ICE CREAM PEDAS MANIS


 

Sudah ada yang pernah makan ice cream rasa pedas manis? Atau ice cream rasa pedas?

Ternyata rasanya enak lho suer.

Jadi ceritanya, aku kemarin buat ice cream kemasan bubuk siap masak yang dijual di toko-toko itu lho. Aku senang buat ice cream ini karena praktis, kan kita tinggal kasi air dingin lalu blender. Aku beli 2 kemasan bubuk ice cream untuk jadi 1 mangkuk besar ice cream.

Tata cara pembuatan ice cream dari bubuk ice cream siap masak adalah dengan cara menambahkan air dingin dan memixsernya hingga mengembang. Tapi aku menggunakan blender bukan mixer, kebetulan ada mixer yang terlihat di depan mata. Sepertinya baru sudah digunakan ibu untuk memblender.

Aku menyiapkan bubuk ice cream dan air dingin, lalu memasukkannya ke dalam blender. Aku juga menambahkan ovalet agar ice cream yang dihasilkan lebih lembut. Setelah semua bahan masuk maka proses pemblenderan dimulai. Well, semuanya berjalan lancar. Setelah diblender sekitar 5 menit, semua bahan sudah resmi tercampur dan mengembang. Hasil blenderan tersebut aku masukkan ke wadah yang telah disiapkan. Sayangs emua proses dari awal tidak aku dokumentasikan. Maklum saja, ini rencananya bukan untuk bahan tulisan yang bakal masuk ke kategori makanan tapi hanya sedang pengen makan ice cream saja.



Adonan aku letakkan di freezer selama 12 jam dan taraaa...... ice cream sudah jadi.

Bagaimana hasilnya?
Tampilannya ok tapi rasanya yang agak berbeda.
Kenapa bisa berbeda?

Rasanya cuy, rasanya yang berbeda dengan kebanyakan ice cream yang kita kenal. Ice cream kali ini berasa sedikit pedas. Ternyata blender yang aku gunakan untuk mencampur bubuk ice cream baru saja digunakan ibu untuk memblender cabai. Pantas saja ice cream buatanku bisa ada rasa pedasnya Rupanya si blender belum dicuci dengan ibu, baru disiram air sedikit saja untuk mengambil cabai yang tersisisa di pinggir blender. Biasanya kan kalau belum dicuci masih ada sisa blenderan yang menempel di bagian bawah pisau blender.
Jujur rasa pedas ini aneh tapi enak lho. Memang dulu aku pernah lihat di salah satu acaraTV  ada ice cream rasa cabai. Si pembawa acara bilang kalau rasanya enak. Waktu itu aku tak percaya kalau rasanya enak. Bagaimana bisa ice cream rasa pedas kok enak.

But sure, ice cream pedas punya rasa yang berbeda. Ada rasa pedas manis yang bercampur dalam satu rasa. Nah.....ibarat makanan mungkin ini mirip rujak kali ya, ada pedas yang dihasilkan cabai rawit dan ada manis dari gula merah dan rasanya enak. Begitu juga dengan ice cream pedas manis.

Kalian penasaran?

Silahkan dicoba, kalau mencoba nanti cabainya jangan banyak-banyak ya. Kalau kepedasan nanti tak enak pula. Cukup untuk menambah sensasi rasa saja.

Oh iya, satu lagi. Lebih baik gunakan cabai merah, tak usah gunakan cabai rawit. Karena selain memberikan warna sendiri cabai merah lebih bersahabat dengan lambung. Takut-takut nanti ada orang yang mencoba ice cream buatan kalian hehe, kan kasihan kalau nanti ada yang coba makan terus setelah makan mencret-mencret.

Selamat mencoba :)

23 comments

  1. wah ketidaksengajaan namun akhrinya tercipta kreasi berbeda ya mba hahaha...untung ga bau bwang juga kalau bau bawang wasalaaamm :p

    ReplyDelete
    Replies
    1. ehhehee...iya mbak
      tapi siapa tahu rasanya enak hmmm

      Delete
  2. Ini kalau dibayangin, sensasinya rada dingin terus ada pedes2 gimana gitu.. Ahaha.. Ini keisengan yang menciptakan produk baru ini :)

    ReplyDelete
  3. Hihihi..selama ini nyobain es krim manis, jadi penasaran gimana rasanya es krim pedas manis, jadi kayak rujakkah rasanya?

