Theme Layout

Boxed or Wide or Framed

Theme Translation

Display Featured Slider

yes

Featured Slider Styles

[Boxedwidth]

Display Trending Posts

yes

Display Instagram Footer

No

Dark or Light Style

Cara Merawat Tanaman Kaktus Kamu



Tanaman padang pasir nan cantik, yup kaktus. Kaktus menurutku cantik saat dijadikan tanaman pekarangan. Aku ingat dulu di dekat SD ku di Kabupaten Kepahiang ada yang menanam kaktus di depan rumahnya. Ternyata cantik lho penampakannya, pernah aku lihat si kaktus berbunga dan akhirnya berbuah. Buahnya kalau tak salah berwarna merah. Oh iya, slain sebagai tanaman hias di pekarangan, kaktus bisa jaditanaman hias dalam rumah lho. Bedanya kaktus rumahan biasanya berukuran mini dan ditanaman dalam pot yang kecil.

Agar kaktus bisa berusia panjang, ada baiknya bila kamu melakukan cara merawat kaktus yang tepat. Permasalahannya adalah cara merawat kaktus dalam ruangan berbeda dengan luar ruangan. Kali ini, aku ingin membagikan cara merawat kaktus dalam rumah yang bisa kamu terapkan. 

1. Pastikan Kaktus Mendapatkan Penyinaran Yang Cukup


Jika cara merawat kaktus luar ruangan adalah dengan paparan sinar matahari langsung sepanjang hari, lain halnya dengan kaktus dalam ruangan. Bawa kaktus keluar untuk mendapatkan sinar matahari yang tidak langsung mengenainya. Apabila kamu taruh di bawah sinar matahari langsung, kaktusmu akan terbakar. Ia sudah terbiasa dengan habitat indoor yang membuat jaringannya menjadi tidak kuat.

Cara merawat kaktus lainnya adalah kamu bisa menaruh kaktus di dekat jendela yang di atasnya terdapat kanopi atau di dekat jendela. Lakukan cara merawat kaktus ini selama minimal empat jam tiap hari. Selain itu, pastikan juga bahwa kaktus mendapatkan cahaya tambahan dari lampu rumahmu, khususnya bila rumah tidak punya jendela yang banyak. Lakukan cara merawat kaktus ini secara rutin.

2. Jangan Siram Kaktus Dengan Air Terlalu Sering

Kaktus memang menyimpan persediaan air dalam batangnya. Akan tetapi, bukan berarti kamu harus melakukan cara merawat kaktus dengan diberi air terus menerus. Pemberian air yang terlalu banyak justru membuat kaktus makin cepat menemui ajalnya. Akar kaktus bersistem sederhana, berjumlah sedikit, dan pendek sehingga membuatnya tidak bisa menyerap kelembapan yang berlebih.

Dengan keadaan seperti ini, cobalah untuk menerapkan cara merawat kaktus dengan menyiramnya dalam periode dua hingga tiga minggu sekali menggunakan penyiram tanaman yang di dalamnya terdapat air hangat. Cara merawat kaktus dengan penyiraman ini harus kamu lakukan di pagi hari karena akar kaktus dalam kondisi bisa menyerap kelembapan berintensitas banyak dengan memanfaatkan energi sang surya. Air hangat dipilih sebagai media penyiraman agar kaktus tidak kaget.

3. Letakkan Kaktus Di Ruangan Bersuhu Sejuk Dan Teduh

Bukan suatu rahasia bahwa habitat asli kaktus adalah di lingkungan kering. Bila kaktus dirawat di ruangan tertutup yang lembap, kaktus tidak bisa berkembang dengan baik. Untuk mengatasinya, letakkan kaktus di tempat yang sejuk, teduh, dan tidak lembap. Sebagai contoh dari cara merawat kaktus ini, kamu bisa menaruhnya di teras, kabinet dekat jendela rumah, atau green house.

4. Gunakan Komposisi Media Tanam Yang Tepat


Tidak hanya penyiraman dan penyinaran, cara merawat kaktus lainnya adalah dengan menggunakan media tanam yang tepat. Mulailah cara merawat kaktus ini dengan memasukkan beberapa kerikil sebagai dasar dalam pot kaktus guna sistem drainase yang baik. Di atasnya, masukkan media tanam dengan komposisi tanah, pasir kasar, pasir kasar, dan serbuk arang. Serbuk arang digunakan dalam cara merawat kaktus karena ia memiliki struktur media yang berongga dan terbuka sehingga bisa membantu kaktus mempertahankan kesehatannya.

Agar pertumbuhannya makin sehat, coba tambahkan sedikit tepung tulang dan serbuk kapur saat melakukan cara merawat kaktus ini. Dalam tepung tulang terdapat zat fosfor yang berkhasiat untuk memperkuat fisik kaktus dan serbuk kapur untuk mengurangi kadar asam dalam media tanam.

5. Rutin Memberi Pupuk Khusus Kaktus

Kaktus bukan jenis tanaman yang serakah akan pupuk. Karena sifatnya yang satu ini, kamu tidak perlu keluar banyak uang untuk membeli pupuk. Cara merawat kaktus ini perlu kamu lakukan dengan melakukan pemupukkan setahun sekali. Persisnya saat musim hujan datang.

Terapkan cara merawat kaktus dengan pupuk secara hati-hati. Jangan sampai saat melakukan pemupukkan, kamu merusak fisik kaktus. Pilih pupuk yang sesuai, seperti pupuk kompos. kamu bisa membuat kebun vertikal dalam ruangan dengan menggunakan kaktus sebagai tanaman utama. Tambahkan juga sukulen atau tanaman sejenis agar lebih bervariasi.
QuickEdit

You Might Also Like

No comments

Post a comment

[name=Zefy Arlinda] [img=http://res.cloudinary.com/momsodell/image/upload/v1521166151/Zefy.jpg] [description=Hai Saya Zefy, Hobi Makan-makan | Memasak | Jalan-Jalan.] (facebook=https://www.facebook.com/arlindazefy) (twitter=https://twitter.com/zarlinda) (instagram=https://www.instagram.com/zefyarlinda/)