MENULIS BAIK DAN POSITIF BERSAMA KOMINFO UNTUK MENUJU INDONESIA MAJU


Maka nikmat mana lagi yang kamu dustakan?

Lho kok tiba-tiba ngomongin nikmat Ze?

Pasalnya hari ini, 27 April 2018 aku berasa beruntung karena termasuk salah satu dari 75 peserta Flash Blogging di Hotel Amaris Bengkulu. Acara yang diadakan oleh Kementerian Komunikasi dan Informasi Republik Indonesia dan Tim Komunikasi Presiden ini mengusung tema “Menuju Indonesia Maju”. Sebuah kalimat yang aku dan teman-teman aamiinkan bersama.

Acara dimulai pada pukul 09.00 dan diawali dengan menyanyikan lagi Indonesia Raya, mengingatkan kita semua agar cinta Indonesia. Lalu dilanjutkan dengan sambutan dari Sekretaris Dinas Kominfo Provinsi Bengkulu Bapak Ferry Ernez Parera. Beliau menceritakan tentang betapa banyaknya kekayaan alam Indonesia dan Bengkulu khususnya yang bisa menjadi daya tarik tersendiri, salah satu contohnya adalah dari sektor pariwisata. Bengkulu memiliki pantai indah di Kaur, wisata sejarah di Kota Bengkulu dan lain sebagainya.

Untuk memajukan sektor pariwisata ini banyak hal yang pemerintah Bengkulu telah lakukan. Salah satunya adalah mempromosikan Bengkulu dengan bekerjasama dengan para blogger di Bengkulu. Bukan hanya sektor pariwisata, pemerintah dan blogger di Bengkulu juga ikut mempromosikan produk-produk daerah.

Betul sekali yang disampaikan oleh beliau, aku sudah berapa kali ikutan acara yang diselenggarakan oleh pemerintah bekerjasama dengan para blogger. Salah satunya saat bekerjasama mempromosikan produk UKM Bengkulu. Ada produk kue tat, kopi, sirup jeruk kalamansi dan lain sebagainya. Kalau bukan kita siapa lagi dong ya yang mempromosikan daerah dan produk daerah kita, iyes.

Acara dilanjutkan dengan sambutan sekaligus pembukaan dari Bapak Dedet Surya Nandika, Direktur kemitraan Informasi dan Komunikasi Indonesia. Beliau menyampaikan tentang pentingnya penyebaran berita baik dalam dunia informasi. Hendaknya kita menyebarkan hal-hal yang bersifat positif dan tentunya jauhi hoaks. Hoaks yang menyebar terkadang malah menutupi hal-hal baik, termasuk hal-hal baik yang sudah dilakukan oleh pemerintah. Padahal sungguh banyak yang sudah dilakukan tetapi malah banyak yang tak tahu.


Pembukaan Oleh Pak Dedet
Misal nih ya, banyak yang tak tahu kalau sebentar lagi di Papua bakal diresmikan Jembatan Holtekamp. Sebuah jembatan yang dapat memangkas waktu tempuh dari Kota Jayapura ke Muara Tami, dari 2,5 jam menjadi 60 menit saja dan tentu banyak hal lainnya. setelah memberikan informasi singkat tersebut acara Flash Blogging dibuka secara resmi dan dilanjutkan dengan pemaparan materi.

Pada kesempatan ini yang diberi kesempatan untuk menjadi pembicara adalah Bapak Andoko Darta dari Tim komunikasi Presiden dan Mbak Mira Sahid dari blogger. Asik banget kan ya, pembicaranya kece. Semua bakalan semangat kalau pembicaranya kece.

Pak Andoko Darta 
Pak Andoko Darta mendapat kesempatan pertama untuk berbicara di depan. Ada satu kutipan kalimat yang aku ingat dari Pak Andoko.

KATAKANLAH YANG BENAR ITU BENAR DAN KATAKANLAH YANG SALAH DENGAN BENAR
(Andoko Darta)

Betul sekali kawan. Terkadang banyak hal benar tidak tersampaikan dengan benar dan terkadang banyak hal salah tidka tersampaikan dengan benar. Sebagai generasi Indonesia yang baik sudah seharusnya kita menyampaikan yang benar itu benar dan yang salah dengan benar. Berita hoaks yang menyebar dan tersampaikan dengan cara yang tidak benar bisa membuat Indonesia tidak sehat. Selain hal-hal penting nan mendasar Indonesia membutuhkan penyebaran informasi yang baik dan benar untuk MENUJU INDONESIA MAJU.

Ngomong-ngomong tentang hal-hal penting nan mendasar untuk MENUJU INDONESIA MAJU yang diperlukan adalah pembangunan pondasi, percepatan pembangunan infrastruktur dan pemerataan pembangunan yang berkeadilan. Hal-hal tersebut tergambar dari beberapa video yang beliau tampilkan, seperti video berikut.



