9 Manfaat Bunga Cempaka Putih untuk Kesehatan

obat


Dalam percakapan sehari-hari, yang dimaksud cempaka biasanya adalah cempaka wangi atau yang di Aceh dikenal sebagai bungong jeumpa ( magnolia champaca sinonim Michelia champaca L.). Tumbuhan ini berasal dari India  dan menjadi sumber wewangian. Namanya diambil dari nama dalam bahasa Sangsakerta. Jenis-jenis lain yang juga diberi nama cempaka, karena kemiripan rupa atau aroma bunganya, adalah cempaka putih atau kantil ( Magnolia xalba sinonim Michelia xalba D.C), cempaka telur atau cempaka gondok ( Magnolia liliifera ), dan cempaka mulia ( Magnolia figo sinonim Michelia figo ( Lour.) Spreng ).


Cempaka atau Michelia Champaka Linn adalah sejenis pohon berkayu yang memiliki tinggi rata-rata 30 meter. Konon, tumbuhan ini berasal dari India dan banyak tersebar di Asia Tenggara dan di Asia Timur. Dan cempaka berebentuk telur taji. Bagian bawah daun yang hijau itu terdapat bulu halus. Tiap kuncup daun dilindungi oleh 2 daun pelindung. Untuk bunga, warnanya putih, kuning, atau merah. Bentuknya seperti bunga tulip. Buahnya ternyata enak untuk dimakan. Dalam pertumbuhannya, buah menjadi bulir panjang yang terdiri atas buah kecil-kecil berbentuk jantung. Biji dalam buah itu rasanya pahit. Kayunya sangat bagus untuk digunakan sebagai bagian dari bangunan rumah. Hanya saja, belum banyak orang yang menggunakan kayu Cempaka untuk kebutuhan tersebut.

Kulit kayunya berwarna cokelat. Jika dibelah, warnanya kuning muda dan mudah terpecah. Bila dirasakan, kayu Cempaka terasa pahit dan agak wangi. Sedangkan, untuk kulit akarnya, warnanya merah, rasanya pahit, dan sangat tajam. Di dalam kulit dan daunnya, terdapat kandungan Alkaloida  dan zat samak. Kulit kayu dan akarnya juga mengandung damar. Asam damar juga terdapat pada bijinya, selain kandungan olein. Bunganya yang harus itu, terdapat minyak terbang ( cheraniol, linalol, methuleugenol, asam benzoe, nerol, dan methulaethulazijnzuur ).

Di Jawa, umumnya dikenal ada dua jenis Cempaka, yaitu Cempaka putih dan kuning. Cempaka putih dibudidayakan untuk diambil bunganya. Biasanya, Cempaka putih ini untuk campuran sesajian atau wewangian lain. Wewangian itu dihasilkan dari ekstrak minyak asli bunga, daun, dan kayu Cempaka. Kulit kayunya bermanfaat untuk obat demam. Jenis Cempaka yang kuning ini lebih dikenal sebagai kantil. Bunga kantil sangat harum. Di samping sebagai penghias rambut, Cempaka kuning ini bermanfaat untuk minyak wangi atau aromatikum, kosmetik, dan upacara keagamaan.



Kandungan Obat
Hampir semua bagian tumbuhannya berguna, yaitu akar, batang, kulit kayu, daun, bunga, buah, dan bijinya. Kulit kayunya terasa pahit dan berkhasiat untuk obat kuat,febrifugum, dan tonikum. Untuk kulit akarnya, bisa digunakan bagi perbaikan menstruasi, bersifat abortivum dalam mempercepat keluarnya urin atau plasenta. Daunnya, bila direbus dan ditambah madu, bisa digunakan untuk obat cacing, reumatik, tenggorokan, obat kumur, dan angina. Bila nafas berbau ( halitosis ), rebusan daunnya juga bisa digunakan.

Selain itu, banyak juga orang yang menggunakannya untuk obat kuat, perangsang, dan diuretik. Minyaknya bisa untuk salep dan minyak rambut. Bagian kuncup bunganya juga kerap dimanfaatkan untuk obat penyakit raja singa ( gonore urethritis ) bila direbus dengan kelapa muda. Sedangakan, untuk bijinya yang dicampur dengan jahe, dapat diakai sebagai obat demam pada anak-anak. Untuk menyapih anak dari ASI, biji kantil dihaluskan dan diletakkan di dada.

Ramuan dan Penyakit yang Bisa Disembuhkan

Mengatasi Bau Badan
Khasiat bunga cempaka untuk mengatasi masalah bau badan dan ketiak, caranya ambil bunga cempaka putih, daun sirih masing-masing secukupnya direbus dengan air secukupnya lalu airnya digunakan untuk mandi setelah airnya hangat.

Untuk pemakaian luar, bunga direbus dengan airnya dipakai untuk mandi.
Sedangkan pemakaian dalam : 15-30 gram daun atau bunga kering, direbus lalu airnya diminum.

Obat Sinusitis
30 gram bunga cempaka putih kering, 30 gram daun mint/menthol, 15 gram jahe, 2 batang daun bawang putih, direbus dengan 800 cc air hingga tersisa 400 cc air, lalu airnya diminum untuk 2 kali sehari masing-masing 200 cc.

Obat Vertigo
5-7 kuntum bunga cempaka putih kering direbus dengan 500 cc air hingga tersisa 200 cc, kemudian airnya diminum selagi hangat.

Obat Perut Kembung
5 kuntum bunga cempaka putih, 5 gram kulit jeruk keprok atau jeruk mandarin kering, 3 butir kapulaga, 15 gram jahe direbus dengan 700 cc air hingga tersisa 300 cc, kemudian disaring dan diminum selagi hangat.

Obat Keputihan
30 gram bunga cempaka putih kering, 60 gram jail ( direndam dahulu hingga lembut ), 15 gram kulit delima kering direbus dengan air secukupnya dan air rebusannya diminum selagi hangat sedangkan jalinya dimakan.

Obat Radang Saluran Pernapasan
15 gram daun cempaka putih, 15 gram pahap ( umbi bunga lili ), 5 gram kulit jeruk mandarin kering direbus dengan 500 cc air hingga tersisa 200 cc lalu airnya diminum selagi hangat; atau 15 gram bunga cempaka putih kering ditambahkan air secukupnya lalu direbus, kemudian airnya ditambahkan madu secukupnya dan diminum selagi hangat.
Lakukan secara teratur.

Obat Sesak Napas
15 gram bunga cempaka putih kering direbus dengan 500 cc air hingga tersisa 300 cc, lalu airnya diminum selagi hangat.

Obat Pembesaran Prostat
30 gram daun cempaka putih kering, 30 gram daun kumis kucing segar, dan 30 gram daun sendok segar direbus dengan air 700 cc hingga tersisa 300 cc, lalu airnya diminum selagi hangat.

Obat Batuk Rejan, dan Batuk Berdahak
5-7 kuntum bunga cempaka putih, 10 gram jahe, 10 gram kulit jeruk mandarin kering direbus dengan 600 cc air hingga trsisa 300 cc, tambahkan madu secukupnya dan diminum.
Lakukan dua hari sekali masing-masing 150 cc. atau,
Sediakan 1 genggam daun cempaka kuning segar, 1 jari rimpang kunyit dan air secukupnya. Lalu pipiskan bahan-bahan tersebut dan minum air ramuannya 1 kali sehari sekitar ¼ cangkir.
Minum ramuan ini selama 14 hari.


No comments