Beragam Manfaat Kol Merah


Sudah pernah makan kol merah belum?

Apa belum? sayang lho, karena kabarnya secangkir irisan mentah Kubis Merah / Kol Merah mengandung 22 kalori dan 1 g protein tanpa lemak, 5 g karbohidrat, 1,5 g serat,  2,5 g gula alami dan mengandung lebih dari 90 persen air.

Banyak kan ya kandungan airnya?

Perlu kita ketahui bersama kalau menurut Harvard School of Public Health, makanan yang mengandung kadar air tinggi itu memiliki tingkat kepadatan energi yang rendah, sehingga merupakan pilihan yang baik untuk menurunkan berat badan. Iyes, yang mau nurunin berat badan cung tangan dulu. Terus kol merah mengandung vitamin dan mineral yang cukup baik. Secangkir kubis merah yang dimasak sudah memenuhi sekitar 85 persen kebutuhan harian vitamin C kita, termasuk memenuhi kebutuhan harian vitamin A kita sebanyak 20%. Vitamin-vitamin tersebut merupakan zat yang bersifat antioksidan, dimana yang bisa membantu mengurangi risiko kanker, diabetes, penyakit mata, tulang keropos, stroke, serangan jantung dan batu ginjal. Mantab nih, denan kandungan banyak seperti itu manfaat kol merah pasti banyak kan ya. Yuk cek apa aja manfaatnya.

Meningkatkan Kekebalan Tubuh

Kol merah mengandung Vitamin E, yang dibilang berguna untuk meningkatkan kekebalan tubuh dengan cara memproduksi antibodi dalam tubuh. Selain itu  juga meningkatkan metabolisme dan membantu memperbaiki DNA. Vitamin E yang dikandung Kol merah termasuk dalam jumlah yang tinggi. 

Anti Penuaan

Seperti yang sudah dijelaskan, kol merah merupakan sumber yang tinggi vitamin C dan Vitamin E. Kombinasi kedua Vitamin ini akan memberikan manfaat terhadap kulit kita untuk menjadi cantik alami dan bercahaya. Sementara itu Vitamin C juga sekaligus bertindak sebagai zat antioksidan, sehingga kulit menjadi segar dan tampak awet muda karena terbebas dari efek radikal bebas yang merusak sel kulit. 

Mencegah Radikal Bebas

Vitamin C adalah zat anti oksidan yang sangat banyak ditemukan dalam kol merah. Senyawa antioksidan bertindak mencegah radikal bebas dalam tubuh yang membahayakan jaringan sel dan bisa menyebabkan kanker. 

Untuk Sehat Mata Dan Kulit Sehat

Kol merah banyak mengandung Vitamin A, yang sangat bermanfaat untuk mempertahankan penglihatan yang sehat. Vitamin ini secara alami juga bertindak sebagai pelembab, sehingga akan menjaga kulit kita tetap  lembut, sehat dan indah. 

Tinggi Vitamin Dan Mineral Namun Rendah Lemak

Kol merah adalah salah satu makanan yang hanya sedikit mengandung lemak, akan tetapi sumber vitamin dan mineral yang sangat baik. Selain itu, kultivar kol ini juga sedikit mengandung kalori. Dengan demikian sangat baik bagi yang sedang dalam diet menjaga atau menurunkan berat badan berlebih. 

Membersihkan Tubuh Dan Membantu Pencernaan

Kol merah mengandung mineral, terutama yang paling tinggi adalah sulfur. Sulfur sangat membantu kesehatan dengan jalan membersihkan perut. Jika dimakan mentah sebagai salad, maka akan membantu mencegah gangguan pencernaan dan sembelit. 


Mencegah Osteoporosis

Kubis merah adalah salah satu makanan yang kaya akan kalsium. Kecukupan kalsium dalam diet harian bisa mencegah osteoporosis yang umum terjadi pada usia tua. 

Mengobati Luka Lambung

Asam amino dan glutamin adalah senyawa yang bisa menyembuhkan luka lambung, yaitu khususnya ulkus peptikum. Kedua senyawa ini hadir dalam konsentrasi yang tinggi dalam kol merah. Untuk keperluan pengobatan luka lambung, kol merah segar bisa dijus dan diminum. 

Mendukung Fungsi Syaraf dan Otak 

Kol merah kaya akan yodium yang membantu meningkatkan fungsi otak, serta membantu berfungsinya sistem saraf dengan baik. Selain itu juga akan membantu berfungsinya kelenjar endokrin. 

