Mengurus Bayi Zaman Old Vs Zaman Now


Mengurus Bayi Zaman Old Vs Zaman Now

Suer deh, melahirkan Ichi Abdul rasyid sebulan yang lalu mempertemukanku dengan banyak hal. Ceritanya Ichi lahir pada tanggal 29 Mei 2018, pukul 7.20 WIB, masuk RS pada pukul 6.30 WIB. Sejak masuk RS itulah aku mulai menemukan perbedaan-perbedaan yang kadang memicu adu argumen antara penganut pengurusan bayi zaman now dan zaman old. Kita mulai cerita tentang bayi ini.

1. Pakai bedak tabur atau tidak?
Pesan para ibu-ibu muda dan dokter zaman now>> “Anaknya ga usah dikasi bedak ya bu, kasihan nanti kalau bedaknya terhirup sama dedek bayi”.
Kalimat dari para tetua adat>> Ga ada ceritanya ga dikasi bedak. Kasihan nanti bayinya merah-merah, gatal-gatal dan rewel nanti. Siapa yang bilang itu ga perlu pake bedak? Anakku 5 dibedakain semua, hidup, sehat dan sekarang sudah pada sukses”.

Aku kebagian cengir kuda dan akhirnya ikut kata para tetua adat.

2. Pakai bedong atau tidak?
Pesan para ibu-ibu muda dan dokter zaman now>>
“nanti dedek bayinya ga perlu pake bedong, kasihan dianya ga bisa gerak. Bayangin kalau tangan ama kaki kita diikat dan kita ga bisa gerakin. Ga enak kan? Sama dengan mereka, mereka juga bakalan merasakan hal yang sama”.
Kalimat dari para tetua adat>>
“Anak bayi itu harus dibedongin supaya tangan dan kakinya lurus. Kalau ga dibedongin nanti tangan dan kakinya bisa bengkok-bengkok. Emang mau kaki anaknya nanti bentuk X? Pokoknya bayi harus selalu dalam keadaan dibedong rapi dan terikat kuat supaya tangan da kakinya ga cacat”. Para tetau adat menasehati dengan berapi-api.

3. Pakai popok atau tidak?
Pesan para ibu-ibu muda dan dokter zaman now>>
“Dedek bayinya gapapa dikasi popok, supaya nanti lebih memudahkan yang mengasuh dan dedek bayi merasa nyaman. Kasihan mereka kalau harus bangun terus karena merasa basah dan tak nyaman”.
Kalimat dari para tetua adat>>
“Tidak ada yang namanya popok bayi. Pokoknya pakai celana biasa saja. Popok bayi mahal dan bisa membuat bayi sakit”.



4. Pakai gurita atau tidak?
Pesan para ibu-ibu muda dan dokter zaman now>>
“Anaknya nati ga usah dikasi gurita bu. Karena kasihan eprutnya diikat kuat padahal baru lahir. Perut buncit yang ditakutkan orang-orang itu tidak ada kaitannya dengan gurita. Perut dedek bayi memang cendrung sedikit buncit seiring berjalannya waktu akan normal dengan sendirinya”.
Kalimat dari para tetua adat>>
“Semua anak bayi harus menggunakan gurita. Pemasangan ini untuk kebaikan bayi. Kalau tidak pakai gurita nanti bisa masuk angin. Bayi yang tidak memakai gurita juga memiliki perut buncit”.

5. Pertama lahir mandi atau tidak?
Pesan para ibu-ibu muda dan dokter zaman now>>
“Hari pertama kelahiran bayi belum perlu dimandikan. Ini akan sangat baik untuk kesehatan si bayi”.
Kalimat dari para tetua adat>>
“Pokoknya semua bayi yang baru lahir harus dimandikan. Bayi yang tidak langsung dimandikan itu kotor, darahnya nempel di rambut. Dulu kalian sewaktu baru lahir langsung dimandikan kok. Sehat kan sekarang? Tak ada masalah kan?”

Semua perbedaan itu biasanya diawali dengan mereka melihat cara mengurus si Ichi yang baru lahir. Lalu keluarlah kalimat-kalimat sakti dari mereka. Seperti:
“Sudahlah, kami ini sudah berpengalaman”.
“Anakku 6, sekarang sudah sukses dan sehat”.
“Apa tahunya mereka, kami ini orang-orang yang sudah merasakan semuanya”.

