Theme Layout

Boxed or Wide or Framed

Theme Translation

Display Featured Slider

yes

Featured Slider Styles

[Boxedwidth]

Display Trending Posts

yes

Display Instagram Footer

No

Dark or Light Style

Pisang Curup, Produk Unggulan Provinsi Bengkulu



 
Kali ini kita akan cerita-cerita sedikit tentang "Pisang Curup", salah satu buah kesukaan di rumah kami.


Pisang Curup
Mengapa disebut Pisang Curup? Itu karena pisang ini adalah pisang yang tumbuh dan berkembang dengan baik di Kabupaten Rejang Lebong (Curup). Bisa memang tumbuh dan berkembang di daerah lain, tetapi entah mengapa biasanya buah yang dihasilkan akan sedikit berbeda. Kami pernah menanam pisang Curup di Kota Bengkulu. Batang pisang tumbuh subur, buahnya membengkak. Iya lho, buahnya besar-besar sekali. Tapi eh tapi, buah yang dihasilkan tidak seharum dan semanis pisang Curup yang ditanam di Rejang Lebong.

Secara bentuk sebenarnya pisang curup mirip dengan pisang ambon, bedanya pisang Curup biasanya sedikit lebih kecil dibanding pisang Ambon. Tetapi soal rasa jangan diragukan lagi kawan, pisang ini rasaya manis dan aromanya khas. 

Pisang Curup bisa kita temui dijual di pasar-pasar, tempat buah dan tempat oleh-oleh di jalan lintas Bengkulu-Curup. Jika banyak pisang bergelantungan di daerah Tebat Monok, Kabupaten Kepahiang itu biasanya adalah pisang Curup, kita bisa menanyakan kepada para penjual jika ragu.

Pisang ini dibandrol dengan harga Rp 5.000,- sampai Rp 25.000,- per sisirnya. Tergantung dari besar sisir pisang yang dijual, murah kan? Kalau kami di rumah lebih sering membeli yang kisaran harga Rp 10.000,- sampai Rp 15.000,- per sisir karena pas dengan keluarga. Kalau sisirnya besar kan artinya buah pisangnya banyak sayang kalau nanti membusuk kalau lambat habis.

Kandungan buah pisang Curup
Sama seperti pisang-pisang lain, pisang Curup mengandung banyak sekali manfaat yang baik untuk tubuh kita.

Per 100 gram pisang menandung:
300 IU vitamin A
100 mg vitamin B (B1, B2, B6 dan B12)
100 mg kalsium

Pisang juga mengandung:
Vitamin D
Vitamin Z
Fosfor 
Besi
Sodium
Kalium
Magnesium
Seng

Banyak seklai kan ya kandungan dalam buah pisang yang baik untuk tubuh kita. Sayang sekali kalau kita tidak suka makan pisang. 

Pisang baik untuk ibu hamil
Kandungan gizi dan asam folat yang banyak dalam pisang membuat pisang sangat baik dikonsumsi oleh ibu hamil. Seperti kita ketahui kalau asam folat baik untuk pertumuhan dedek bayi di dalam kandungan. Ayo ibu hamil, jangan malas makan pisang ya.

Pisang cepat dicerna
Oh iya, kalian sadar atau tidak kalau para atlit sering mengkonsumsi pisang jika mereka butuh energi sedangkan waktu mereka tidak banyak? Hal ini dilakukan karena pisang cepat dicerna dibandingkan makanan berat seperti nasi dan roti. 

Aku ingat waktu dulu pernah ikutan aikido, Sensei selalu mengingatkan kami untuk tidak mengkonsumsi makanan berat seperti nasi (apalagi banyak) sebelum latihan. Karena nasi membutuhkan waktu cukup lama untuk dicerna, jika benar-benar lapar dan butuh energi maka akan lebih baik kami mengkonsumsi pisang serta minum cukup air. 

Segudang manfaat yang dikandung oleh pisang termasuk pisang Curup cukup menjadi alasaan kita untuk mencintai pisang Curup. Kalau main ke Bengkulu jangan lupa cicip pisang Curup ya, enak dan bergizi lho, harganya juga bersahabat dengan kantong. 

Makan pisang Curup yuk :)


QuickEdit

You Might Also Like

No comments

Post a Comment

[name=Zefy Arlinda] [img=http://res.cloudinary.com/momsodell/image/upload/v1521166151/Zefy.jpg] [description=Hai Saya Zefy, Hobi Makan-makan | Memasak | Jalan-Jalan.] (facebook=https://www.facebook.com/arlindazefy) (twitter=https://twitter.com/zarlinda) (instagram=https://www.instagram.com/zefyarlinda/)