Theme Layout

Boxed or Wide or Framed

Theme Translation

Display Featured Slider

yes

Featured Slider Styles

[Boxedwidth]

Display Trending Posts

yes

Display Instagram Footer

No

Dark or Light Style

Beragam Manfaat Kol Merah



Sudah pernah makan kol merah belum?

Apa belum? sayang lho, karena kabarnya secangkir irisan mentah Kubis Merah / Kol Merah mengandung 22 kalori dan 1 g protein tanpa lemak, 5 g karbohidrat, 1,5 g serat,  2,5 g gula alami dan mengandung lebih dari 90 persen air.

Banyak kan ya kandungan airnya?

Perlu kita ketahui bersama kalau menurut Harvard School of Public Health, makanan yang mengandung kadar air tinggi itu memiliki tingkat kepadatan energi yang rendah, sehingga merupakan pilihan yang baik untuk menurunkan berat badan. Iyes, yang mau nurunin berat badan cung tangan dulu. Terus kol merah mengandung vitamin dan mineral yang cukup baik. Secangkir kubis merah yang dimasak sudah memenuhi sekitar 85 persen kebutuhan harian vitamin C kita, termasuk memenuhi kebutuhan harian vitamin A kita sebanyak 20%. Vitamin-vitamin tersebut merupakan zat yang bersifat antioksidan, dimana yang bisa membantu mengurangi risiko kanker, diabetes, penyakit mata, tulang keropos, stroke, serangan jantung dan batu ginjal. Mantab nih, denan kandungan banyak seperti itu manfaat kol merah pasti banyak kan ya. Yuk cek apa aja manfaatnya.

Meningkatkan Kekebalan Tubuh

Kol merah mengandung Vitamin E, yang dibilang berguna untuk meningkatkan kekebalan tubuh dengan cara memproduksi antibodi dalam tubuh. Selain itu  juga meningkatkan metabolisme dan membantu memperbaiki DNA. Vitamin E yang dikandung Kol merah termasuk dalam jumlah yang tinggi. 

Anti Penuaan

Seperti yang sudah dijelaskan, kol merah merupakan sumber yang tinggi vitamin C dan Vitamin E. Kombinasi kedua Vitamin ini akan memberikan manfaat terhadap kulit kita untuk menjadi cantik alami dan bercahaya. Sementara itu Vitamin C juga sekaligus bertindak sebagai zat antioksidan, sehingga kulit menjadi segar dan tampak awet muda karena terbebas dari efek radikal bebas yang merusak sel kulit. 

Mencegah Radikal Bebas

Vitamin C adalah zat anti oksidan yang sangat banyak ditemukan dalam kol merah. Senyawa antioksidan bertindak mencegah radikal bebas dalam tubuh yang membahayakan jaringan sel dan bisa menyebabkan kanker. 

Untuk Sehat Mata Dan Kulit Sehat

Kol merah banyak mengandung Vitamin A, yang sangat bermanfaat untuk mempertahankan penglihatan yang sehat. Vitamin ini secara alami juga bertindak sebagai pelembab, sehingga akan menjaga kulit kita tetap  lembut, sehat dan indah. 

Tinggi Vitamin Dan Mineral Namun Rendah Lemak

Kol merah adalah salah satu makanan yang hanya sedikit mengandung lemak, akan tetapi sumber vitamin dan mineral yang sangat baik. Selain itu, kultivar kol ini juga sedikit mengandung kalori. Dengan demikian sangat baik bagi yang sedang dalam diet menjaga atau menurunkan berat badan berlebih. 

Membersihkan Tubuh Dan Membantu Pencernaan

Kol merah mengandung mineral, terutama yang paling tinggi adalah sulfur. Sulfur sangat membantu kesehatan dengan jalan membersihkan perut. Jika dimakan mentah sebagai salad, maka akan membantu mencegah gangguan pencernaan dan sembelit. 


Mencegah Osteoporosis

Kubis merah adalah salah satu makanan yang kaya akan kalsium. Kecukupan kalsium dalam diet harian bisa mencegah osteoporosis yang umum terjadi pada usia tua. 

Mengobati Luka Lambung

Asam amino dan glutamin adalah senyawa yang bisa menyembuhkan luka lambung, yaitu khususnya ulkus peptikum. Kedua senyawa ini hadir dalam konsentrasi yang tinggi dalam kol merah. Untuk keperluan pengobatan luka lambung, kol merah segar bisa dijus dan diminum. 

Mendukung Fungsi Syaraf dan Otak 

Kol merah kaya akan yodium yang membantu meningkatkan fungsi otak, serta membantu berfungsinya sistem saraf dengan baik. Selain itu juga akan membantu berfungsinya kelenjar endokrin. 

Anti Kanker

Kol merah dikatakan mengandung 36 senyawa kimia anti kanker. Anthocyanin adalah antioksidan flavonoid yang bermanfaat untuk melindungi tubuh dari berkembangya sel-sel kanker. Sejumlah flavonoid antosianin yang banyak ditemukan dalam kol merah memiliki efek antioksidan dua kali lipat daripada vitamin C. Sementara itu, sayuran ini juga merupakan sumber yang kaya indoles, bermanfaat untuk mencegah kanker payud*ra dan menghambat perkembangan sel tumor. 

Mengurangi Risiko Alzheimer

Anthocyanin lebih tinggi yang terdapat pada kolmerah daripada kol yang berwarna putih atau hijau. Anthocyanins ini terdapat pada pigmen warna merah pada kol ini, dan membantu mencegah pembentukan plak pada otak yang merupakan penyebab utama penyakit Alzheimer.


Dengan kandungan dan manfaat yang sekece ini yakin belum mau cicip yang namanya kol merah?
QuickEdit

You Might Also Like

No comments

Post a comment

[name=Zefy Arlinda] [img=http://res.cloudinary.com/momsodell/image/upload/v1521166151/Zefy.jpg] [description=Hai Saya Zefy, Hobi Makan-makan | Memasak | Jalan-Jalan.] (facebook=https://www.facebook.com/arlindazefy) (twitter=https://twitter.com/zarlinda) (instagram=https://www.instagram.com/zefyarlinda/)