Benar sih mereka berpengalaman, akhirnya aku ikut apa kata mereka. Karena jujur aku belum berpengalaman dan mereka memag sudah membuktikan dengan besarnya anak mereka dengan baik.

Bagaimana menurut kalian?
Apa kalian punya pengalaman sendiri?
Bagi dong ceritanya.


22 comments

  1. Kulihatin di jaman now ini masih banyak dikotaku yang merawat bayi memakai cara jaman old.
    Lebih afdol katanya ☺

    ReplyDelete
    Replies
    1. nah itu mas, katanya sudah terbukti

      Delete
  2. oh ternyata Mengurus Bayi Zaman now kayak gitu ya, baru tau hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. ya gitulah mas, maknya yang jadi bingung :D

      Delete
  3. aku emak2 zaman now mba, anak keduakunlahir april beda sebulan sama ichi dan aku semua pake cara zaman now say gudbye sama cara old wkwk alhamdulilah anakku baik2 saja 😁
    apalagi yg pakai popok mudahin bgt buatku yg disesar ga kebayang aku mesti bolak balik nyuci mulu ga ngapa2in aja ku demam mba apalagi capean begitu heehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya gitu ya mbak? kepengen sih ikutan cara zaman now tapi parah juga kalau harus bentrok dengan para tetua adat hehe

      Delete
  4. Perdebatan perdebatan yang sering kujumpai ketika mertua dan menantu merawat bayi. Hahahha

    ReplyDelete
  5. Kalo di bedong kayanya sudah nggak perlu ya, soalnya kasian kan sang bayi nggak bisa bergerak bebas

    ReplyDelete
    Replies
    1. sepertinya mas/mbak generasi zaman now :D

      Delete
  6. Wah beda kalau di RS-ku anak pertamaku dulu hari2 pertama dimandikan ma susternya. Kalau anak kedua krn dia di NICU kyke enggak. Jd emang kyke gak wajib2 amat haha. Mungkin hanya diseka ya :D
    Kalau bedong, gurita aku tak pakai. Meski beli kain bedong aku pakai buat selimut sih.
    Aku jauh dr ortu dan mertua jd aku merawat baby sesuai yg aku dapat dr RS, buku, atau inet mbak. Mungkin itu salah satu kelebihan jauh dr ortu. Tapi gak enaknya susah me time krn gk ada yg bantuin megang bayi haha.

    ReplyDelete
    Replies
    1. beda RS beda penanganan sepertinya ya mbak

      Delete
  7. Diikutin yang membuat mbak Zefy nyaman aja. Baik itu sesuai kata org tua atau dokter dan ibu2 muda. Aku pribadi percaya kedua pilihan tsb baik dan memiliki kelebihan dan kekurangan masing2.

    ReplyDelete
  8. Kalau aku pribadi lebih baik mengikuti yang zaman old mba.. toh sudah terbukti dengan diri kita yang sehat seperti saat ini.. yg penting masih masuk akal dan logika mba.. yg zaman now juga bisa disesuaikan dan diterapkan.. pokoknya yg baik² aja yg diambil

    ReplyDelete
    Replies
    1. pilih yang sudah terbukti ya mas, sip

      Delete
  9. Kalau mendengar itu semua, memang bingungin ya. Jadi sebaiknya lakukan yang menurut kita terbaik untuk anak.

    Dan memang beda cara pandang orang tua zaman dulu dengan pemikiran orang sekarang...hehehe. Karena ilmu pengetahuan terus berkembang.

    ReplyDelete
  10. Beneran nggak dimandikan kah baru lahir? Kayaknya di RS ku dulu masih dimandikan e

    ReplyDelete
  11. Mana yang nyaman saja dan sesuai logika Mbak. Kalau saya bedong bayi agar hangat. Jadi agak longgar. Gurita juga pakai, tapi longgar agar nyaman. Intinya, membuat mereka legowo tapi anak dan ibunya tetap nyaman

    ReplyDelete
    Replies
    1. pilih jalan tengah terbaik ya mbak, ok ok

      Delete