Ayo Makan Kembang Kol



Rasanya kita semua sudah kenal dengan kembang kol atau bunga kol. Sayur enak satu ini sudha sering seklai jadi campuran di beragam makanans ehari-hari. Rasanya yang enak dan harga yang terjangkau membuat kembang kol jadi salah satu sayuran favorit keluarga.



Kembang kol atau cauliflower ini adalah tumbuhan yang masuk dalam kelompok botrytis dari jenis Brassica oleracea. Sayuran ini dikenal sebagai kubis bunga yang merupakan terjemahan harafiah dari bahasa Belanda bloemkool. Kata blumbol juga dikenal secara lazim.

Kembang kol bentunya mirip dengan brokoli tetapi berwarna putih. Perbedan lainnya, kubis bunga punya kepala bunga yang banyak dan teratur dengan padat. Hanya "kepala" kembang kol yang lazim dimakan (dalam literatur berbahasa Inggris disebut white curd). Pada dasar kepala tersebut terdapat daun-daun hijau yang tebal dan tersusun rapat. Kubis bunga juga mirip dengan kubis romanesco.

Kembang kol merupakan sumber vitamin dan mineral dan lazimnya dimakan dengan dimasak terlebih dahulu, meskipun dapat pula dimakan mentah maupun dijadikan acar. Menurut Departemen Pertanian Amerika Serikat (USDA), secangkir kembang kol mentah dapat memasok 77% vitamin C dari "Acuan Konsumsi Makanan" (Dietary Reference Intake) bagi orang dewasa. Kembang kol juga merupakan sumber penting protein, tiamin, riboflavin, niasin, kalsium, besi, magnesium, fosfor, dan zink, serta sangat baik sebagai sumber serat makanan, vitamin B6, asam folat, asam pantotenat, dan kalium. Sayur ini mengandung sedikit lemak jenuh, dan sangat sedikit kolesterol (kurang dari 1 g per kg).Kembang kol memiliki kandungan antioksidan, serat, kalium, isothiocyanate (termasuk senyawa sulfur) dan asam folat yang cukup tinggi. Kandungan ini yang dapat membantu mencegah beragam penyakit, serta memperbaiki dan membantu pertumbuhan jaringan tubuh.

Selain berbagai kandungan nutrisi dan manfaat di atas, kembang kol masih memiliki deretan manfaat lainnya yang bisa membuat Anda ingin segera menyantapnya, seperti :

Menurunkan Berat Badan

Pawa wanita yang pengen langsing rasanya bakalan kepincut kalau dapat kabar ada sayuran penurun berat badan. Sebagai informasi, jika ingin memiliki tubuh ramping atau memiliki berat badan sehat, kembang kol bisa menjadi solusinya. Kembang kol memiliki kandungan serat yang cukup tinggi,  hal ini membuat kembang kol merupakan pilihan asupan yang tepat untuk diet.

Meningkatkan Kesehatan Pencernaan

Kembang kol tidak hanya kaya akan serat, tapi sayuran ini juga mengandung air. Kedua kandungan ini dikenal baik untuk mencegah sembelit dan menjaga kesehatan saluran pencernaan.

Meningkatkan Kekuatan Tulang

Di dalam 100 gram kembang kol, setidaknya terdapat sekitar 15% kandungan vitamin K. Kandungan vitamin K tersebut dapat membantu menjaga kesehatan tulang. Vitamin K dapat meningkatkan penyerapan kalsium dan kepadatan tulang, sehingga diharapkan dapat menurunkan risiko osteoporosis dan patah tulang.

Meningkatkan Daya Ingat

Kembang kol mengandung nutrisi yang disebut kolin yang penting untuk fungsi otak. Penelitian menunjukkan bahwa kolin bisa mengubah struktur di hippocampus yang merupakan area otak yang bertanggung jawab terhadap ingatan. Kolin bisa meningkatkan memori kerja dan membantu sinyal di otak berjalan dengan cepat.

Menurunkan Risiko Kanker

Tidak hanya brokoli yang bisa membantu Anda dalam menurunkan risiko kanker, kembang kol juga mengandung nutrisi yang dibutuhkan untuk melindungi tubuh dari kanker. Kembang kol mengandung fitonutrien, antioksidan, sulforaphane, dan indole 3 cardinol yang bisa membantu menurunkan risiko kanker.

Selain yang sudah disebutkan di atas, manfaat kembang kol lainnya yaitu membantu menurunkan kadar kolesterol, menurunkan tekanan darah, meningkatkan sensitivitas insulin, serta menurunkan risiko penyakit jantung dan diabetes.

4 comments

  1. Ternyata manfaatnya kembang kol itu banyak ya ...,, mampu menguatkan tulang dan mempertajam daya ingat.
    Kalau begitu, harus sering masak kembang kol.

    Cuma sebelum diolah harus betul-betul diperiksa celah2nya yang kadang buat ngumpet ulat.

    ReplyDelete
    Replies
    1. heheeee..betul tuyh, kekadang banyak ulatnya memang

      Delete
  2. Banyak manfaatnya ya, terimakasih ulasannya

    ReplyDelete