2 Cara yang Bisa Kamu Terapkan Untuk meningkatkan Skill Bahasa Inggrismu

belajar bahasa inggris


Manusia merupakan makhluk sosial yang tidak dapat hidup sendiri serta membutuhkan orang lain dalam menjalani kehidupannya. Karena itu, maka kita harus berkomunikasi dengan orang lain untuk menyampaikan maksud dan membuat orang lain paham. Proses hubungan sosial ini terus berjalan dan memudahkan kehidupan manusia dengan komunikasi sebagai jembatannya.


Diperlukan bahasa yang dipahami satu sama lain agar proses komunikasi dapat berjalan lancar. Bahasa yang sama tentu akan lebih memudahkan dan sayangnya, bahasa seringkali menjadi pengganjal seseorang untuk berkomunikasi dengan orang-orang di dunia. Salah satu solusinya,  kamu bisa menggunakan bahasa Inggris yang merupakan bahasa internasional dan digunakan pada hampir seluruh negara di dunia. Tapi, karena bahasa Inggris bukanlah bahasa utama, maka diperlukan proses belajar terlebih dahulu supaya bisa memahaminya dan menggunakannya untuk berkomunikasi dengan orang-orang di berbagai belahan dunia. Proses belajar seringkali jadi penghalang karena dirasa sulit dan membutuhkan waktu lama. 

Tapi, kamu tidak perlu khawatir karena ada cara menyenangkan untuk belajar bahasa Inggris profesional yakni melalui dua kegiatan sebagai berikut :

Film
Film yang kamu saksikan dapat menjadi salah satu cara untuk meningkatkan kemampuan berbahasa Inggris. Menonton film merupakan kegiatan yang sangat seru karena akan membawa kamu ke jalan cerita yang menarik. Menonton film bisa menjadi sarana hiburan sekaligus edukasi untuk meningkatkan kemampuan bahasa Inggrismu. Caranya, kamu bisa menonton film berbahasa Inggris dan menggunakan subtitle bahasa Inggris. Cari tahu artinya dan pelajari berbagai kata yang baru kamu temukan. Dengan demikian, kamu bisa belajar bahasa Inggris dengan cara yang lebih menyenangkan.

Mendengarkan podcast
Cara lain yang bisa kamu gunakan untuk belajar bahasa Inggris dengan cara yang menyenangkan yaitu dengan mendengarkan podcast. Podcast atau rekaman berisi suara orang yang menyampaikan sesuatu. Kamu bisa mengasah kemampuan bahasa Inggrismu dengan mendengarkan podcast berbahasa Inggris dan mencari tahu artinya. 

Kalau cara ini terlalu sulit, kamu bisa mencoba alternatif lain seperti belajar di tempatles bahasa Inggris Jakarta misalnya.


16 comments

  1. aku tim film mba hehehe meski harus ada subtitlenya kalau suami ga pake subtitle asalkan pake headphone doi bisa ngerti wkwkwk

    ReplyDelete
  2. Aku suka nonton film tapi teteup kebantu sama subtitle nyaatau dengerin musik inggris gitu mbak, kalau ada temen yang ngajak ngomong bahasa inggris iiya suka aja hheee

    ReplyDelete
  3. Kalau aku dulu belajar bahasa inggrisnya dari nerjemahin lagu,

    ALYWAYS-nya Bon Jovi lagu pertama yg kuterjemahin dengan susah payah kata per kata.

    Terus sama dr main game. Kalau dr film, kadang susah karena:

    1. Dialeknya yg beda
    2. Speednya luar biasa
    3. Bahasanya kebanyakan bahasan slang.

    ReplyDelete
  4. Kalau aku biasanya selain dengerin musik juga nonton film tapi kelemahanku pasti di grammar jadi kadang suka belajar sambil chatting hehehe

    ReplyDelete
  5. Kalo aku sejauh ini baru lewat film, musik, sama chat with strangers wkwkwkwk kalau podcast belum pernah dengar yang berbahasa Inggris. Mungkin lain kali boleh juga dicoba.

    ReplyDelete
  6. Pengen deh bisa lancar cas cia cus bahasa Inggris, dulu rajin nonton film tanpa substitle biar sekalian belajar, eh terus nggak sabar karena nggak ngerti, sekarang malah banyak nonton drama korea, makin jauh deh impian bisa lancar ngomong bahasa Inggrisnya

    ReplyDelete
  7. Saya waktu ikutan kursus Bahasa Inggris, di tempat lesnya diajarkan banyak mendengarkan lagu. Dulu teachernya suka dengan lagu-lagu The Beatles, karena pengucapan kata-kata-nya cukup jelas. Jadi lebih mudah untuk diterjemahkan.

    ReplyDelete
  8. Praktek juga penting. Apalagi buat conversation

    ReplyDelete
  9. Praktek juga penting. Apalagi buat conversation

    ReplyDelete
  10. Eny harus lebih rutin lagi belajar bahasa Inggris jadi PR banget hhe.. asik dong sambil nonton film...

    Enychan

    ReplyDelete
  11. Blogger Eksis mau kasi tips tambahan.

    Kalo aku untuk meningkatkan skill Bahasa Inggris dengan berteman sama orang asing yang memiliki interest kita di media sosial. Alhamdulillah, ada be2rapa pembaca blog aku dari luar dan pas kita berteman di medsos jadi terjalin conversation deh.

    Cuma kadang aku masih ga2p kalo mereka ajak video call 😃

    ReplyDelete
  12. Punya rekomen gak podcast apa yang bisa kita dengerin, dunludnya di mana aja gtu mbak?
    Kalau sepupuku dulu jg milih belajar pakai musik, sejak kecil, skrg bahasa Inggrisnya jago :D

    ReplyDelete
  13. Sedih deeh...
    Dari kecil belajar bahasa Inggris, tapi gak lancar-lancar juga.
    Harusnya di Indonesia ini dipaksa menggunakan bilingual gitu yaa..biar pada bisa ngomong bahasa Inggris lansyaarr...

    ReplyDelete
  14. Ada lagi.. nyanyi karaoke lagu bahasa inggris yang kita ga hafal lirik tp tau gmana nyanyinya hehe..

    ReplyDelete
  15. Dari kecil sampai sekarang aku melatih bahasa inggris dari nonton sih. Lagu juga, tapi ga terlalu. Buku juga, tapi udah beberapa tahun absen baca buku bahasa inggris. Rencananya tahun ini harus mulai lagi membiasakan baca bahasa Inggris.
    Tapi yang paling susah nih ngebiasain komunukasi dalam bahasa inggris lagi.

    ReplyDelete
  16. bahasa ini sangat penting dadn harus dikuasai... :)

    ReplyDelete