Kenalan Sama Berbagai Jenis Pasta


Sudah pada tahu dengan pasta kan ya? Makanan berbahan dasar gandum ie ini bisa dibilang sudah ada hampir di seluruh Indonesia bahkan di seluruh dunia.

Jadi apa itu pasta?

Ehem, baiklah. jadi pasta itu adalah makanan olahan teman-teman kita di Italia, pasta terbuat dari campuran terigu, air, telur, dan garam yang kemudian dibentuk sesuai keinginan, seperti kita ketahui kalau pasta sekarang bentuknya sangat beragam.

Sebagai informasi tambahan, bahwa pasta itu dibuat dari terigu semolina. Terigu semolina adalah hasil gilingan biji gandum durum yang dicampur telur sehingga sedikit berwarna kuning cerah, bila dimasak dengan benar akan menghasilkan tekstur sedikit kenyal. Nah, pasta buatan Amerika biasanya sering kali dibuat dengan mencampur tepung terigu farina dan semolina, hal ini membuat pasta ala Amerika memiliki tekstur lebih lembut untuk dijadikan hidangan seperti kaserol.

Di mana bisa mendapatkan pasta?

Gampang, pasta sekarang ada dimana-mana. Pasta dalam keadaan kering bisa kita temui di pusat-pusat perbelanjaan.

Oh iya, pasta bisa dijadikan bahan masakan beragam jenis hidangan lho. Sebenarnya nih ya ada banyak sekali jenis pasta. Tapi ada 20 pasta yang paling populer dan paling banyak disukai baik di Italia maupun di Indonesia. Berikut ini 20 jenis-jenis pasta terpopuler beserta penampakannya.

1. Spaghetti

Spageti adalah mie Italia yang berbentuk panjang seperti lidi, namun diameternya cukup tebal. Jenis pasta ini merupakan pasta favorit orang Amerika karena sangat cocok disajikan dengan saus apa saja termasuk tomato sauce atau white sauce.

Umumnya di masak 9-12 menit di dalam air mendidih al dente yang artinya tidak lengket di gigi, tidak terlalu mentah, ataupun terlalu matang. Cara memakannya bervariasi tetapi yang sangat terkenal adalah spageti ala bolognese yaitu dengan saus daging cincang lalu ditaburi keju parmesan parut.

Hampir setiap orang mengira bahwa spageti adalah mi yang dibawa pulang oleh Marco Polo dari perjalanannya ke Tiongkok. Tetapi setelah diselidiki, sejak zaman dahulu Bangsa Romawi yang menang dari medan perang selalu menyantap spageti.

Spageti merupakan salah satu jenis pasta tertua yang telah dikenal oleh bangsa Italia sejak zaman manusia bercocok tanam, kira-kira 10.000 tahun yang lalu. Tepung diolah dengan sedikit air dan telur menjadi sebuah adonan yang disebut pasta. Lalu digiling tipis menjadi lembaran, yang merupakan induk pasta yang kita kenal sebagai Lasagna. Kemudian baru berkembang jenis-jenis pasta lainnya seperti fusili, penne, tagliatelle dan lain sebagainya.

2. Elbow Macaroni


Makaroni adalah pasta kering yang dibuat dengan gandum durum. Makaroni bisa berbentuk lurus atau melengkung, dan sering disebut dengan siku macaroni. Siku makaroni lebih umum di Amerika Serikat dan Kanada, sementara makaroni Inggris cenderung lurus. Makaroni yang berbentuk huruf inilah “C” yang disebut dengan elbow makaroni.

3. Fusilli


Fusilli merupakan salah satu pasta yang bentuknya spiral. Fusilli biasanya diolah dengan saus krim dan kacang polong. Fusilli sendiri dapat dihidangkan dengan bahan lainnya seperti daging ayam, daging sapi, sayur-sayuran, dan sebagainya.

Fusilli biasanya terbuat dari tepung terigu. Namun warna lainnya juga dapat dibuat dengan mencampurkan bahan lain dalam adonan, yang juga mempengaruhi rasa, misalnya, beetroot untuk merah, bayam untuk hijau, dan tinta ikan sotong untuk hitam. Fusilli sering keliru diartikan dengan pasta pendek, tipis, dan memutar yang dikenal sebagai rotini.

