AKU DUKUNG ASIAN GAMES 2018 DARI BENGKULU

asian games 2018
Maskot Asian Games 2018 yang Lucu-lucu

Horeee............bahagia sekali rasanya.

Iya, sebagai warga negara Indonesia aku ikut bahagia bahkan bisa dibilang sangat bahagia. Setelah sekian lama menunggu, Asian Games akhirnya diadakan kembali di Indonesia, iyes. Spanduk, baliho dan iklan sudah terpampang dimana-mana. Maklum lah, tanggal 18 Agustus yang telah ditetapkan sebagai tanggal pembukaan Asian Games 2018 sudah di depan mata.

Turut bahagia tentu, tetapi sedih rasanya lihat kehebohan warga Indonesia. Iya, bahagia menyembut acara akbar yang akan diselanggarakan di Jakarta dan Palembang ini. Tetapi sedih karena sepertinya belum bisa datang melihat langsung pertandingan-pertandingan seru di sana, debay baru 2 bulan. Perjalanan Bengkulu-Palembang ataupun Bengkulu-Jakarta belum memungkinkan. Ah...mupeng dengan acara Asian Games di Palembang dan Jakarta, cabang olahraganya banyak. Terus aku tambah mupeng setelah lihat venue-venue yang dipersiapkan untuk Asian Games 2018, keren-keren banget sis.



Lihat deh stadion Gelora Bung Karno, udah beda banget dari beberapa tahun lalu. Sekarang sudah keren kemana-mana, penampakannya lebih gagah dan kalau kegiatan diadakan malam hari maka stadion akan terang benderang.

Oh iya, ada sebuah pertanyaan lucu yang aku dapat kemarin sewaktu ada acara kantor. Pertanyaannya adalah “Kok semangat sekali Zef dukung Asian Games? Toh acaranya di Palembang dan Jakarta dan kamu ga bakalan bisa datang. Terus ga ada efek apa-apa kan sama kamu?”. Ini terjadi karena aku heboh ngomongin soal Asian Games 2018.

Wah......langsung panjang lebar deh jawabnya.

Ini lho alasan mengapa kita harus dukung Asian Games 2018 ini.


Seperti yang bisa kita baca bersama di gambar ada banyak hal yang membuat kita harus dukung Asian Games 2018.

1. Acara ini bisa menambah devisa negara
Kalau kegiatannya positif dan bisa memberikan sumbangan devisa negara maka mengapa kita tidka dukung, iya kan? Sip.

2. Eksis di mata dunia
Kapan lagi sis Indonesia bisa eksis di mata dunia, acara besar seperti ini pasti akan mengangkat nama Indonesia. Lebih sering dilihat, lebih sering disebut dan siapa tahu nanti imbasnya lebih sering dapat job karena kepopulerannya, ini bener lho.

3. Kita 1 Indonesia
Kita adalah sebuah keluarga besar. Artinya jika Indonesia mengadakan sebuah hajatan besar, hajatan itu adalah hajatan kita bersama meski memang hanya diselenggarakan di beberapa kota saja. Selain itu ini dapat menjadi alat pemersatu bangsa. Ingat tidak sewaktu Taufik Hidayat meraih mendali emas saat ajang olimpiade 2004? Heboh kan? Bukan hanya dia yang teriak saat menang, kami di rumah ikutan teriak. Lalu kejadian baru-baru ini ada Zohri, semua ikutan senang.

4. Menguntungkan UKM
Kalau kita pergi ke suatu daerah, biasanya apa yang akan dilakukan?
Iyup, kita akan cari makanan khas daerah tersebut lalu sebelum pulang  kita akan membeli oleh-oleh. Bayangkan berapa banyak orang yang akan hadir di Indonesia pada acara Asian Games 2018 ini, dan bayangkan berapa banyak dibutuhkan makanan dan oleh-oleh. Itu baru makanan dan oleh-oleh, belum yang lainnya. Betul kan?

Jadi sudah sepatutnya kita mendukung kegiatan ini. Bentuk dukungan kita tidak harus wah, kita bisa dukung Asian Games dengan mewujudkan zero campaign. Seperti yang tertera di gambar ini.


Kalau datang ke lokasi acara kita bisa menjaga kebersihan di sana dengan tidak membuang sampah sembarangan, lalu memungut sampah yang tercecer. Lihat-lihat tanaman yang berada di dekat kita, jangan diinjak, kasihan kalau diinjak, atitnya tuh di sini (pegang daun). Atau paling tidak kita bisa mendukung melalui dunia maya, dukung para atlet kita. Supaya mereka lebih semangat dan bisa memberikan yang terbaik. Nah, untuk aku karena sepertinya ga bakalan bisa datang langsung ke lokasi acara, aku dukung Asian Games 2018 dari Bengkulu

Gimana cara dukung Asian Games tapi ga datang ke lokasi acara?

1. Menyebarkan informasi baik
Kita bisa dukung Asian Games dengan cara menyebarkan informasi baik tentang Indonesia di dunia maya. Bisa itu tentang acara Asian Games, bisa tentang para atlet, bisa tentang lokasi kegiatan, bisa juga tentang lokasi wisata dan makanan Indonesia. Ingat kalau para atlet dari berbagai negara itu juga manusia biasa. Mereka juga butuh makan dan refreshing.

