BAZAAR RAKYAT 2018 UNTUK INDONESIA






Siapa sih yang tidak kenal dengan Sinar Mas. Sebuah brand dari perusahaan yang bergerak melalui 6 pilar bisnis: Pulp dan Kertas, Agribisnis dan Pangan, Layanan Keuangan, Pengembang dan Realestat, Telekomunikasi, serta Energi dan Infrastruktur yang meski masing-masing dikelola secara independen, namun dipersatukan oleh kesamaan nilai dan histori perusahaan.

Kalau aku dulu sebenarnya kalau lihat tulisan ingatnya kertas lho. Soalnya dari kecil kalau beli kertas atau buku ingat di bagian belakangnya ada logo Sinar Mas. Terus beberapa tahun yang lalu di Bengkulu berdiri Bank Sinar Mas. Kemudian salah satu temanku menikah dengan seorang pria yang bekerja di cabang usaha minyak goreng. Jujur aku baru tahu kalau ternyata Sinar Mas tidak hanya mengurusi masalah kertas.

Apalagi Sinar Mas berkomitmen pada praktik bisnis berkelanjutan melalui aspek ekonomi, kelestarian lingkungan dan kesejahteraan sosial. Jadi fokusnya adalah pengelolaan komoditas serta layanan yang menjadi kebutuhan utama masyarakat, yang sekaligus mampu mendorong kesejahteraan dan perekonomian bangsa. Keren ya.

Sinar Mas
.
Penasaran dengan Sinar Mas akhirnya aku jalan-jalan di dunia maya. Ternyata Sinar Mas itu bermula pada tanggal 3 Oktober 1938 silam. Saat Eka Tjipta Widjaja yang pada saat itu berusia 15 tahun memilih kewirausahaan sebagai jalan hidupnya di Makassar, Sulawesi Selatan. Saat ini Sinar Mas berkembang menjadi sebuah brand yang digunakan oleh perusahaan-perusahaan dengan nilai korporasi dan sejarah yang sama, namun masing-masing dari mereka independen dengan manajemen tersendiri. Sekarang Sinar Mas merupakan industri nasional yang melibatkan sekitar 380.000 orang karyawan langsung. Itu baru karyawan langsung, kalau ditambah yang tak langsung pasti banyak nih.

Sebuah perusahaan besar dengan banyak cabang usaha sudah menurutku sudah selayaknya memberikan perhatian lebih kepada bangsa. Dan ternyata Sinar Mas sudah melakukan itu. Banyak sekali bentuk kepedulian mereka terhadap kemajuan bangsa. Contohnya adalah Wakaf Al Quran.

Pada bulan ramadan ini ada satu kegiatan dari Sinar Mas yang bikin aku bahagia. Tadi kan sudah kita singgung kalau salah satu cabang usaha Sinar Mas adalah kertas. Nah, karena itu mereka memberikan wakaf Al Quran sebagai bentuk kontribusi mereka untuk memenuhi kebutuhan Al Quran di tanah air.


Sejak tahun 2008 sudah hampir 800 ribu musshaf Al Quran dari Sinar Mas yang menyebar di berbagai wilayah Indonesia. Termasuk  panduan membaca Al Quran dan juzama, dan Al Quran braille untuk teman-teman tuna netra.

Selanjutnya ada bazaar rakyat nih. Sudah tahu kan kalau Sinar Mas adalah produsen untuk 3 merk minyak terkenal di Indonesia. Sebut saja minyak goreng Filma, Kunci Mas dan Mitra.
       
Filma              

Minyak goreng Filma merupakan minyak goreng premium yang dihasilkan dari buah sawit yang dipilih secara seksama dan dihasilkan melalui teknologi penyulingan terbaru dengan pengendalian mutu terbaik untuk memastikan kejernihannya. Kegunaan minyak goreng ini adalah untuk menggoreng, menumis dan membuat salad.

Kunci Mas
Kunci Mas adalah minyak goreng berkualitas yang dihasilkan dari buah sawit yang dipilih secara seksama dan dihasilkan melalui teknologi penyulingan terbaru dengan pengendalian kualitas terbaik untuk memastikan Kejernihannya. Kegunaan minyak goreng ini adalah untuk menggoreng dan menumis.

Mitra
Minyak goreng Mitra adalah minyak goreng berkualitas tinggi yang dihasilkan dari buah sawit yang dipilih secara seksama dan dihasilkan melalui teknologi penyulingan terbaru dengan pengendalian kualitas terbaik untuk memastikan Kejernihannya. Kegunaan minyak goreng ini adalah untuk menggoreng, menumis dan membuat salad.

Nah, dalam rangka mendukung kebijakan Pemeritah sembari berbagi melalui program corporate social responsibility digelarlah Bazaar Rakyat.

 

Pada kegiatan yang berlangsung di berbagai kota melibatkan pula pilar bisnis Sinar Mas yang ada di sana, serta para mitra dari beragam lembaga, mulai dari TNI, Polri, perguruan tinggi, organisasi kemasyarakatan, serta pesantren. Adapun minyak goreng yang disalurkan tahun ini seharga Rp 8.000 per liter saat harga pasar mencapai Rp 13.000.

Semoga Bazaar Rakyat 2018 bisa terus berlanjut di tahun-tahun selanjutnya dan semakin menjangkau banyak daerah, aamiin.             


16 comments

  1. Kegiatan bazar yang bagus meringankan kebutuhan sosial dan semoga secara kontinyu diadakan ya.

    ReplyDelete
  2. Ternyata ada yang lain juga ya dari Sinar Mas. Kirain bank aja. Alhamdulillah ada program wakaf Al Quran. Semoga wakaf nya juga bisa sampe daerah timur Indonesia. Karena di sana sangat kurang perhatian.

    ReplyDelete
    Replies
    1. aamiin, iya tu. Pas banget kalau diadakan di sana

      Delete
  3. Moga program ini juga bisa dilakukan untuk wilayah Bengkulu ya

    ReplyDelete
  4. Minyak Filma dan mitra dari sinar mas ini akrab bgt sma keluarga kmi mbx. Hee

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalau kami lebih sering filma sih, mitra jarang nemu soalnya

      Delete
  5. Asa bazar Alquran nya jga y mbx. Masyallah..

    ReplyDelete
    Replies
    1. bukan bazaar sih, lebih tepatnya ada pembagian Al Quran. mantab

      Delete
  6. Bazar-bazar seperti ini memang membantu sekali. Mayan kan bisa dapat sembako dengan harga miring. Apalagi kualitasnya oke punya. ^^

    ReplyDelete
    Replies
    1. embantu banget Tan, mbak juga mau beli mah rasanya

      Delete
  7. Semoga banyak sinarmas-sinarmas lain yg bermunculan utk mengadakan bazaar serupa...

    ReplyDelete
  8. Aamiinn soga kita juga bisa melakukan hal yang sama seperti ini suatu saat nanti

    ReplyDelete