Tempat Wisata Aceh ter-Instagrammable

Aceh memang belum seterkenal daerah wisata lainnya di Indonesia, seperti Bali, Yogyakarta, dan Lombok, namun ternyata provinsi yang terkenal dengan sebutan Nanggroe Aceh Darussalam atau julukan “Serambi Mekkah” ini juga memiliki destinasi wisata yang tak kalah indah. Bila Anda suka berfoto saat berwisata dan mengunggahnya di media sosial, tempat wisata Aceh berikut ini sangat Instagrammable, loh! Yuk, simak.

Museum Tsunami
Source: tripadvisor


Saat Anda tiba di pusat Kota Banda Aceh, jangan lewatkan kunjungan ke museum ini—tempat salah satu peristiwa penting yang pernah terjadi di Aceh dikenang, yakni musibah tsunami di tahun 2004 yang lalu. Di sana Anda dapat melihat semua hal yang berkaitan dengan musibah besar tersebut, di antaranya monumen dan foto-foto warga Aceh yang menjadi korban serta yang bertahan hidup saat tsunami menerjang.

Tak hanya itu, museum yang bangunannya tampak seperti sebuah kapal laut besar ini juga menawarkan keindahan seni arsitektur bangunan. Ini sangat cocok bagi Anda yang sangat suka berfoto dan mengunggahnya di platform media sosial seperti Instagram atau Facebook.

Air Terjun Pekan Bilui
Source: idntimes
Wisata pantai dan laut sudah biasa di Aceh, namun bagaimana dengan air terjun? Tidak jauh di Selatan Kota Banda Aceh terdapat sungai Seunong Bate Doeng—di bagian hulu sungainya Anda dapat menikmati kesegaran wisata air terjun Pekan Bilui. Di sana Anda dapat juga memancing beragam jenis ikan air tawar. Bila naik ke atas bukit di dekat air terjun, Anda akan menemukan padang rumput kecil yang disebut “rimbun asmara”. Wah, betapa romantisnya!

Masjid Raya Baiturrahman
Source: kanalaceh
Ini dia salah satu destinasi wisata religi di Aceh yang ternama. Bagaimana tidak? Masjid megah nan indah kebanggaan rakyat Aceh ini mengandung nilai historis yang tinggi karena dirancang dan dibangun oleh Sultan Iskandar Muda pada periode kepemimpinannya di tahun 1612. Ditambah, masjid ini juga telah menjadi saksi bisu sekaligus satu-satunya bangunan yang tetap kukuh berdiri pada musibah besar tsunami di Aceh tahun 2004 lalu.

Dengan gaya arsitektur yang estetis dan fasilitasnya yang mumpuni—ditambah 12 payung elektrik raksasa dan kolam besar yang turut meneduhkan para pengunjung—masjid megah ini layak menjadi salah satu tujuan wisata Aceh ter-Instagrammable. Langsung saja meluncur ke Kampung Baru, Baiturrahman, Kota Banda Aceh.

Pulau Tailana
Source: hikayatbanda
Bagi Anda pencinta wisata pantai dan laut, belum sah rasanya jika belum mengunjungi Pulau Tailana di Kabupaten Singkil, Aceh dengan menggunakan kapal ferry. Air lautnya yang dangkal dan ombaknya yang “jinak” membuatnya aman bagi Anda sekeluarga untuk berenang, menyelam, melakukan snorkelling atau bahkan melihat beragam hewan laut dan terumbu karang di sana.

Bila Anda tidak berminat bermain air, Anda dapat berjemur di atas hamparan pasir Pulau Tailana yang putih dan bersih. Semilir angin yang menyegarkan dapat Anda rasakan sembari berjemur atau naik perahu motor. Masih belum puas menikmati keindahan alamnya dalam sehari? Menginap saja di cottage kecilnya yang disediakan di wilayah pantai pulau ini.

Nah itulah beberapa tempat wisata terkenal di Aceh yang Instagrammable. Jika Anda memiliki rencana untuk pergi ke Aceh, jangan lupa untuk mengunjungi tempat-tempat tersebut ya. Namun sebelum berangkat ke sana, Anda dapat mengecek dahulu penerbangan yang murah, aman, dan nyaman menuju Aceh. Untuk rekomendasinya, promo tiket pesawat Lion Air dapat menjadi pilihan terbaik untuk Anda. Dapatkan segera promo tiket pesawat ke Aceh dari berbagai maskapai terbaik di Indonesia melalui Airy. Yuk cek tiket pesawat Airy untuk merencanakan liburan Anda sekarang!

No comments