Ini Dia Beberapa Cara Untuk Menangani Herpes Zoster



Salah satu penyakit kulit menular yang disebabkan oleh virus Varicella Zoster adalah penyakit herpes. Herpes ini sebuah penyakit dengan karakternyan yang unik dan juga bandel, hal ini dikarenakan penyakit ini akan sembuh dengan sendirinya tetapi akan dapat kambuh lagi dalam jangka waktu tertentu. Herpes ini terdiri dari 2 jenis dan salah satunya adalah herpes zoster. Herpes zoster ini penyebabnya adalah virus yang sama dengan penyebab penyakit cacar air yaitu varisela zoster, sehingga herpes zoster ini juga sering disebut dengan istilah cacar air.


Gejala awal dari terjadinya herpes zoster adalah akan mengalaminya rasa sakit berupa rasa panas seperti terbakar atau rasa seperti ditusuk benda benda yang tajam. Selain itu juga mereka yang terkena herpes terkadang pada bagian tubuh yang terkena herpes itu akan merasa gatal dan mati rasa. Terjadinya herpes zoster juga ditandai dengan adanya bercak berwarna kemerahan pada bagian tubuh yang terkena virus dan akan munculnya bintik bintik gelembung berisi air yang didalamnya itu mirip dengan cacar air dalam waktu 12 hingga 24 jam.

Selain itu gejala awal dari terjadinya penyakit ini terkadang akan bervariasi, para penderita herpes sebagian kecilnya akan mengalami rasa nyeri tanpa terjadinya ruam. Gejala gejala lainnya dari terjadinya herpes zoster ini seperti demam, sakit kepala, terhadap cahaya akan sensitif, dan akan merasa lelah dan tidak enak badan. Lalu bagaimana cara menangani herpes zoster ini? Berikut beberapa cara untuk menangani herpes zoster diantaranya yaitu :

1. Melakukan Pengobatan Medis
Untuk menangani herpes zoster ini maka langkah terbaiknya adalah dengan melakukan pengobatan secara medis. Langkah ini perlu dilakukan didalam upaya untuk mempercepat proses penyembuhan dan sekaligus untuk mengurangi kemungkinan terjadinya komplikasi yaitu dengan pemberian obat antivirus sebagai contoh acyclovir dan valacyclovir.

Obat antivirus ini akan efektif ketika dikonsumsi dalam 3 hari setelah munculnya ruam. Tetapi jika penderita mengalami risiko komplikasi maka obat ini dapat diberikan hingga 7 hari setelah munculnya ruam. Biasanya antivirus ini akan dikonsumsi selama 7 hingga 10 hari. Obat anti virus ini biasanya dibutuhkan oleh kelompok khusus seperti manula dan orang orang dengan sistem kekebalan tubuhnya yang sedang menurun.


2. Dengan Meredakan Rasa Nyeri
Dengan menangani rasa nyeri sedini mungkin maka akan dapat menghindarkan penderita herpes dari terkena komplikasi gangguan saraf. Berikut beberapa obat yang digunakan untuk meredakan rasa nyeri sedini mungkin diantaranya yaitu :

>> Obat pereda sakit seperti parasetamol, ibuprofen, dan kodein.
>> Obat antidepresan trisiklik (TCA).
>> Obat antikonvulsan.

Itulah beberapa cara untuk menangani herpes zoster. Selain dengan menggunakan obat obatan masih ada cara lain didalam mengatasinya misalnya dengan menggunakan pakaian yang longgar dan berbahan lembut seperti katun.


3 comments

  1. Kalau dengar herpes tuh kebayang merinding. Semoga nggak perlu berhadapan dengan itu deh.

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya mbak, semoga jauh dari sakit itu

      Delete
  2. Ya Allah, saya jadi ingat teman saya, Mbak. Dia tengah berjuang melawan kanker payudara stadium 4 dan terkena Herpes Zoster ini. Lukanya belum sembuh2 sudah berbulan2. Ternyata bisa berulang,ya. Wah, saya pernah kena waktu kecil. Entah dari mana virusnya menyerang. Harus hati2 yah

    ReplyDelete