BUNGA KENANGA



BUNGA KENANGA


Kenanga (canangium odoratum) adalah tumbuhan berbatang besar sampai diameter 0,1-0,7 meter dengan usia puluhan tahun. Tumbuhan kenanga mempunyai batang yang getas (mudah patah) pada waktu mudanya. Tinggi pohon ini dapat mencapai 5-20 meter. 



Bunga kenanga akan muncul pada batang pohon atau ranting bagian atas pohon dengan susunan bunga yang spesifik. Sebuah bunga kenanga terdiri dari 6 lembar daun dengan mahkota berwarna kuning serta dilengkapi 3 lembar daun berwarna hijau. Susunan bunga tersebut majemuk dengan garpu-garpu. Bunga kenanga beraroma harum dan khas. Di pedesaan, kenanga sering dipelihara untuk dipetik bunganya. Tumbuhan liar yang kini mulai jarang ini mudah tumbuh di daerah datran rendah mulai ketinggian 25-1000 meter di atas permukaan laut.

Ada dua forma kenanga, yaitu macrophylla, yang dikenal sebagai kenanga biasa, dan geunia dikenal sebagai kenanga Filipina atau  ylang-ylang. Selain itu, masih dikenal pula kenanga perdu (cananga odorata fruticosa), yang banyak ditanam sebagai hiasan di halaman rumah. Cananga odorata fa. Macrophylla tumbuh dengan cepat hingga lebih dari 5 meter per tahun dan mampu mencapai tinggi rata-rata 12 meter. 

Batang pohon kenanga lurus, dengan kayu keras dan cocok untuk bahan peredam suara (akustik). Memerlukan sinar matahari penuh atau sebagian, dan lebih nmenyukai tanah yang memiliki kandungan asam di dalam habitat aslinya di dalam hutan tadah hujan. Daunnya panjang, halus dan berkilau. Bunganya hijau kekuningan (ada juga yang bersemu dadu, tetapi jarang), menggelung seperti bentuk bintang laut, dan mengandung minyak biang, cananga oil yang wangi.

Ylang-ylang juga berupa pohon, tetapi tidak setinggi pohon kenanga biasa. Kenanga perdu yang biasa ditanam di halaman rumah, hanya bisa tumbuh paling tinggi 3 meter. Kenanga biasa merupakan tumbuhan asli di Indonesia dan ylang-ylang tumbuhan asli di Filipina. Kenanga lazim pula ditanam di Polinesia, Melanesia, dan Mikronesia. Di Indonesia, bunga kenanga banyak menempati peran di dalam upacara-upacara khusus misalnya dalam upacara perkawinan.

Kita semua tahu bahwa keharuman bunga kenanga amat khas. Bahkan dinilai sama eksotisnya dengan melati (jasminum grandiflorum). Lumrah bila banyak digunakan dalam aromaterapi. Hanya dengna mencium aromanya, orang akan segera mengenali bunga kenanga. Tampilannya memang tak begitu menarik. Mahkota bunganya tidak memiliki warna yang sedap dipandang. Bahkan warnanya menyerupai warna daun yang menguning. Selagi muda, bunga ini berwarna hijau. Bunganya tumbuh berkelompok.

Selain menyuburkan dan menghitamkan rambut, aromanya juga mengundang daya tarik. Karena itulah kenanga dikenal sebagai pohon parfum. Bagian tanaman yang dapat digunakan sebagai kosmetika dan terapi herbal adalah bunganya. Bunga kenanga dapat diambil minyak atsirinya. Kandungan kimia dalam bunga kenanga adalah benzoic, farnesol, geraniol, linanool, benzyl acetate, eugenol, safrol, cadinene dan pinene. Bahan-bahan kimia tersebut mudah menguap dan sangat baik untuk aromaterapi. Minyaknya juga digunakan untuk masker dan lulur. 

Di Philipina, kenanga juga digunakan untuk membuat minyak rambut dan hair tonic. Bahkan dibuat salep yanh digosokkan ke seluruh tubuh untuk menangkis serangan penyakit di musim hujan. Setidaknya dapat menangkal gigitan nyamuk dan serangga berbisa termasuk ular.

