Atasi bosan ngeblog dengan cara ini



Apa kabar teman-teman dunia maya. Masih betah jadi blogger? Atau baru tertarik dan belajar tentang blog? Atau sudah memutuskan pensiun dari dunia blog?


Kalau jawaban kalian bahwa kalian baru tertarik dan belajar tentang blog kita sama. Yups, aku juga baru mempelajari dunia blog tahun lalu. Benar sih blog ini sudah ada dari tahu 2009, tapi suer. Itu blog lebih sering dianggurin daripada diisi. Kalau kata orang tu ya, jablay alias jarang dibelai heheee...kasihan.......(pake gaya Upin Ipin)

Tahun 2017 baru serius ngeblog karena bertemu dengan komunitas yang punya hobi yang sama. Apa itu? “Hobi belajar ngeblog”. Kalau ditanya tentang penghasilan dari blog mungkin akan dijawab, bukan masalah penghasilannya tapi ini masalah hobi. Kalau sudah honi walaupun ribet dan harus keluar uang serta menghabiskan waktu ya senang-senang saja.

Tapi selain hobi ada juga lho yang menjadikan blog sebagai mata pencarian. Ini bahaya nih, kalau bosan biasanya kita jadi tidak produktif. Rasa malas menimpa dan blog akan jadi sarang gorila :D. Ada nih tips supaya ga bosan ngeblog ala zarlinda.com

1. Jadikan ngeblog sebagai hobi
Seperti yang sudah kita katakan tadi. Kalau yang namanya hobi maka semuanya akan terasa menyenangkan. Pokonya bahagia....aja ngadapin laptop untuk nulis. Nulis depan laptop jadi bagai sedang mesra-mesraan dengan yang tersayang.

2. Buat tampilan menarik
Hayo jujur sajalah, siapapun suka dengan tampilan yang cantik dan menarik, termasuk kita. Memang sebenarnya tampilan blog akan dinikmati oleh para pengunjung, bukan kita yang menulis. Tapi yakinlah bahwa penampilan blog yang menarik akan membuat kita lebih semangat menulis dan kita PD memperkenalkan blog kita dengan orang.

3. Sering bertandang ke blog tetangga
Seirng kan dengar pepatah banyak teman banyak rezeki? Nah, itu juga berlaku untuk dunia blog lho. Semakin blog yang kita mampiri maka akan semakin terbuka wawasan kita. Bertandang ke blog lain juga membuat kita akrab dengan si empunya blog. saat bertandang jangan lupa tiggalkan komentar di tulisannya, biasanya nanti yang punya blog akan melakukan kunjungan balik. Saling tandang ini membuat blog kita mendapatkan pengunjung.
Interaksi yang terjadi antara kita dan teman sesama blogger akan membuat kita merasa punya teman seide, sehobi dan biasanya jadi salah satu alasan ngeblog, “silaturahmi dengan teman dunia maya”.

4. Banyak jalan-jalan
Percaya atau tidak, jalan-jalan atau travelling akan membuat kita banyak memiliki ide dalam menulis. Kadang ada saja hal-hal baru yang kita temui saat jalan-jalan. Jalan-jalan di sini ga mesti keluar kota dan menghabiskan banyak uang lho. Jalan-jalan ke kebun sebelah rumah juga jalan-jalan kok.

Itu tips mengatasi kebosanan ngblog ala www.zarlinda.com

Atau kalian punya ide lain? Mungkin kita bisa saling berbagi.





7 comments

  1. Poin nomor 3 mbak yang menurut saya penting banget. Selalu blogwalking, siapa tahu dapat inspirasi dari tulisan temen kan sekaligus nambah temen juga.

    ReplyDelete
  2. apakah mbak pernah menemui pegawai tetap, entah swasta atau negeri seperti saya, yang ngeblog memang butuh waktu, hampir tidak bisa disambi bekerja, apabila jam kerja..
    atau ketika dirumah, istri juga butuh perhatian, cieeee.. :D
    platform instagram dan facebook memang menjadi pelarian bagi pemuda yang ingin eksis di internet..
    saya jamin, ketiadaan waktu juga membikin jenuh, ngapain ngeblog kalo nggak punya waktu..

    saya menyukai blogwalking, bukan sebab utama ingin dikunjungi, tetapi justru ingin mencari inspirasi..

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya juga mas, dengan jalan-jalan banyak hal yang kita dapat

      Delete
  3. bener tuh jadiin sebagai hobby :) tapi lama2 bosen ketika pekerjaan utama udah jadi penulis jadi blog nya gk ke urusi

    ReplyDelete
  4. nah setuju, dengan jalan-jalan ntar dapat ide lagi hehe

    ReplyDelete
  5. Aku juga pernah merasa titik jenuh dan bosan saat ngeblog, tapi aku kembali ke tujuan awal ngeblog dan akhirnya aku kembali semangat lagi deh..

    Kalo jalan-jalan bener banget tuh bisa jadi bahan nulis artikel, apalagi kalo blognya niche travel..

    Thanks infonya, sangat bermanfaat..

    ReplyDelete