Tips Memasuki Bulan Ramadan

puasa

Alhamdulillah sebentar lagi kita memasuki bulan ramadhan, bulan suci yang sudah ditunggu-tunggu oleh umat muslim di seluruh dunia. Bulan penuh ampunan, dimana dosa-dosa kita akan diampuni dan kebaikan akan dihitung lebih. Menunggu bulan sebaik ini baiknya kita persiapkan dengan baik, bukankah kita ingin mendapatkan pahala sebanyak mungkin, iya kan :)



Kalau aku nunggunya bikin deg degan, maklumlah cewek, takut-takut pas puasa masa datang bulan lebih lama, ada-ada aja ya, tapi bener kok.

OK lah, balik ke topik. Jadi apa nih tips memasuki bulan Ramadhan?

1. Bayar hutang
Kok masuk bulan Ramadhan malah ngomongin hutang za? Gimana sih. Hehehee...jangan marah lho disebutin hutang, hutang itu memang wajib dibayar ya guys. Hutang yang kita bahas saat ini khususnya adalah hutang puasa.

Hayo diingat-ingat, siapa yang tahun kemarin ada bolong puasanya?

Mungkin tahun kemarin pas bulan Ramadhan ada yang sakit, perjalanan jauhm atau menyusui misal. Itu wajib dibayar lho ya, jangan lupa. Mumpung sekarang masih ada waktu.

2. Siapkan jatah sedekah
Kayak yang sudah kita omongin di atas kalau bulan Ramadhan itu pahalanya berlipat, sayang kalau tidak dimanfaatkan dengan baik. Baiknya kita banyak bersedekah, tapi ya jangan sampe kebablasan juga sedekahnya, kan ga lucu kalau gara-gara sedekah kitanya ga bisa beli beras.



3. Mengingat cara sholat tarawih dan bacaannya
Ada sholat yang hanya kita kerjakan saat bulan Ramadhan yaitu sholat Tarawih. Solat yang dilakukan 11 atau 23 rakaat ini kan dilakukannya hanya pada bulan Ramadhan jadi tidak menutup kemungkinan ada yang lupa dengan caranya atau apapun yang melekat dengannya.

4. Saling memaafkan
Alangkah baiknya jika sebelum memasuki bulan yang suci kita semua dalam keadaan suci. Dalam keadaan saling memaafkan dan bahagia, lancar pasti tuh ya puasanya. Bukan hanya minta maaf dan memaafkan orang lain tetapi juga memaafkan diri sendiri.

5. Obat maag
Sebenarnya berdasarkan penelitian puasa dapat membuat sakit maag sembuh. Tapi pada kenyataan banyak yang maagnya masih kambuh. Jadi ada baiknya bagi yang ada sakit maag siapkan saja obatnya, antisipasi.

6. Niat yang tulus
Niatkan dengan tulus dan ikhlas untuk puasa di bulan Ramadhan.Bukan untuk kejar hadiah dan kumpul bareng teman pas bukber ya hehe...banyak tuh, terutama anak remaja dan anak-anak yang senang masuk bulan Ramadhan karena bakalan dapat hadiah kalau puasanya full. 

Semoga Ramadhan tahun ini bisa kita lalui dengan baik, aamiin.

No comments