Punya Usaha Sendiri? Kenapa Tidak



Siapa yang kepengen punya usaha sendiri hayo cung tangan!

Wah, ternyata banyak yang cung tangan ya. Memang benar, memiliki usaha sendiri adalah mimpi dari banyak orang. Apalagi kalau sudah lihat yang suskes –sukses kan ya. Misalnya lihat Pak De Jack Ma, lihat Mbak Dian Pelangi, lihat Om Bob Sadino pokoknya bikin kepengen buka usaha.


Mantab itu, dengan adanya keinginan untuk membuka usaha berarti kita adalah calon pengusaha suskes seperti mereka. Hu um, kita sudha punya niat lho, tidak semua orang punya niat  alias mau menjadi pengusaha. Siapa tahu nanti orang-orang akan menyebut nama kita sebagai salah satu pengusaha suskes dari Indonesia, aamiin.


Eh tapi nih ya, mimpi untuk menjadi pengusaha itu bakalan tetap jadi mimpi kalau kita tidak segera memulainya. Untuk kalian yang kepengen segera membuka usaha sendiri ini dia ada beberapa angkah yang mungkin bisa jadi acuan sebelum membuka usaha.



1. Tentukan ide usaha
Penting nih, Tentukan ide usaha yang akan kita buka. Kalau bisa ide usahanya yang kreatif. Supaya cepat dikenal dan mengurangi saingan. Tapi satu hal yang pasti, produk yang akan kita buat itu dibutuhkan dengan banyak orang.

2. Tentukan target pasar
Target pasar adalah satu hal yang juga penting. Jika kita sudah mengetahui target pasar kita maka kita kaan lebih mudah untuk berinovasi. Kita juga bisa menentukan cara berpromosi yang pas. Misalnya jika kita membuat makanan yang target pasarnya adalah anak muda mungkin kita bisa mengiklankanya di medsos instagram dengan batuan endorse anak muda. Akan beda tentu jika produk yang kita jual menargetkan para ibu, mungkin promosi di saat arisan akan lebih pas.

3. Belajar dari pengalaman
Penting nih. Walaupun kita menggebu-gebu ingin membuka usaha tapi ingat bahwa kita perlu belajar dari pengalaman. Bukan ebrarti harus pengalaman kita. Kita bisa belajar dari pengalaman para senior di dunia bisnis. Kita lihat bagaimana cara mereka tubuh berkembang, lihat keberhasilan dan kegagalan mereka.

4. Lihat peluang dan tantangan
Sebelum memulai usaha perlu juga untuk diketahui di mana peluang dan tantangan kita. Dengan demikian kita bisa mengantisipasi hal-hal yang mungkin akan terjadi saat kita mulai membuka usaha kita. Setiap usaha memiliki tantangannya masing-masing tetapi sudah pasti ada cara untuk menanganinya.

5. Siapkan konsep
Setelah kita memiliki ide, belajar dari para pakar, mengetahui target pasar, dan paham tentang peluang serta tantangan usaha yang akan kita buka maka waktunya menyusun konsep. Konsepkan usaha dengan matang agar tidak bingung lagi saat usaha benar-benar akan kita mulai.

6. Siapkan modal
Meski semua hal di atas sudah terkonsep dengan baik kita masih membutuhkan satu hal lagi, modal. Yup, kita butuh modal untuk memulai usaha kita. Lha gimana mau modalin usaha, ini mau buat usaha aja karena sedang usaha cari uang. Aman mah itu, sekarang kan kita meminjam uang secara online. Gih, coba cek alamat ini www.pinjaman24.id/pinjaman-online-pribadi/. Kita bisa menggunakan kesempatan ini untuk membuka usaha impian kita.

7. Action
kalau yang di atas sudah dilakukan semua ini waktunya Action. Sebagus-bagusnya ide dan konsep usaha tidak akan berjalan kalau kita tidak memulainya. Optimislah kalau kita sudah merencanakannya dengan baik dan akan berjalan dengan baik.


Punya Usaha Sendiri? Kenapa Tidak.


Sumber Gambar: pixabay.com

3 comments

  1. Memang salah satu yang sering menjadi faktor penghambat adalah modal kerja, untung sekarang banyak solusinya ya

    ReplyDelete
  2. Salut sama orang yang punya usaha sendiri. Butuh kerja keras banget kayaknya.

    ReplyDelete