4. Ravioli

Ravioli adalah jenis masakan tradisional Italia yang diisi pangsit. Caranya, mengisi antara dua lapisan tipis adonan pasta dan disajikan baik dalam kaldu atau dengan saus pasta.
Ravioli umumnya persegi, tetapi ada juga bentuk lingkaran atau setengah lingkaran (mezzelune). Pasta ini mirip dengan jenis pasta lainnya yang berbentuk cincin yaitu tortellini dan yang ukurannya lebih besar lagi disebut tortelloni.

Di Roma ravioli diisi dengan keju ricotta, bayam, pala dan lada hitam. Di Sardinia, ravioli diisi dengan ricotta dan parutan kulit lemon. Ravioli modern juga diproduksi secara massal dengan mesin.

5. Acini Di Pepe


Acini di pepe atau bisa disebut grains or pepper karena memang bentuknya seperti butiran-butiran lada. Acini di pepe dapat digunakan untuk membuat sup atau salad yang dingin. Mereka juga kadang disebut sebagai pastina (adonan kecil). Namun, beberapa pembuat pasta membedakan pastina itu lebih kecil dari acini di pepe . Acini di pepe sering digunakan untuk masakan sup dalam acara pesta pernikahan.

6. Alphabet Pasta


Alphabet pasta juga disebut sebagai Alfabeto , yaitu pasta yang telah dicetak ke dalam cetakan huruf alfabet. Pasta ini sering disajikan dalam sup alfabet, dijual dalam kaleng kaldu kental . Variasi lainnya, seperti alphaghetti, yaitu terdiri dari pasta yang berbentuk sebuah tulisan disajikan dengan saus marinara atau spaghetti. Pasta ini sangat digemari oleh anak-anak karena bentuknya yang lucu dan menarik.

7. Anelli


Anelli juga dikenal sebagai anelletti. Bentuknya yang kecil, tipis seperti cincin. Anelli biasanya digunakan untuk sup dan pasta salad. Ada juga jenis yang lebih kecil dari anelli yaitu anellini yang mana ukurannya sekitar seperempat dari ukuran anelli.

8. Angel Hair


Angel hari memiliki bentuknya yang panjang, dan tipis. Hampir menyerupai spaghetti tapi ia jauh lebih tipis. Sesuai dengan namanya, ketipisannya menyerupai ramput. Angel hair biasanya dimasak dengan sayur-sayuran, saus tradisional ala Italia dan campuran daging. Kebanyakan orang-orang lebih menyukai angel hair ini dibandingkan spaghetti.

9. Bucatini


Bucatini juga dikenal sebagai perciatelli, yaitu pasta seperti spaghetti tapi lebih tebal dan terdapat lubang kecil di tengahnya. Oleh sebab itu orang-orang menyebutnya bucatini yang diambil dari bahasa Italia “buco” yang artinya lubang. Sementara “bucato” yang berarti menusuk.

Bucatini sangat populer di Lazio khususnya di Roma. Pasta yang terbuat dari bahan dasar tepung ini memiliki panjang 25-30 cm (10-12 inch) dengan diameter 3 mm (1/8 inch). Untuk memasaknya diperlukan waktu 9 menit. Dalam masakan Italia biasanya disajikan dengan saus mentega, syuran, keju, telur, dan ikan asin atau sarden.

10. Campanelle


Campanelle adalah jenis pasta yang berbentuk kerucut dengan tepi yang acak-acakan, seperti bunga berbentuk lonceng. Campanelle dapat disandingkan dengan sayuran, dan saus dasar apapun. Dan juga dapat disajikan dalam pasta salad yang dingin.

11. Cappelletti


Cappelletti merupakan pasta yang berbentuk seperti topi. Polanya yang melipat dan memutar seakan membentuk sebuah topi kecil. Oleh karena itu pasta ini kadang disebut sebagai topi alpine.

12. Casarecce


Casarecce merupakan pasta yang berbentuk seperti tabung yang sangat sempit, pola di tengahnya membelah seperti garis. Pasta ini sangat nikmat ketika disajikan dengan saus, keju dan beberapa potongan daging.

2 comments

  1. Wah mantaap .. 12 jenis pasta langsung dikenalkan semua dalam 1 artikel.
    Terimakasih infonya, kak.

    Sebetulnya kalau diamati bahan dan bentuknya, Ravioli itu nyaris ada kemiripan dengan pangsit dari kuliner Chinnesse food ya yang biasa disajikan kudapan pelengkap mie ayam ...
    Apa mungkin memang Ravioli diadaptasi dari China kali ya ?

    ReplyDelete