Kita bisa lihat bersama bahwa telah banyak pembangunan yang sudah dilakukan oleh Presiden kita, Bapak Joko Widodo. Pak Andoko juga mengjak kita flash back lagi bahwa dulu harga BBM di Kalimantan sangat mahal, bisa mencapai Rp 45.000,-/liternya. Hal itu sudah ditangani dengan penyebaran BBM secara merata lho. Sebagai blogger kita bisa membantu pemerintah untuk menyebarkan informasi baik tersebut. Jangan sampai berita buruk atau hoaks merajalela dan menutupi hal-hal baik yang sudah dicapai Indonesia. 

Tambahan nih, bagi yang pengen tahu lebih banyak tentang perkembangan Indonesia, atau lebih tepatnya tentang apa-apa yang tengah dan sudah pemerintah lakukan bisa buka channel youtube Sudut Istana www.youtube.com/sudutistana. Banyak video tentang kegiatan pemerintahan Indonesia di sana dan segala sesuatu yang berhubungan dengannya. Salah satunya adalah video tentang paspampres Indonesia yang keren kemana-mana.


Beliau berpesan kalau ada kritik dan saran untuk kemajuan Indonesia tercinta bisa mengirimkan email ke [email protected] dan [email protected]

Sesi selanjutnya ada pembahasan masalah blog dari Mbak Mira sahid. Eliau menyampaikan bagaimana menjadi blogger yang sebenarnya. Beh.........kalau Mbak Mira yang ngomong aku setuju nih. Mbak Mira yang sudah malang melintang di dunia blog dari tahun 2008 menceritakan sejarah blog beliau. Beliau menceritakan bahwa dia dulu anti pemerintah sekali, tetapi setelah menydari bahwa itu tidak baik maka dia sekarang setuju untuk bersama-sama pemerintah mensukseskan kalimat MENUJU INDONESIA MAJU.

Banyak hal yang bisa blogger lakukan untuk kemajuan bangsa. Salah satunya adalah menuliskan hal baik.

Mbak Mira Sahid
Mbak Mira cerita tentang pentingnya open mind dan bersama-sama memberikan kontribusi yang baik untuk indonesia. Beliau berpesan untuk memikirkan apa yang kita tulis dengan baik. Jangan sampai yang kita tulis itu berdampak buruk untuk kita ataupun orang yang membacanya. Karena beliau berpesan bahwa YOU ARE WHAT YOU WRITE. 

“JANGAN PERNAH LELAH MENCINTAI INDONESIA”

(Sukardi Rinakit)


Foto Bersama Pemateri dan Peserta


26 comments

  1. wah seneng nya ikut acara Flash Blogging, kemarin gak ikut waktu di Jogja. Semoga next aku bisa ikut bakal seneng banget ahh mupeng sama materinya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya seneng mbak, keren lah acaranya

      Delete
  2. kereeen kereen mba.. ini kegiatan Indonesia Maju dilaksanakan di Jakarta atau Jogja gak ya hehe.. saya tak akan lelah mencintai Indonesia mba hehe. tapi perlu kita sadari bahwa di era Presiden saat ini, pembangunan infrastruktur ada buktinya semua dan sistem lebih tertata rapi.. Tapi entah namanya politik kita tidak akan tau bagaimana kabar Indonesia di tahun 2019 mendatang

    ReplyDelete
  3. Wah kemarin di Jogja juga ada nih,sayang aq ga bisa ikut. Jadi dapat ilmu baru di sini. Iya Mbak Mira Sahid memang sekarang mendukung literasi digital. Bagaimana menulis konten yang berkualitas,tidak hoax dll. Semangat yuk para blogger

    ReplyDelete
  4. Acara yang bermanfaat banget, aku kalo ada ginian di daerahku juga pasti dateng, apalagi pas bagian manfaat blog, pasti tambah excited, rasanya peran bloger sangat dibutuhkan ya :D

    ReplyDelete
  5. Open minded memang diperlukan. Saya senang dengan event semacam ini karena ya menulis itu tidak segampang update status! Pernah saya ada di event Jawa pos bersama mahasiswa lokal yang merujuk topik smart city without smart citizen karena banyak media lokal yang kurang edukasi.
    Semoga banyak event seperti ini di kota lain deh

    ReplyDelete
  6. wah keren acaranya,,, sayang Tangerang belum ada Flash blogging...

    atau jangan jangan saya yang gak update yah :(

    ReplyDelete
  7. Whooo bengkulu barusan ya. Banjarmasin uda beberapa bulan lalu. Di acara itu ada flash blogging yak? Ntar kepilih bbrp orang itu ke jkt ketemu Pak pres. Keren

    ReplyDelete
  8. Sungguh acara yang menarik dan berguna bgt dalam menambah pengetahuan soal menulis yang baik dan benar.. Alangkah indahnya jika para penyebar berita hoax diberi pencerahan dengan suruh ikut acara beginian, daripada membuat berita hoax yang memecah belah kesatuan negara, alangkah baiknya membuat berita yang baik dan bermanfaat untk khalayak ramai dan berguna dalam.memajukan pola pikir masyarakat indonesia..

