Paprika yang Enak dan Kaya Manfaat


Hai guys, kali ini kita bakal bahas salah satu bahan makanan atau bisa disebut sayuran yang mulai banyak dikenal oleh masyarakat Indonesia, yaitu Paprika. Paprika atau dalam bahasa inggris disebut dengan Bell Pepper / Sweet Pepper / Pepper merupakan salah satu bahan makanan yang memiliki berbagai warna yang variatif dari sebatang pohonnya, warna hijau, kuning, orange, hingga merah.


Sebetulnya guys, kalau kamu pernah nonton acara masak atau show luar negeri, terutama barat sana, mereka tidak ada yang menyebut buah yang sekilas mirip campuran antara cabe dan tomat ini dengan sebutan "Paprika" lho, yang ada malahan kebanyakan disebut "Bell Pepper", yang "Paprika" itu digunakan pada olahan Bell Pepper yang berbentuk bubuk, kayak cabe bubuk gitu lho, yang jadi favorit biasanya Paprika Asap atau Smoked Paprika. Terlepas dari itu semua sih, kami ikut mayoritas lokal saja, dengan sebutan Buah Paprika, hehehe.

Nah, sedikit pengetahuan untuk kita nih guys, ternyata beda paprika gak hanya terdapat di warnanya seperti yang sudah aku sebutin di atas lho, melainkan dari segi taste dan tingkatan nurtisinya juga. Munculnya warna merupakan indikasi dari proses pematangan yang berbeda guys, warna paprika yang hijau menandakan paprika tersebut dipetik sebelum matang sempurna alias masih muda. Nah, proses pematangan setelah hijau ini adalah warna kuning, atau kebanyakan disebut kuning terang atau kuning es mambo. Kemudian warna paprika menjadi oranye, lalu pada puncak proses matang yang sempurna warana buah paprika akan berwarna merah. Pada dasarnya buah paprika mengandung vitamin C, vitamin A, vitamin E, vitamin K, vitamin B6, kandungan Karotenoid (sebagai antioksidan) serta Asam Folat.

Nah, disini kita harus benar-benar mempertimbangkan mau pilih paprika yang mana guys, saat paprika dipetik saat masih muda alias hijau, taste paprika tersebut terasa kurang manis, cenderung terasa sedikit pahit dan tentu saja mengandung kandungan nutrisi yang jauh lebih sedikit dibandingkan paprika yang berwarna lain. Paprika berwarna kuning dan oranye juga memiliki urutan rasa manis dan kandungan nutrisi yang bisa kita lihat sesuai dari urutan warnanya. Simplenya sih, semakin paprika tersebut mengarah ke warna merah, maka paprika taste dan kandungan nutrisinya akan semakin kaya.


Karena itu guys, pastikan kamu memilih warna paprika yang sesuai atau cocok dengan resep atau planning kombinasi rasa seperti apa yang akan kamu ciptakan pada masakan kamu. Untung dapet rasa sedikit pahit dan tampilan yang greeny, bolehlah pilih paprika hijau, untuk taste yang lebih netral dan tampilan yang juga lebih cerah, bolehlah pilih paprika kuning atau oranye, untuk dapet taste manis terbaik, dan tampilan yang wah dan dominan, bolehlah pilih paprika merah, tentu saja, kandungan nutrisi akhirnya juga akan berbeda lho. Kalau memang kamu gak begitu menuntut variasi, sebaiknya pilih paprika warna merah, yang punya rasa dan nutrisi yang maksimal.

pict by : www.pixabay.com
Next, ayuk kita lihat manfaat dari buah paprika ini, sebenarnya manfaatnya ada banyak, tapi kali ini kita lihat yang general aja;

Menjaga Metabolisme Tubuh
Sistem metabolisme tubuh akan semakin berjalan lancar tanpa hambatan karena antioksidan dalam paprika yang membantu memperlancar setiap perjalanan makanan dan minuman yang masuk ke dalam tubuh kamu guys. Kandungan antioksidan dalam paprika juga memiliki manfaat berkhasiat dalam menjaga kesehatan tubuh kamu agar tetap terjaga, selalu fit, bebas dari segala macam gangguan penyakit yang mungkin menyerang di saat yang tak terduga.

Mengatasi Kanker
Paprika juga membantu tubuh kamu agar terhindar dari kanker hingga mengatasi kanker lho. Dalam paprika mengandung senyawa anti kanker yang berperan aktif dalam tubuh kamu. Kandungan belerang, karotenoid dan enzim dalam paprika memiliki manfaat penting sebagai komponen anti-kanker.

Membantu Mengatasi Katarak
Semakin berumur, maka kesehatan mata menjadi salah satu prioritas utama bagi setiap orang, kalau sudah kena katarak, bisa panjang urusannya. Meskipun katarak umumnya diderita oleh orang yang sudah lanjut usia, gak ada salahnya untuk mulai mengkonsumsi paprika sedari dini agar kesehatan mata kita tetap terjaga dan terhindar dari katarak.

Membantu Mengatasi Penyakit Jantung

Paprika terbukti memiliki manfaat ampuh untuk menangkal penyakit jantung yang sering datang kembali. Apabila kamu termasuk orang yang rentan terhadap tekanan darah tinggi dan gangguan jantung, konsumsilah paprika secara rutin. Peran sumber gabungan mikronutrien dalam paprika membuat orang yang telah mengalami masalah jantung dapat segera disembuhkan secara bertahap.

pict by : www.pixabay.com

Next, beberapa point tambahan, perlu kita tanamkan dalam diri kita, bahwa konsumsi sayuran seperti paprika tidak akan ada ruginya, memang untuk proses terapi akan lebih slow, namun hasilnya akan lebih bagus dan maksimal, karena kita terapi pakai bahan alami.

Selain itu, point penting lainnya adalah, "do not overcook it". Iyap, memasak sayuran kelamaan justru bisa merusak nutrisinya, maka tetap pertahankan warna asli sayurannya, jangan sampai terlalu layu. Untuk menu tumisan atau salad, pertahanankan tekstur "chruncy"nya. 

6 comments

  1. Banyak sekali manfaat nya ya ze, cuma sayangnya tidak pamiliar di keluarga menjadi sayuran atau makanan sehari-hari apa lagi pola konsumsi kita biasanya makanan masak sementara jenis sayuran, buah seperti ini sangat baik di makan segar misalnya di buat salad dan lain-lain

    ReplyDelete
    Replies
    1. iyup, sayang maish kurang familiar karena mahal deh kayaknya

      Delete
  2. aku belum pernah mbak nyobain paprika. lagian memang jarang jg sih di Bengkulu yg jual paprika... mungkin karena sdikit peminatnya, atau juga harga nya mahal

    ReplyDelete
  3. banyak jg ya manfaatnya. tp aku kurang gt suka

    ReplyDelete
  4. Banyak skli mamfaatny ya mabk. .Dan aku sndiri jarang meenmkan paprika dalam masakan.

    ReplyDelete
  5. Jadi pengen segera mengolah paprika nich mbak. .

    ReplyDelete