Waw, Bunga Anyelir Bisa Sembuhkan Diare dan Kepala Pusing

bunga anyelir


Kenal dengan bunga Anyelir tidak?

Okeh kita bahas bersama. Bunga Anyelir disebut juga “Bunga Teluki, dan dikenal dalam bahasa inggris sebagai Carnation, nama ilmiahnya Dianthus caryophyllus adalah tanaman hias pekarangan dan pot yang populer. Tanaman ini berasal dari kawasan Mediterania. Bunga Anyelir mempunyai warna yang terang dan berwarna-warni, sehingga sering digunakan untuk hiasan. Ada dua jenis tanaman Anyelir yaitu jenis satu bunga bagi setiap tangkai dan jenis ‘spray’, banyak bunga bagi setiap tangkai.

Bunga Anyelir itu adalah tanaman  bunga cantik yang memiliki tinggi 30-100 cm. Susunan Bunga majemuk , bentuk malai, terletak di ujung batang atau di ketiak daun, bunga sempuma, berkelamin ganda, dasar kelopak berlekatan membentuk tabung, ujung bergerigi, panjang 2-3 cm. Benang sari dan putik tidak tampak, mahkota berlepasan, bentuk asimetris, panjang 3-5 cm, halus, warna merah muda, berbau harum. Merupakan tumbuhan yang umum  dibudidayakan sebagai tanaman hias di kebun-kebun atau dipekarangan. 

Anyelir tumbuh dengan baik di daerah pegunungan pada ketinggian 1 meter sampai 1.8 meter di atas permukaan laut. Anyelir menyukai tanah yang gembur dan subur. Serta istimewanya bunga anyelir bisa dipanen sepanjang tahun. Waw banget kan ya. Batang anyelir bulat, beruas-ruas, licin, permukaan berlilin, hujau kebiruan. Daun tunggal, tersebar, duduk berkarang, tanpa tangkai daun, pangkal memeluk batang, bentuk lanset, ujung runcing, tepi rata, panjang 5-10 cm, lebar 5-10 mm, pertulangan sejajar, permukaan licin, tebal, hijau

Tapi kalau kita menanam bunga anyelir kita harus rajin meregenerasinya karena anyelir hanya dapat hidup selama 18-20 bulan saja. Tanaman ini dapat mencapai ketinggian sampai 2 meter, namun untuk dapat tumbuh tegak ia harus diikat dengan penyokong. Garis pusat batang tanaman Bunga Anyelir dapat mencapai 1 cm dan biasanya membengkak pada buku/ruas. Salah satu daya tarik bunga Anyelir adalah keindahan dan kesemarakan bunga yang muncul disetiap tangkainya. Hampir setiap tangkai bunga Anyelir  mengeluarkan kuntum bunga di ujungnya.

Oh iya, bunga Anyelir ada yang berbentuk tunggal  (satu kuntum tiap tangkai) dan ada juga yang membentuk spray (banyak bunga dalam satu tangkai). Keistimewaan itulah yang menyebabkan jenis bunga ini diminati untuk menghias taman. Kehadirannya dalam taman menimbulkan kesan mewah dan membuat taman lebih berwarna. Selain untuk menghias taman, bunga Anyelir saat ini juga mulai umum dikembangkan di dalam pot. Tanaman Anyelir dalam pot biasanya dimanfaatkan mempercantik beranda dan dekorasi pada pesta atau perayaan hari-hari istimewa.

Kehadiran Anyelir di tengah-tengah rumpun bunga lainnya membuat suasana hari istimewa Anda menjadi lebih berwarna, ea...lebay ga sih? Ga juga deh kayaknya, karena bunga ini benar-benar istimewa. satu lagi, bunga Anyelir juga berfungsi dalam mempercantik papan nama, papan ucapan selamat atau papan ucapan dukacita yang saat ini banyak digunakan.

Kandungan


Selain sebagai tanaman hias bunga Anyelir juga dipercaya memiliki khasiat yang bermanfaat bagi kesehatan dan penyembuhan. Kandungan saponin yang dimiliki oleh bunga Anyelir dipercaya bermanfaat mengobati berbagai penyakit. Dalam ilmu pengobatan tradisional tiongkok bunga Anyelir dipercaya bermanfaat untuk pengobatan beberapa penyakit diantaranya yaitu: infeksi saluran kemih, kencing batu dan sembelit. Selain untuk pengobatan penyakit dalam Anyelir juga digunakan untuk pengobatan penyakit luar, diantaranya yaitu; radang kulit dan pembengkakan.



Ramuan dan Penyakit yang Bisa Disembuhkan


Obat diare
Daun Anyelir segar sebanyak 60 gram, dicuci, direbus dengan 40 ml air dingin diminum sekaligus. Sampai mendidih selama 15 menit, disaring, setelah dingin diminum. Lakukan pengobatan sebanyak 3 kali sehari.

Obat pusing

Bunga Anyelir segar sebanyak 30 gram, dicuci dan dipotong kecil-kecil kemudian direndam dalam 20 ml air mendidih selama 10 menit, disaring, setelah dingin diminum. 

Semoga informasiny bermanfaat ya, ada informasi lain tentang bunga Anyelir?


No comments