daun membulat, ujung meruncing, tapi daun rata, letak berhadapan, mempunyai tangkai daun yang panjangnya 6 mm- 6 cm.

Bunganya berbentuk terompet, dengan banyak macam warna, antara lain: merah, putih, jingga, kuning, kombinasi/belang-belang. Mekar di waktu sore hari dan kuncup kembali pada pagi hari menjelang fajar.

Buahnya keras, warna hitam, berbentuk telur, dapat dibuat bedak. Kulit umbinya berwarna cokelat kehitaman, bentuk bulat memanjang, panjang 7 cm-9 cm dengan diameter 2 cm-5 cm, isi umbi berwarna putih.

Banyak yang hanya mengenalinya sebagai bunga hiasan. Meskipun tidak terlalu mewah, tapi kembang pukul empat terlihat menarik dengan warna-warna segarnya. Nama populernya Kembang Pukul Empat. Tapi di beberapa daerah ia memiliki nama yang berbeda, seperti di Sumatera ia dinamakan kembang Pagi sore dan bunga pukul empat. Di Jawa disebut kederat, segerat, di Maluku dipanggil Kupa Oras dan Cako Raha, di Sulawesi dikenal juga dengan nama bunga-bunga Paranggi, bunga-bunga Parengki, Pukul Ampa, Turaga, Bodoko Sina, bunga Tete Apa. Di Cina ia dipanggil Zi Mo Li.

Kandungan Obat
Sebagai tanaman obat, kandungan kimia bunga pukul empat adalah sebagai berikut, akar mengandung betaxanthins; buah mengandung zat tepung, lemak (4,3%), zat asam lemak (24,4%), zat asam minyak (46,9%).


Ramuan dan Penyakit yang Bisa Disembuhkan

Obat pembengkakan payudara (acute mastitis), bisul, koreng, luka terpukul.
Lumatkan tanaman segar untuk pemakaian luar atau rebus dengan air secukupnya untuk cuci.

Obat mengatasi artritis akut
Akar segar direbus, minum. Bila badan panas, ditambah tahu, bila badan dingin ditambah kaki sapi. Atau rebus bunga putih sebanyak 120 gr.

Obat bisul
Daun Kembang Pukul Empat dilayukan di atas api, kemudian dioleskan sedikit minyak kelapa, tengahnya dilubangi. Letakkan bunga yang sudah dipanaskan di atas bisul yang sebelumnya sudah diolesi minyak kemiri.
Obat ambil 10 lembar daun Kembang Pukul Empat dicuci kemudian dilumatkan. Tambahkan air garam secukupnya, ditempelkan pada bisul dan sekelilingnya, lalu balut.

Akar segar di buang kulitnya, kemudian dilumatkan dan tambahkan gula enau. Tempelkan pada bisulnya, sehari diganti dua kali.

Obat Jerawat
Ambil segenggam buah Kembang Pukul Empat, ambil tepungnya. Tambahkan air dan buatlah masker. 

Baca juga: Khasiat bunga mawar

QuickEdit

You Might Also Like

9 comments:

  1. Hwaaaa, asik dong yaaa, kalo banyak khasiatnya
    Memang kudu digalakkan lagi nih TOGA alias Tanaman Obat Keluarga
    --bukanbocahbiasa(dot)com--

    ReplyDelete
  2. Akh indahnya bunga pukul empat ini. Didaerahku banyak lho yang TOGAnya jalan banget di kampung kampung selain buat penghijauan, bikin segar lingkungan dan juga banyak manfaatnya ya kak

    ReplyDelete
  3. Banyak ya tanaman berkhasiat di sekitar kita, termasuk bunga pukul 4 ini.. bisa jadi toga sekaligus tanaman hias.

    ReplyDelete
  4. Aku baru tahu ternyata banyak sekali manfaat dari bunga pukul empat ini ya

    ReplyDelete
  5. dimana aku bisa cari bunga pukul empat ya... bisa tanam juga nih di lahan kosong saping rumah

    ReplyDelete
  6. Gak nyangka, tanaman yang unyu-unyu ternyata memiliki banyak banget manfaat. Nice info :D

    ReplyDelete
  7. Mestinya aku nanem bunga yang cantik ini di halamanku yaa...
    Kalau aku bilangnya Bunga Pagi Sore.
    Khasiatnya...bikin mamak kaya aku menghemat pengeluaran budget masker.
    Yeeay~

    ReplyDelete
  8. Baru tau kalau khasiatnya banyak banget. Dulu tahunya bunga ini cuma buat mainan aja, ditungguin saat mekar.

    ReplyDelete
  9. Aku kok udah jarang nemuin ini ditempatku Mba.
    Semoga kapan2 nemu, atau nyaranin make ini untuk temen yang bermasalah dengan jerawat

    ReplyDelete

[name=Zefy Arlinda] [img=http://res.cloudinary.com/momsodell/image/upload/v1521166151/Zefy.jpg] [description=Hai Saya Zefy, Hobi Makan-makan | Memasak | Jalan-Jalan.] (facebook=https://www.facebook.com/arlindazefy) (twitter=https://twitter.com/zarlinda) (instagram=https://www.instagram.com/zefyarlinda/)