    Tapi sayangnya itu hanyalah sebatas angan angan saya

    ReplyDelete
  9. Wah selamat ya Ze, keren banget acaranya, bisa ikut acara flashblogging dan mendapat materi yang kece

    ReplyDelete
  10. Katakanlah yang salah dengan benar. Yap, jangan ditambah-tambahin. Harus obyektif. Nah ini kadang sulit ya. Hehe. Tapi kita harus selalu berusaha menuliskan hal-hal yang baik dan benar ya, Mbak :)

    ReplyDelete
  11. Pokoknya jangan pernah lelah mencintai Indonesia ya mbak Ze.. pemikiran kita jadi terbuka ikut flash blogging ini.. kadang kita langsung berpikir ah ini pasti pencitraan kalo yg berhubungan sama pemerintah. Padahal yang mereka kerjakan ya benar adanya. Tapi tetep boleh dikritisi untuk membangun

    ReplyDelete
  12. sepertinya kominfo lagi tour seluruh indonesia ya mbak. di aceh juga ada tempo hari. waah, kali ini ada mbak mira sahid yang jadi pematerinya. pasti seru banget

    ReplyDelete
  13. Wah aku mau dong ikut acara flashblogging kayak gini, membuat mata terbuka lebar dengan hujan informasi yang keren. Kominfo keren bisa bikin acara seru kayak gini.

    ReplyDelete
  14. "KATAKANLAH YANG BENAR ITU BENAR DAN KATAKANLAH YANG SALAH DENGAN BENAR" aku suka sekali ini. Tapi masalahnya menulis yang salah meski dengan benar tetap membuat jantung berdebar. Salah-salah dianggap pencemaran nama baik. Kaya kisah seorang blogger beberapa waktu lalu.
    Aku sendiri lagi mengumpulkan keberanian untuk menulis sebuah kekecewaan terhadap sebuah event.
    Ini acaranya keren banget sih. Aku sempat mengintip di media sosial beberapa waktu lalu, Flashblogging.

    ReplyDelete
  15. saya pernah ikut acara kominfo
    trus ikut lomba live tweet dan dapat hp hehehe

    jika ingin indonesia maju mmg harus dimulai dr warganya
    berperilaku baik,. bertingkah baik dan intinya sesuai nilai nilai pancasila
    semoga indonesia makin maju

    ReplyDelete
  16. Tak pernah lelah untuk mencintai Indonesia, sukses ya untuk acaranya. Inspiratif banget apalagi narasumbernya mbak Mira Sahid. Top bangetttt lah. Salam sukses dari Bojonegoro ya.

    ReplyDelete
  17. Beberapa waktu lalu ada juga pertemuan dg org2 kominfo, tp bkn tentang blog. Hampir sama bahwa kita harus nulis dan nyebarin konten positif. Jauh2 lah dr yg jelek dan hoax

    ReplyDelete
  18. Penting banget menanamkan kejujuran kepada semua orang nih, agar informasi yang disampaikan sesuai dengan fakta. penerima jangan telan mentah mentah juga mesti krosscek

    ReplyDelete
  19. Waktu acara di Bandung namanya Flash Vlongging. Kalau di Bengkulu Flash Blogging ya..
    Padahal isinya kurang lebih sama, mengulas tentang penggunaan internet dengan bijak. Intinya No Hoax

    ReplyDelete
  20. Salah stau tugas kita sbg blogger ya buat menulis konten positif dan menghalau hoax.
    Meski demikian kalau menurut saya tetep sih kudu mengawal pemerintah, jd gak hanya menyampaikan yg baik2 aja tapi menyampaikan kritik membangun jg, tentu saja dengan cara yang tepat dan baik #imho :D
    Btw ini acara yang ada flash bloggingnya itu ya? Gmn rasanya ngeblog ttg event di tempat itu jg? hehe

    ReplyDelete
  21. Mantep banget quote nya.., katakan benar jika benar..katakan salah Shikamaru salah..tapi mesti diutarakan dengan cara baik..dan benar .

    ReplyDelete
  22. Acara yang keren banget! 😍 Aku suka ke acara seperti ini sayangnya gak bisa sering-sering tinggalin bocah, kusedihlah. Lah malah curhat, maaf mbak, hehehe

    ReplyDelete
  23. Waah..bener niih...keren banget acaranya.
    Berharap bisa diadakan di Bandung.

    ReplyDelete
  24. Wah, benar sekali, kita sebagai blogger harus bisa menyampaikan informasi yang benar dan bermanfaat ya :)

    ReplyDelete
  25. Baca ini dan sewdihh soalnya banyak yg masih suka mengumbar Hoaxxx
    Duhhhb..
    Semiga generasi masa depan pada cerdas2 yah dan menulis hal baik saja

    ReplyDelete