2. Dukung atlet-atlet kita
Indonesia punya banyak sekali atlet berbakat, ntah itu dari cabang olahraga karate, panahan, lari, renang dan lainnya. Jika kita mendukung mereka maka mereka akan lebih semangat untuk menang. Mendukung bukan berarti kita harus memberi mereka bantuan finansial, kita bisa juga mendukung mereka melalui doa. Bukankah doa tulus dari seorang tanpa diketahui oleh orang yang didoakan akan dikabulkan? Betul betul betul. Aku mendukung semua atlet Indonesia, tapi kali ini aku menjagokan Kurniadi Mustopo dari cabor pacuan kuda. Semangat mas, aku doakan mas Kurniadi Mustopo agar menang. Olahraga pacuan kuda adalah suatu hal yang aku impikan sejak dulu, aku wakilkan mimpiku dan teman-teman dengan mas Kurniadi, semangat. 


Pokoknya acara Asian Games 2018 harus kita dukung bersama. Masyarakat Indonesia turut menentukan sukses tidaknya acara ini. Nah, kalau mau baca-baca lebih lanjut tentang Asian Games 2018 bisa lho main-main ke dukungbersama.id dan indonesiabaik.id

Eh, satu lagi. Atlet kebanggaanmu yang ikutan tanding di Asian games 2018 siapa?

21 comments

  1. Banyak pilihan cara untuk mendukung Asian Games 2018, sekalipun tidak bisa datang kita tetap bisa berpartisipasi. Turut berbangga dan senang, Indonesia berkesempatan untuk menjadi tuan rumah dan banyak manfaat yang bisa didapatkan.

    ReplyDelete
  2. walaupun lokasi asian games jauh tetap ya harus dan dukung atlet muda kita untuk berusaha memenangkan ajang asian games. semoga saja Indonesia sebagai tuan rumah Indonesia bisa membawa banyak medali ya

    ReplyDelete
  3. tetap semangat mendukung seluruh atlet Indonesia untuk menjadi juara. Etapi Palembang boleh lah kak diincer buat nonton. hehehe tapi yang penting doa terus dipanjatkan bersama sama ya kak

    ReplyDelete
  4. Wah, aku jadi lebih semangat dukung ASIAN GAMES 2018 setelah baca ini. Jujur aku masih minim info tentang ini (apalagi gak punya tivi, hihihi..). Semoga Indonesia bisa jadi tuan rumah yang baik ya Mbak, dan para atletnya mampu meraih prstasi yang gemilang :)

    ReplyDelete
  5. Itu maskotnya lucu lucu hihi pengen beli

    ReplyDelete
  6. Aku aja yg di kalimantan semangat banget loh dukung asian games. Entah kenapa aku bangga banget kita jd tuan rumah

    ReplyDelete
  7. Aku dukung Bhin Bhin, Atung, dan Kaka.
    Hihii...semoga Indonesia Juara.

    Aamiin.

    ReplyDelete
  8. Semoga semuanya lancar & meninggalkan kesan baik bagi semua partisipan & pendukungnya ya. Aamiin

    ReplyDelete
  9. Atletku zohri yang olahraga lari moga indonesia juara disemua cabang

    ReplyDelete
  10. Pendek kata Asian Games 2018 ini bawa berkah buat semua ya mabk, khususnya UKM2 jg beberapa sekotor pekerja lainnya. Semoga lancar2 penyelenggaraannya aamiin

    ReplyDelete
  11. wuih baca artikel ini jaid semangat mendukung asian games 2018, apalagi atlet-atlet nasional kita akan berjaya di kompetisi ini

    ReplyDelete
  12. Duh seperti ditampol. Berarti aku di Lumajang pun harus ngasih semangat ya, karena kitaaa satuuu Indonesiaaa...

    Aku belum hafal atlet2nya. Yang kutau cuma mereka pada bening2 cakep2 hehe

    ReplyDelete
  13. Aku baru tahu lho kalau banyak atlet kita yang muda-muda dan berprestasi. Setuju banget harus dukung Asian games

    ReplyDelete
  14. Jangan lupa buat ikutan voting atlet2nya. Lumayan juga sih hadiah uangnya

    ReplyDelete
  15. yuk kita dukung indonesia. semoga kita menjadi juara umum yaa

    ReplyDelete
  16. Setuju! Kita harus mendukung pelaksanaan Asian Games 2018. Karena bisa mendatangkan devisa dan menguntungkan para UKM.

    ReplyDelete
  17. Aku juga dukung Asian Games 2018, mbak. Meski jauh semoga doa dan dukunganku tetap tersampaikan. Aamiin..
    Semangat yaa para atlet..

    ReplyDelete
  18. saya juga mendukung asian games mba dengan cara mau dateng ke pembukaan minggu depan.. pasti seru dan meriah banget mba.. Dan rencananya sama teman kantor mau nonton pertandingan bola timnas Indonesia di asian games hehe

    ReplyDelete
  19. Waduh siapa itu yg ngomong begitu.. lau dia org Indonesia bukan sih.. ckckckc harusnya dia ikut mendukung. Gegap gempita menyambut Asian games.. walah aku jd ikut kesal jg mbak

    ReplyDelete
  20. Saya juga mendukung dari Makassar. Saya dukung semuanya :))

    ReplyDelete
  21. Jangan bersedih Mba gak bisa nonton langsung pertandingan Asian Games di Palembang, nonton di TV juga gak apa2 ya.. Yang penting kita tetap doakan mereka tampil prima saat bertanding dan meraih kemenangan..

    ReplyDelete