4 hal yang membuat kalian harus datang ke Bengkulu

vebma.com
Ada yang belum pernah datang ke Bengkulu? Bagi yang suka traveling pasti sudah pernah nih jalan ke Bengkulu.


Rugi kalau kalian belum pernah datang ke Bengkulu, 4 hal berikut alasannya.

1. Bengkulu adalah kota sejarah Indonesia
Bengkulu memiliki banyak peninggalan sejarah di masa kolonial. Peninggalan sejarah tersebut selain memiliki nilai sejarah juga menyimpan keindahan tersendiri.

Benteng Marlborough

benteng marlborough bengkulu
Benteng Marlborough
Sumber foto: Mas Prio BoBe
Bengkulu memiliki bentang Marlborough. Benteng ini merupakan benteng peninggalan Inggris saat ada di Bengkulu dan dibangun pada tahun 1713-1719.

Benteng yang bediri di Kelurahan Kebun Keling ini menjadi saksi sejarah bahwa dulu Bengkulu merupakan sebuah daerah yang diperhitungkan. Jika tidak diperhitungkan tidak mungkin Inggris mau susah-susah untuk membangun benteng kokoh ini.

Benteng Marborough berbentuk kura-kura, bentuk kura-kura akan terlihat jelas jika kita melihat dari atas. Di dalam benteng terdapat beberapa meriam tua yang dulu pernah digunakan oleh Inggris,  ada juga beberapa bukti peninggalan sejarah seperti gambar kompas di dalam penjara. Sekarang Benteng dilengkapi dengan tulisan-tulisan tentang sejarah Bengkulu, sejarah benteng Marlborough, sejarah Indonesia dan ada juga patung replika Bung Karno lho di sana.


Benteng terdiri dari ruangan penjara, halaman di tengah, beberapa kamar/barak, kantor VOC, kantor perdagangan, tempat penyimpanan, dan terowongan bawah tanah. Kalau mau menjelaskan tentang Benteng marlborough akan sangat panjang dan mungkin tidak cukup dalam 3 postingan.

Tugu Thomas Parr
Tugu ini merupakan tugu peringatan atas meninggalnya Sir Thomas Parr saat terjadi pemberontakan di Bengkulu.

Rumah pengasingan Bung Karno
rumah pengasingan bung karno

Siapa yang tidak kenal dengan Bung Karno. Beliau adalah proklamator kemerdekaan Indonesia dan presiden pertama Indonesia. Belia pernah diasingkan ke Bengkulu pada tahun 1938-1942. Pada saat di Bengkulu ini pula beliau bertemu dengan ibu negara pertama Indonesia, Ibu Fatmawati. Rumah orang tua ibu Fatwamati beda gang saja dengan rumah pengasingan bung Karno, bisa dibilang ini namanya conlok alias cinta lokasi.


makam inggris
Gerbang Makam Inggris Bengkulu

Makam inggris ini bukti nyata kalau warga negara Inggris pernah tinggal di Bengkulu.

2. Bengkulu punya bunga terbesar di dunia

Bunga rafflesia (wikipedia.com)
Bunga Raflesia Arnoldi adalah bunga terbesar di dunia.  Memang mungkin bunga ini terkadang kembang di wilayah lain di Indonesia, atau bahkan dulu pernah lihat berita dia mekar di salah satu wilayah Malaysia. Tetapi di Bengkulu bunga ini sering sekali mekar dan di Bengkulu jenisnya banyak, ada yang merah, ada yang putih dan lain sebagainya. Di Bengkulu juga sering mekar bunga bangkai, bunga yang tingginya bisa mencapat 4 meter lebih.

3. Alam Bengkulu indah
Siapapun  yang pernah ke Bengkulu akan mengakui hal ini. alam Bengkulu itu indah. Bengkulu memilki pantai yang kece. Ada pantai Panjang, pantai Nala, Pantai Linau, Sungai Suci, air terjun Palak Curup, pemandian Suban Air Panas, air terjun  curug 9, Datar Lebar, kebun teh Kabawetan, kebun strawberry di Curup dan banyak hal lainnya. kalau ke Bengkulu kita tidak akan kekurangan destinasi wisata.


Sungai Suci

4. Makanan di Bengkulu enak
Bengkulu itu surganya makanan enak lho. Di Bengkulu kalian bisa cicip yang namanya pendap, ada bai tat, ada jeruk kalamansi, jeruk Lebong, cucur bandan, kue perut punai, lempuk durian, kue som, sate gurita, gulai pelus, gulai rendang lokan, gulai saripulang, kasam, gulai lema dan banyak lagi lainnya, pokoknya tinggal pilih. 
kue bai tat and my bro

Lebih enak lagi kalau ke Bengkulu saat musim durian, harganya lumayan murah saat musim. Sebuah durian dihargai hanya Rp 5.000,- saja. Bagi penikmat durian ini adalah anugerah tak terkira.


Jeruk kalamansi di depan rumah Ibu Sorta
Salah Satu Produsen Olahan Jeruk Kalamansi Bengkulu
Empat hal di atas lebih dari cukup untuk menjadi alasan kalian harus datang berkunjung ke Bengkulu. Jadi kapan ke Bengkulu?

