Kejar Mimpi Wujudkan Pemuda Indonesia Berkarakter


Kemarin ceritanya aku buka-buka sosmedku, mumpung punya waktu senggang lihat info di sosmed dulu kita biar update. Anak muda ini harus terus update. Oh iya, pas buka-buka sosmed entah bagaimana ceritanya akhirnya mampir ke page Kejar Mimpi. Apaan tuh kejar mimpi? Mimpi siapa memangnya? Penasaran dong akunya, aku yang kepo akhirnya scroll tuh page ampe postingan yang lama-lama, ternyata pagenya menarik.


Pagenya menarik karena selain berisi informasi kegiatan program Kejar Mimpi, ada juga quote dan gambar menarik yang Kejar Mimpi bagikan untuk teman-teman di sosmed. Aku suka lihatnya. Duh gitu ya yang namanya informasi zaman now, kalau kita ga cari ya bisa saja kita ketinggalan informasi, kayak aku yang baru tahu tentang Kejar Mimpi ini.



Ngomong-ngomong, apaan sih kejar mimpi?

Mungkin ada yang sama kudetnya kayak aku hehheee…jadi kita bahas dulu apa itu Kejar Mimpi. Kejar Mimpi adalah sebuah gerakan sosial yang diinisiasi oleh CIMB Niaga. Gerakan sosial ini  bertujuan untuk mengumpulkan mimpi-mimpi masyarakat Indonesia dan membuatnya menjadi nyata. Beh, keren kan?

Memang gitu tuh yang betul, kalau punya mimpi alias cita-cita yang baik maka harus dijadikan nyata. Sayang kalau cita-cita baik dipendam terus, nanti bisa jadi penyakit. Lagian kalau jadi nyata siapa tahu bisa membawa dampak baik untuk banyak orang kan ya.

FYI, ternyata Kejar Mimpi punya 4 pilar kegiatan, yaitu pendidikan, lingkungan, pembangunan ekonomi sosial, dan filantropi. Kegiatannya yaitu: 

  1. #KejarMimpi Leaders Camp yang berfokus pada peningkatan soft skill dane menghadirkan pembicara-pembicara inspiratif
  2. #KejarMimpi Volunteering yang didalamnya terdapat kegiatan mengajar, storytelling, penanaman pohon, membersihkan sampah, mengecat sekolah.
  3. Konser #KejarMimpi Untuk Indonesia yang di tahun 2018 kemarin menghadirkan NOAH dan Maudy Ayunda
  4. Program Sejuta Buku yang berfokus kepada donasi dan distribusi ke sekolah-sekolah atau institusi pendidikan
  5. #KejarMimpi Beasiswa yang tahun 2018 kemarin diberikan untuk 70 mahasiswa di seluruh Indonesia
  6. Kolaborasi kegiatan bersama dengan komunitas di berbagai daerah. 

Kegiatan di atas menurutku bagus banget untuk pembentukan karakteristik para pemuda Indonesia. Pemuda Indonesia berkarakter bukan hanya mimpi kalau kegiatan-kegiatan seperti itu dilaksanakan terus menerus dan menyeluruh. Karena pembentukan karakteristik memerlukan banyak praktek, bukan hanya meteri di sekolah    

Contohnya kegiatan sebuah kelompok musik di kepulauan Raja Ampat. Mereka datang ke sana untuk rekaman album dan mengedukasi anak-anak sekitar pulau. Anak-anak di sekitar pulau diajarkan teknik pengambilan foto,  pengambilan film dan teknologi lainnya. Saat memberikan edukasi dan informasi secara tidak langsung para pemuda tersebut telah memberikan mimpi pada anak-anak. Harapannya anak-anak akan mulai berpikir tentang dunia luar yang ternyata luas, sangat menarik untuk dipelajari dan dijelajahi. Semua ini sangat baik untuk kelompok musik yang memberikan edukasi dan baik juga untuk anak-anak yang diedukasi, keduanya sama-sama bahagia. Hal ini bagian dari pembentukan karakter yang baik, berbagi ilmu penegtahuan dan informasi.

