Tutup Botol ASI Melanting



Pagi hari, buka freezer bagian atas kulkas dan....... duar. Ternyata tutup botol stok ASI di kulkas pada terbang, alias mental, alias melanting. Kalau di Bengkulu kami bilangnya melanting. Ckkckcc.....kecewa pasti karena ASI yang sudah susah payah dikumpulkan terpaksa aku buang.

Kejadian ini terjadi hari kamis, 19 Juli 2018 lalu. Jadi ceritanya aku sekarang memang sedang memiliki bayi berumur satu bulan lebih. Sebagai wanita pekerja yang masa cuti melahirkan hanya 40 hari, aku terpaksa meninggalkan bati dengan pengasuh. Itu artinya jika ingin memberikan ASI ekslusif untuk si baby aku harus stok ASI di kulkas. Rutinitas setiap pagi sekarang bertambah dengan memompa ASI, memindahkan ASI ke botol kaca dan menyimpannya di freezer kulkas. Rutinitas yang membahagiakan untuk seorang ibu. Tapi kejadian pagi hari kamis lalu itu sungguh bikin galau. Bagaimana mungkin ASI di kulkas harus dibuang.

Usut punya usut ternyata hal seperti itu biasa terjadi. Sudah jadi perbincangan ibu-ibu pejuang ASI. Hal ini biasanya terjadi jika yang dipakai adalah botol ASI bertutup karet. Kejadian yang sama tidak terjadi pada tutup botol putar. Mangkanya untuk mensiasati para ibu membeli botol yang bisa diberi tutup botol putar.

Nah...kebanyakan para ibu membeli minuman UC 1000 dan menggunakannya sebagai botol ASI. Aku ikut yang ini. kami kemarin beli sampai berapa buah untuk tempat stok ASI. Setelah isinya diminum botol dicuci bersih dan disterilkan dengan cara merendam botol dengan air panas. Tinggal beli tutup botolnya lagi.

Ada yang pernah mengalami hal serupa? Atau ada saran untuk ibu menyusui ini? :)

25 comments

  1. Pengalaman saya pake kantong Asi yang kayak lem. Jadi gak main putar atau apalah. Dan belum ada kejadian kayak ini sih

    ReplyDelete
    Replies
    1. hmm...kayaknya Ze bagus beli yang seperti mbak Milda juga nih

      Delete
  2. aku juga kadang begitu kalau ngisinya kebanyakan. pasnya sih 90 ml aja kalau pakai botol asip bka itu

    ReplyDelete
  3. Saya juga memberikan ASI hanya belum pernah menyimpan dalam botol karena setiap hari ada dirumah saja.

    ReplyDelete
  4. Bisa melanting gitu ya kak :D bengkulunya keluar hihiii

    ReplyDelete
  5. Wah kenapa bisa melanting mbak? Apa karena perbedaan suhu atau apa?

    ReplyDelete
  6. Hihii..aku pun dulu mengalaminya, biar nggak melanting biasanya saya isi botolnya nggak terlalu penuh, jadi nggak melanting lagi

    ReplyDelete
  7. Saya pernah lihat juga kejadian itu. Dan saya kaget. Karena ga nyangka bisa kayak gitu.

    ReplyDelete
  8. Kalau temen2 grupku ada yg pakai plastik asi. Pas mau mimun baru taruh botol

    ReplyDelete
  9. Oalah, banyak cara untuk menyimpan ASI sehingga bisa digunakan oleh dedek bayi yang ibunya bekerja. Selama botol kacanya bersih dan steril maka aman digunakan untuk menyimpan Susu. Selamat berjuang moms

    ReplyDelete
  10. Dulu tetanggaku kasih saran sebelum ditutup kita tutup pakai plastik dulu gtu mbak. Jd double tutupnya, ya plastik ya tutup aslinya.

    ReplyDelete
  11. Kalo tanteku dulu, dia ada botol khusus asi nya mbc.. Tapi nggak tau beli dimana. Hehee..

    ReplyDelete
  12. Belum punya pengalaman Mba Zef
    Tapi next time semoga gak kejadian lagi yes, pasti kzl udah susah payah mompa tapi malah gabisa diminum sama debay. :(

    ReplyDelete
  13. Eeeh ko bisa gitu ya???

    Thanks mba sharingnya. Bisa buat pelajaran nanti kalo punya anak.

    ReplyDelete
  14. Belum mengalami sih. Lah wong suami aja belum punya. Hahaha

    Tapi jadi catatan tersendiri sih buat aku. Buat bekal nanti punya dedek bayi. Aku juga siap2. Soalnya ada kemungkinan aku juga akan jadi Ibu pekerja. Jadi harus udah siap2 sejak sekarang

    Makasih ya mbak, buat sharingnya

    ReplyDelete
  15. sedih sekali kalau sampai tumpah gitu. Kalau aku, ga sempat dimasukkan botol soalnya aku di rumah tersu sih...

    ReplyDelete
  16. Wah aku baru tau tentang ini. Wah next kalau mau simpen asi mencing cari botol kaca yang tutup nya kenceng dan gak karet ya. Semoga lah aminn

    ReplyDelete
  17. Wah aku juga pernah nih. Malah malas pakai tutup botol putar, padahal ternyata lebih oke ya coverage nya

    ReplyDelete
  18. MashaAllah perjuangan sorang Ibu yaa..
    Barakallahu fiik...


    Aku dulu gak pernah stok ASIP karena anakku gak pada bisa minum dot.
    Eh, tapi efek akunya gak kerja juga siih...hihii...

    ReplyDelete
  19. Ini tulisan membuatku tahu perihal macam botol asi eksklusif yang terbaik. Ya semoga bisa menjadi ilmu yang bermanfaat buat nanti jika sudah punya anak

    ReplyDelete
  20. Kenapa tutupnya bisa melanting gitu ya? Apakah ada tekanan? Biasanya terjadi pada minuman bersoda. Kalau ASI kan, gak bersoda...

    ReplyDelete
  21. botol UC 1000 bukannya plastik mba?? kalau disterilkan dengan direndam air panas bukannya plastiknya malah bisa meleleh ??? atau botol kaca maksudnya?? Apalah tidak ada botol asi khusus gitu mba??

    ReplyDelete
  22. Ahh i feel u mba.
    Biasanya aku ga perna penuh isi botolnya dan beli jg kemasan plastik bag gitu jd hemat tempat jg kdg suka pecah jg botol asi nya. Sedih uda mkmpa disimpen dibuang. Perih rasanya

    ReplyDelete
  23. Kebetulan aku masih single jadi belum paham tentang tutup botol ASI ini. Sepertinya sih lebih praktis untuk ibu menyusui yaa*

    ReplyDelete
  24. Wah, PR banget tuh ya kalau masih harus kerja saat punya bayi yang baru berusia beberapa bulan. Wakacaw nih. Moga regulasi pekerja kedepannya bisa lebih manusiawi

    ReplyDelete