19 comments

  1. Ternyata bukan hanya terkenal dengan reflessia nya saja ya. Ada lagi yg lain keunikan kota bengkulu. Informatif sekali!

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya dong, Bengkulu itu penuh pesona :)
      main-main ke Bengkulu

      Delete
  2. Ternyata bukan hanya raflessia nya saja yg unik ya. Informatif sekali!

    ReplyDelete
  3. Iyes, Bengkulu adalah salah satu daerah yang pengen didatangi, dari kecil sudah terpeona dengan bunga raflesia arnoldi yang hanya ada di sana

    ReplyDelete
  4. Banyak daerah di indonesia punya benteng bersejarah, saksi bgt kalo indonesia dulu di jajah, bahkan bengkulu pun punya dan masih terawat ya

    ReplyDelete
  5. Indonesia itu indah dan sarat sejarah, kapan yah bisa ke Bengkulu?? Semoga nanti bisa main-main ke sana, nyebrang di jembatan jaring-jaring itu.. sepertinya seru, apalagi ngajak teman yang penakut, hehee

    ReplyDelete
  6. Bunga Raflesia Arnoldi cukup dikenal ada di Bengkulu, tetapi banyak hal menarik lain yang patut diperhitungkan untuk berkunjung ke Bengkulu. Berwisata sejarah dan belajar dengan melihat bangunan yang menarik.

    ReplyDelete
  7. Keempat alasan tsb sangat membuatku tertarik utk ke Bengkulu, apalagi tempat2 sejarah seperti rumah pengasingan bung Karno itu. Di tempat lain tentu tidak ada. Semoga suatu hari nanti bs ke Bengkulu. Aamiin.

    ReplyDelete
  8. Wah, Bengkulu ya.. Jauh ya rasanya. Hehe
    Tapi suatu saat pengen kesana. Gatau mau ngapain tapi pengen aja kemana-mana.

    Btw, itu beneran durennya 5ribuan sebiji?

    ReplyDelete
  9. Sudah masuk dalam list buat ke Bengkulu sih. Namun belum dapet waktu liburan. Kalau sudah ada informasi pasti lebih gampang aku buat eksplore nih

    ReplyDelete
  10. Belum pernah ke Bengkulu. Hicks.... dan kayanya tinggal Bengkulu dan Jambi (aku lupa udah belumnya yang ini)) yang belum pernah aku kunjungi di pulau Sumatera.
    Coming soon semoga ya. Insya Allah.

    ReplyDelete
  11. Aku penasaran sama Rafflesianya. Tapi cuma setahun sekali ini ya. Dulu jaman sekolah bahas itu sih. Tp ya tetep Bengkulu byk tempat keren!

    ReplyDelete
  12. Bookmaaark kak Zefy! Hihi aku seneng pergi2 tapi belum pernah ke bengkulu sama sekali. Banyak ragamnya pasti yah mba daripada di Jawa, iyalaaah XD

    ReplyDelete
  13. Hemm.. kalau Bengkulu, sih, saya sudah kepengen banget ke sana. Soalnya paman saya tinggal di sana, sih, tapi saya belum pernah ke sana sama sekali. Hiks. Padahal banyak tempat wisata yang bagus ya untuk kita eksplor :)

    ReplyDelete
  14. Teganya ngomongin duriaaan...
    Imanku langsung runtuh saat ada kata duriannya murah banget saat sedang panen.

    Kebayang doonk...di Bandung, mau makan durian aja mesti ke Warung Bakso Boedjangan dulu, pesen es durian kesepian.
    Dan dapetnya, cuma 3 biji doonk...


    Heuu~
    Kalo 5000, aku bisa makan sebanyak apa yaa...??

    ReplyDelete
  15. duh pingin main ke Bengkulu, soalnya sepupuku juga ada yang tinggal di sana... Ibukku yang sudah pernah berkunjung ke sana, dan cerita beliau membuat aku makin mupeng...

    ReplyDelete
  16. Aku kalau dengar kata Bengkulu jg selalu ingat rumah pengasingan Bung Karno mbak.Pastinya di sana banyak peninggalan bersejarah ya....
    Oh iya ya bunga Raflesia Arnoldi jg terkenal di sana ya, penasaran pengen liat aslinya bunga yang sudah kukenal sejak SD ini hehe :D

    ReplyDelete
  17. Kalo sekedar lewat udah pernah, mampirnya aja nih yg belom hehehe semoga ada rezeki buat ke sana! amin.

    ReplyDelete
  18. Bengkulu.... huhuhu... salah satu target wisata yang ingin kukunjungi. Hiks... jadi pengen banget ke sana, Mbak. Terutama ke Benteng dan rumah pengasingan Bung Karno - kalau sejarah.

    Dan alam Bengkulu memang sangat indah ya. Makin pengen saja nih. Mungkin perlu menargetkannya 5-6 tahun lagi, insyaAllah

    ReplyDelete