Akunya kok ikutan bahagia dengan adanya kegiatan Kejar Mimpi ini, senyum-senyum sendiri pas lihat berita-berita kegiatan mereka di sosmed. Ya…walaupun agak sedih sih pas lihat Kejar Mimpi ini baru ada di beberapa kota besar di Indonesia. Tapi jadi bahagia lagi saat mendengar kabar kalau Kejar Mimpi akan menjalar ke daerah lain juga. Aku harap tempat tinggalku di Bengkulu juga kebagian program kece ini. Aku juga mau ikutan kegiatannya :D


#KejarMimpi goes to TK-SD Yayasan Beribu, Bandung (Photo & Credit: CIMB Niaga & Kejar Mimpi)


Mana nih suaranya para pemuda Indonesia? Kita ikutan gerakan sosial yang kece ini yuk yuk yuk.. selagi menuggu kegiatan masuk ke semua daerah bagus tuh kayaknya kalau kita gabung di grup atau follow sosmed Kejar Mimpi, banyak informasi menarik di sana. Bagi yang tertarik bisa berkunjung ke alamat berikut nih:

Kalau nanti sudah gabung kabarin aku ya, sharing-sharing kita.


15 comments

  1. Keren program-programnya.. Semoga sukses kejar mimpi nya..

    ReplyDelete
  2. Wah keren itu yang pas ngajarin anak-anak di raja ampat broadcast. Disana mungkin lebih berguna skill itu

    ReplyDelete
  3. Wah aku sama kudetnya dong sama mbak Zefy, baru tau tentang Kejar Mimpi. Hehehe. Kemarin-kemarin cuma pernah denger aja tapi belum sempat cari tau.
    Semoga ke depannya semakin banyak daerah yang bisa dijangkau oleh Kejar Mimpi ini yaa :)

    ReplyDelete
  4. Sangat bermanfaat sekali programnya khususnya untuk edukasi, karena semua anak-anak indonesia berhak mendapat pendidikan yang layak, termasuk teknologi :)

    Senang sekali adik-adik di sana mendapat ilmu dan pengetahuan baru, yang menjadi cikal bakal terbentuknya mimpi-mimpi lainnya :D

    ReplyDelete
  5. program dari Kejar Mimpi keren keren banget yaa dan semuanya berfaedah. Aku sempat tahu sedikit infonya beberapa waktu lalu. Nanti aku mau kepoin lebih dalam lagi di sosmednya ah. Pengen juga deh ikut terlibat di kegiatan kegiatannya

    ReplyDelete
  6. Keren! Aku suka nih dengan komunitas atau aktivitas kayak gini. Kejar mimpi, karena mimpi itu gratis dan semua orang berhak menngejarnya

    ReplyDelete
  7. ayo buat banyak gerakan yang membuat semua orang berdaya dan melakukan kebaikan serta menularkannya kepada orang lain. suka iri dengan negara berkembang yang menjadikan ini sebagai budaya. jadi sudah terdidik sejak kecil

    ReplyDelete
  8. Eh beneran ya ternyata Maudy Ayunda dilibatkan hehe. Soalnya aku taunya yang populerin Kejar Mimpi (eh apa namanya mirip ya_ itu kak Maudy :D
    Suka banget ada kempen2 kyk gini ya mbak, solanya bikin generasi muda Indonesia termotivasi berkarya :D

    ReplyDelete
  9. Sumpah demi apapun kak pengin banget ikutan program kejar mimpi ini! Selalu amazed kalo kumpul dengan sama2 yang sefrekuensi dan ngebicarain mimpi, kejarmimpi ini gerakan sosial yg tepat buat mewadahi. Ah :3

    ReplyDelete
  10. Semoga program kejar mimpi ini bisa berlangsung terus dan bisa menjangkau ke seluruh pelosok daerah di Indonesia. Agar semakin banyak pemuda Indonesia yang bisa mewujudkan mimpinya

    ReplyDelete
  11. wah program kejar mimpi ini keren deh, selain ada beasiswa ada program voluntering segala, sampai dibikinin konser musik juga ya

    ReplyDelete
  12. program nya bermanfaat sekali. semoga Bengkulu juga ada program mimpi ya mbak.. mau ikutan juga kalo ada.

    ReplyDelete
  13. Wah. Keren ni program kejar mimpi .

    ReplyDelete
  14. Bagus ini buat pendidikan karakter pemuda. Buat emak muda masih boleh ikut gak sih?

    ReplyDelete