Anti Kanker

Kol merah dikatakan mengandung 36 senyawa kimia anti kanker. Anthocyanin adalah antioksidan flavonoid yang bermanfaat untuk melindungi tubuh dari berkembangya sel-sel kanker. Sejumlah flavonoid antosianin yang banyak ditemukan dalam kol merah memiliki efek antioksidan dua kali lipat daripada vitamin C. Sementara itu, sayuran ini juga merupakan sumber yang kaya indoles, bermanfaat untuk mencegah kanker payud*ra dan menghambat perkembangan sel tumor. 

Mengurangi Risiko Alzheimer

Anthocyanin lebih tinggi yang terdapat pada kolmerah daripada kol yang berwarna putih atau hijau. Anthocyanins ini terdapat pada pigmen warna merah pada kol ini, dan membantu mencegah pembentukan plak pada otak yang merupakan penyebab utama penyakit Alzheimer.


Dengan kandungan dan manfaat yang sekece ini yakin belum mau cicip yang namanya kol merah?

18 comments

  1. Ini dijadiin salad enak banget, nih. Favorit kalo ke resepsi nikahan trus di prasmanannya ada ini.

    ReplyDelete
  2. Kol merah ini enak banget jadi salad. Aku ga pernah nolak. Sayangnya di pasar deket rumah aku mah ga ada yang jual, butuh effort belanja ke supermarket khusus.

    ReplyDelete
  3. Aku jarang dapat kol merah. Padahal penasaran banget gimana rasanya.
    Pengen kujadiin sayur lalapan, yang dimakan hangat2 sama tempe penyet dan ayam geprek

    ReplyDelete
  4. Segudang manfaat ya kol merah ini, tapi ditempat Eny susah banget Nemu ini padahal pengen coba juga hiks

    ReplyDelete
  5. Belum pernah ketemu sih disini yang make kol merah, cuma pernah lihat di acara TV doank, dijadiin salad ala-ala western gituu, besok coba deh cari ke pasar, kali aja ada.

    ReplyDelete
  6. iyesss. kata mama dibanding kol putih kol merah lebih banyak manfaatnya tapi menemukan kol merah ini di pasar dan tukang sayur jarang2 banget ya...

    ReplyDelete
  7. Wah justru bagus buat lambung ya? Soalnya kalau kol putih suka bikin aku (sorry) kentut xxixii. AKu jarang nemu kol merah ini di penjual sayur deket rumah, seringnya liat di supermarket besar, ternyata manfaatnya banyak ya TFS

    ReplyDelete
  8. Aku belum pernah makan kol merah. Di sini adanya yg putih Mbak. Penasaran juga padahal rasanya gimana. Tetep bisa dimakan langsung gak sih

    ReplyDelete
  9. Lah, aku baru tau kalo ada kol merah. jadi penasaran mau coba!

    ReplyDelete
  10. Waah ternyata banyak manfaat kol merah ya, selama ini saya nemunya kol putih untuk dikonsumsi, nanti mah belinya kol merah ah

    ReplyDelete
  11. Lalu dari semua keunggulan dan manfaat yang bisa didapat dari kol.merah itu, apakah ada rekomendasi perihal jenis pengolahannya itu seperti apa?

    Apakah direbus, dibikin sop, digoreng, dimakan mentah, atau dijadikan campuran isi pangsit bakwan atau bagaimana mbak?

    Karena saya pun terbiasa mengkonsumsi sayuran taoge dengan direbus, apakah layak jika kol merah pub direbus juga?

    ReplyDelete
    Replies
    1. nha....soal saran penyajian belum tahu pak hehe

      Delete
  12. Lanjutan yg tadi: sering makan kubis merah kalau pesan makanan western yang ada saladnya .Enak sih rasanya seger gitu

    ReplyDelete
  13. Kol merah ini jarang banget ya, aku pernah coba saat beli salad di restoran.
    Di daerah rumah malah gda sama sekali, adanya yg putih aja, ternyata banyak sekali manfaatny y mbak

    ReplyDelete
  14. aku sih doyan kol yaa apalagi kalau dijadiin sup. Tapi, kalo kol merah kayanya belum pernah makan deh. Btw ngomongin tentang kol, waktu itu kenapa yaa sayur kol bisa viral? aku kudet. hahahaha*

    ReplyDelete