Dalam family annonaceae terdapat varietas kenanga lainnya yang juga menghasilkan minyak kenanga yang juga disebut dengan ylang-ylang. Varietas inilah yang banyak di budidayakan di Philipina. Sementara varietas lainnya tumbuh di Madagaskar dan Pulau Comores. Berbeda dengan tanaman keras lainnya, pohon kenanga berbunga sepanjang tahun. Dalam perdagangan herbal, minyak kenanga dikenal dengan nama cananga oil. Dihasilkan dari penyulingan bunganya. 

Dibanding sekitar 70 macam minyak atsiri lainnya, cananga oil tak mudah menguap karena mengandung unsur terpene dan sesquiterpene. Minyak kenanga digunakan untuk memproduksi wewangian bahan-bahan kosmetik di Eropa dan Amerika. Di jawa, aromanya sering menebar dalam setiap upacara tradisional, karena kenanga dan melati memang maerupakan bunga yang menghasilkan aroma yang khas. 

Bahkan dalam kepercayaan jawa, kenanga dikenal sebagai bunga yang dapat menangkal black magic. Karena itulah di zaman dulu pohon kenanga mudah kita jumpai di setiap pekarangan rumah.


Kandungan Obat


Bunga kenanga mengandung minyak atsiri, yang dikenal dengan minyak kenanga, yang mempunyai khasiat dan bau yang khas. Hasil penelitian mereka menunjukkan, ekstrak bunga kenanga memiliki kemampuan menolak nyamuk karena adanya kandungan linalool, geraniol, dan eugenol. Hasil penelitian menunjukkan, ketika mengoleskan ekstrak bunga kenanga pada marmut, maka minyak atsiri yang terkandung dalam ekstrak bunga kenanga meresap ke pori-pori lalu menguap ke udara. Bau ini akan terdeteksi oleh reseptor kimia (chemoreceptor) yang terdapat pada tubuh nyamuk dan menuju ke impuls saraf. 

Itulah yang kemudian diterjemahkan ke dalam otak sehingga nyamuk akan mengekpresikan untuk mneghindar tanpa menghisap darah marmut lagi. Semakain banyak kandungan bahan aktif yang terdapat dalam ekstrak bunga kenanga, maka semakin besar kemampuan ekstrak tersebut menolak nyamuk.

Ramuan dan Penyakit yang Bisa Disembuhkan

Obat Malaria dan Asma
Bahan : 3 kuntum bunga kenanga yang sudah dikeringkan.
Cara membuat : diseduh dengan 1 gelas air panas dan ditiup rapa.
Cara menggunakan : disaring dan diminum secara teratur.

Obat Sesak Nafas
Bahan : ½ genggam bunga kenanga dan 1 ½  sendok gula putih.
Cara membuat : direbus dengan 1 gelas air panas sampai mendidih hingga tinggal ½ gelas.
Cara menggunakan : disaring dan diminum, dilakukan secara rutin pagi-sore.

Obat Bronkhitis
Bahan : 2 kuntum bunga kenanga.
Cara membuat : direbus dengan 1 gelas air panas sampai mendidih hingga tinggal ½ gelas.
Cara menggunakan : disaring dan diminum, dilakukan secara rutin pagi-sore.

Obat Setelah Melahirkan
Bahan : bunga kenanga yang masih muda, kayu rapet, pegatsih, kunci pepet, kunyit, jongrahab, jalawe, dan jakeling.
Cara membuat : semua bahan tersebut ditumbuk halus (dipipis), kemudian diseduh dengan air panas.
Cara menggunakan : disaring dan diminum.

Obat Eksim
Caranya sebagai berikut : carilah bunga dan daun bunga kenanga yang baunya harum itu. Kemudian tumbuklah hingga halus, sesudah itu campurkan minyak kelapa buatan sendiri dan sebutir bawang merah yang sudah diiris tipis-tipis.

Semua bahan ini dimasukkan kedalam panci kecil, kemudian panaskan diatas kompor. Setelah panas angkat panci itu. Lalu diamkan sebentar.
Setelah hangat-hangat kuku, terus oleskan pada kulit yang terkena eksim dengan kapas. Lakukan setiap malam bila mau tidur.

No comments