Kisah bla bla bla di balik acara flash blogging Bengkulu


Aku tuh sebenarnya sudha lama pengen cerita tentang catatan di kegiatan Flash Blogging Bengkulu, 27 April 2018 lalu di hotel Amaris. Tapi baru kesampaian sekarang ya sis :), sibuknya haha

Kegiatan Flash Blogging ini sebenarnya penuh drama dari hari awal kegiatan, pesertanya berubah terus. Jatah jumlah peserta dari pihak dari pihak Kementerian Komunikasi dan Informasi Republik Indonesia dan Tim Komunikasi Presiden ini sebnarnya  75 orang. Tapi pada akhirnya kegiatan yang mengusung tema “Menuju Indonesia Maju” ini hanya dihadiri 70 orang ya kalau ga salah. Ada yang berhalangan hadir karena sesuatu dan lain hal.



Maklum saja, kegiatan ini dilaksanakan pada hari kerja. Yup, benar sekali. 27 April 2018 itu adalah hari jumat, jadi yang ngajar ya harusnya ngajar dan yang kerja harusnya kerja. Jadi bagi yang mau ikutan harus izin dulu, beh....belum dikasi izin kan jadi itu ribet.

Peserta pada cara ini sebaian besar orang asing untukku. Ada yang datang dari Kabupaten Bengkulu Selatan, kabupaten Seluma dan Kabupaten Bengkulu Utara. Meskipun Kota Bengkulu tetap mendominasi sih.

Kegiatan diisi dengan pembukaan, pemberian materi dari pihak kerajaan heheeehh maksudku dari pihak Tim Komunikasi Presiden dan dari Mbak Mira Sahid selaku blogger. Aku suka materinya meski jujur benar-benar tidak fokus dengan acara, secara kan kita minta ikutan lomba ngetwit. Kita sibuk ngetwit dan pembicara sibuk memberikan materi. Jujur sebenarnya kalau kita pengen fokus kita ga bakal mau ikutan live twit meski ada hadiah yang dijanjikan oleh panitia :D


Kegiatan ini bertabur hadiah payung. Jadi jika ada beberapa peserta yang diminta menjawab pertanyaan atau maju mereka akan dapat hadiah payung. Sepertinya ada sekitar 20 payung yang mereka siapkan dan aku ga kebagian hahahahaa...

Hadiah yang sedikit berbeda itu untuk para pemenang live twit, mereka dapat head phone. Dan untuk pemenang flash blogging, jara 1 mendapatkan uang tunai Rp 1.500.000,-, juara dua dapat Rp 1.000.000,-, juara 3 Rp 750.000,-. Uniknya di Bengkulu kita dapat tambahan 2 orang pemenang lagi, nah yang ini aku ga tahu jumlanya berapa. Selamat ya untuk yang menang.

Kalau tulisanku kemarin memang kayaknya masih kurang deh dari mereka (mengakui kekalahan :D). Karena penilaiannya selain lengkap karena tampilan juga. Aku ingat penjelasan dari panitia tentang mengapa mereka menang.

Tulisan juara pertama katanya layak jadi juara karena lengkap dan fotonya bagus, disertai dengan kalimat clossing bagus dari penulis. Untuk juara kedua katanya karena gaya ceritanya gaya curhat emak-emak banget, sepertinya aku harus banyak belajar dengan pemenang juara pertama. Untuk juara ketiga katanya karena selain tulisannya lengkap, ada videonya. “Sempat-sempatnya bikin video” begitu kata panitia, hal ini sepertinya sama dengan pemenang juara 1 di salah satu kota di Pulau jawa yang aku lihat, dia juga menyelipkan video di tulisannya. Juara keempat karena animasi di blognya, karena tulisan muncul seperti slide show power point gitu. Terkahir juara kelima karena judulnya yang klik bite, hmmm...ok2.

Salah satu yang aku pelajari dari kegiatan ini adalah kalau ikut lomba menulis, perbaguslah fotonya (beli kamera DSLR sis), perbagus tulisannya, tambahkan media penunjang seperti video, perbagus judulnya dan jangan lupa pilihlah template blog yang enak dipandang sip sip sip.

Alhamdulillah pas pulang dapat uang pengganti transport Rp 100.000,- dan sebuah tas sandang belakang senilai Rp 50.000,-. Tasnya bagus, aku suka. Makasih untuk panitia yang sudah susah-susah ngadain acara untuk kami. Makasih juga untuk Mbak Milda dan Ria yang sudah membantu mengumpulkan kami sebagai peserta. Semoga lain kali aku bisa menang ikutan lomba nulis, aamin.

2 comments

  1. Waaah keren nih acaranya, dududu.. Tp knpa aku jd penasaran sama tas sandang belakangnya ya?🙊

    ReplyDelete