    ReplyDelete
  4. Wkkka ini kayak aku kemarin. Bikin roti bakar isi telur buat sarapan anak-anak. Pas kucicip kok roti bakarnya pedas,hiks. Ternyata teflon yang kupakai buat goreng telur pakai mentega dan bakar roti bekas ibuku biasa numis cabai. Padahal udah dicuci kok ternyata masih ada pedasnya. Ckckck

    ReplyDelete
  5. Hahaha.. aku baca judulnya tadi kirain itu es krim kreasi dari bubuk instannya. Eh ternyata... Kreasi yang tak disengaja :D
    Bisa dikreasikan lebih unik lagi tuh dengan bumbu2 dapur yg lain :D

    ReplyDelete
  6. Hahaa.. jadi ceritanya dapat rasa es krim baru nih...
    Aku sih nggak mau nyoba, pasti rasanya aneh.. aku maunya es krim itu rasa susu atau yang lainnya kecuali pedes, eh kalau pedes asem mungkin enak yah kayak makan rujak gitu...

    ReplyDelete
  7. Haduh, aku gak mau coba. Udah es nya dingin2, masih ada pedes2 cabainya. Enggak deh.

    Aku belajar dari kecerobohannya kak Zefy. Supaya gak terjadi ke aku. Hahaha

    ReplyDelete
  8. Kreasi es krim yang tak disengaja, ternyata rasanya enak dan bisa jadi kuliner ngehits. Nanti iseng-iseng dicoba, siapa tahu ada yang ingin mencobanya dan laris dijual.

    ReplyDelete
  9. Wah penasaran kyk apa. Tapi sering liat di masterchef maupun MKR org bikin es krim dgn rasa spicy kyk gtu kyknya ya enak2 aja hehe

    ReplyDelete
  10. aku denger kata pedas saja udah malas karena aku ga doyan pedas huahaha. eh tapi aku pernah sih nyobain ice cream yg ada nuansa pedasnya. ice cream rujak. itupun aku request yg pedas manis bukan yg pedas bgt. ga kuaaat

    ReplyDelete
  11. Ahahaha.. Ya ampun.. Aku dr awal ngirain pedas manis itu ada depot atau cafe yang jual. Setelah bayangin blendernya jd ngakak juga.seru yaaa

    ReplyDelete
  12. Lah, kukira beneran dikasih cabai. Ternyata karena kecelakaan, hahaha

    Aku juga pernah lihat di TV pas es krim dikasih saos sambal. Tp belum pernah nyoba

    ReplyDelete
  13. Wedew... setelah coklat pedes, eskrim tolak angin dan sekarang es krim cabe, pasti jadi banyak yang penasaran nih, nanti setelah ada es krimrujak maka akan dilanjutkan eskrim sambel terasi hehehehe

    ReplyDelete
  14. Wiiihh baru tau es pedas aku jadi penasaran kaya apa. Ini jadinya bikin es cream istimewa tapi gak sengaja ya. Btw aku kalau bikin es cream kemasan air dinginnya diganti susu uht jadi lebih lembut lagi enakk

    ReplyDelete
  15. Suka gitu yaa...
    Saat menggoreng telur juga..padahal wajannya sudah dicuci bersih, tapi karena sebelumnya dipakai masak sambal, jadi telurnya berasa pedas.

    Kalau ice cream?
    Bener, gak bisa bayangin.

    ReplyDelete
  16. Hah, es krim pedas manis. Muantep rek. Macam2 kuliner sekarang ya. Sayangnya aku nggak suka pedas, es krimnya sih pasti suka. Hehe. Btw, rajin bgt mbak Zefy bikin eskrim sendiri.

    ReplyDelete
  17. di sini juga pernah ada es krim rujak, rasanya seger banget. sukaaaaa!

    ReplyDelete
  18. Hahahaha. Ketidak sengajaan yang memunculkan rasa baru. Saya kira beneran ada variannya. :))

    ReplyDelete
  19. belum pernah! tapi rasanya pengen juga niiih nyobain!

    ReplyDelete
  20. tak kira awalnya mau bikin rujak mbak.. lihat cabenya itu

    ReplyDelete