Theme Layout

Boxed or Wide or Framed

Theme Translation

Display Featured Slider

yes

Featured Slider Styles

[Boxedwidth]

Display Trending Posts

yes

Display Instagram Footer

No

Dark or Light Style

MENULIS BAIK DAN POSITIF BERSAMA KOMINFO UNTUK MENUJU INDONESIA MAJU



Maka nikmat mana lagi yang kamu dustakan?

Lho kok tiba-tiba ngomongin nikmat Ze?

Pasalnya hari ini, 27 April 2018 aku berasa beruntung karena termasuk salah satu dari 75 peserta Flash Blogging di Hotel Amaris Bengkulu. Acara yang diadakan oleh Kementerian Komunikasi dan Informasi Republik Indonesia dan Tim Komunikasi Presiden ini mengusung tema “Menuju Indonesia Maju”. Sebuah kalimat yang aku dan teman-teman aamiinkan bersama.

Acara dimulai pada pukul 09.00 dan diawali dengan menyanyikan lagi Indonesia Raya, mengingatkan kita semua agar cinta Indonesia. Lalu dilanjutkan dengan sambutan dari Sekretaris Dinas Kominfo Provinsi Bengkulu Bapak Ferry Ernez Parera. Beliau menceritakan tentang betapa banyaknya kekayaan alam Indonesia dan Bengkulu khususnya yang bisa menjadi daya tarik tersendiri, salah satu contohnya adalah dari sektor pariwisata. Bengkulu memiliki pantai indah di Kaur, wisata sejarah di Kota Bengkulu dan lain sebagainya.

Untuk memajukan sektor pariwisata ini banyak hal yang pemerintah Bengkulu telah lakukan. Salah satunya adalah mempromosikan Bengkulu dengan bekerjasama dengan para blogger di Bengkulu. Bukan hanya sektor pariwisata, pemerintah dan blogger di Bengkulu juga ikut mempromosikan produk-produk daerah.

Betul sekali yang disampaikan oleh beliau, aku sudah berapa kali ikutan acara yang diselenggarakan oleh pemerintah bekerjasama dengan para blogger. Salah satunya saat bekerjasama mempromosikan produk UKM Bengkulu. Ada produk kue tat, kopi, sirup jeruk kalamansi dan lain sebagainya. Kalau bukan kita siapa lagi dong ya yang mempromosikan daerah dan produk daerah kita, iyes.

Acara dilanjutkan dengan sambutan sekaligus pembukaan dari Bapak Dedet Surya Nandika, Direktur kemitraan Informasi dan Komunikasi Indonesia. Beliau menyampaikan tentang pentingnya penyebaran berita baik dalam dunia informasi. Hendaknya kita menyebarkan hal-hal yang bersifat positif dan tentunya jauhi hoaks. Hoaks yang menyebar terkadang malah menutupi hal-hal baik, termasuk hal-hal baik yang sudah dilakukan oleh pemerintah. Padahal sungguh banyak yang sudah dilakukan tetapi malah banyak yang tak tahu.


Pembukaan Oleh Pak Dedet
Misal nih ya, banyak yang tak tahu kalau sebentar lagi di Papua bakal diresmikan Jembatan Holtekamp. Sebuah jembatan yang dapat memangkas waktu tempuh dari Kota Jayapura ke Muara Tami, dari 2,5 jam menjadi 60 menit saja dan tentu banyak hal lainnya. setelah memberikan informasi singkat tersebut acara Flash Blogging dibuka secara resmi dan dilanjutkan dengan pemaparan materi.

Pada kesempatan ini yang diberi kesempatan untuk menjadi pembicara adalah Bapak Andoko Darta dari Tim komunikasi Presiden dan Mbak Mira Sahid dari blogger. Asik banget kan ya, pembicaranya kece. Semua bakalan semangat kalau pembicaranya kece.

Pak Andoko Darta 
Pak Andoko Darta mendapat kesempatan pertama untuk berbicara di depan. Ada satu kutipan kalimat yang aku ingat dari Pak Andoko.

KATAKANLAH YANG BENAR ITU BENAR DAN KATAKANLAH YANG SALAH DENGAN BENAR
(Andoko Darta)

Betul sekali kawan. Terkadang banyak hal benar tidak tersampaikan dengan benar dan terkadang banyak hal salah tidka tersampaikan dengan benar. Sebagai generasi Indonesia yang baik sudah seharusnya kita menyampaikan yang benar itu benar dan yang salah dengan benar. Berita hoaks yang menyebar dan tersampaikan dengan cara yang tidak benar bisa membuat Indonesia tidak sehat. Selain hal-hal penting nan mendasar Indonesia membutuhkan penyebaran informasi yang baik dan benar untuk MENUJU INDONESIA MAJU.

Ngomong-ngomong tentang hal-hal penting nan mendasar untuk MENUJU INDONESIA MAJU yang diperlukan adalah pembangunan pondasi, percepatan pembangunan infrastruktur dan pemerataan pembangunan yang berkeadilan. Hal-hal tersebut tergambar dari beberapa video yang beliau tampilkan, seperti video berikut.



Kita bisa lihat bersama bahwa telah banyak pembangunan yang sudah dilakukan oleh Presiden kita, Bapak Joko Widodo. Pak Andoko juga mengjak kita flash back lagi bahwa dulu harga BBM di Kalimantan sangat mahal, bisa mencapai Rp 45.000,-/liternya. Hal itu sudah ditangani dengan penyebaran BBM secara merata lho. Sebagai blogger kita bisa membantu pemerintah untuk menyebarkan informasi baik tersebut. Jangan sampai berita buruk atau hoaks merajalela dan menutupi hal-hal baik yang sudah dicapai Indonesia. 

Tambahan nih, bagi yang pengen tahu lebih banyak tentang perkembangan Indonesia, atau lebih tepatnya tentang apa-apa yang tengah dan sudah pemerintah lakukan bisa buka channel youtube Sudut Istana www.youtube.com/sudutistana. Banyak video tentang kegiatan pemerintahan Indonesia di sana dan segala sesuatu yang berhubungan dengannya. Salah satunya adalah video tentang paspampres Indonesia yang keren kemana-mana.


Beliau berpesan kalau ada kritik dan saran untuk kemajuan Indonesia tercinta bisa mengirimkan email ke [email protected] dan [email protected]

Sesi selanjutnya ada pembahasan masalah blog dari Mbak Mira sahid. Eliau menyampaikan bagaimana menjadi blogger yang sebenarnya. Beh.........kalau Mbak Mira yang ngomong aku setuju nih. Mbak Mira yang sudah malang melintang di dunia blog dari tahun 2008 menceritakan sejarah blog beliau. Beliau menceritakan bahwa dia dulu anti pemerintah sekali, tetapi setelah menydari bahwa itu tidak baik maka dia sekarang setuju untuk bersama-sama pemerintah mensukseskan kalimat MENUJU INDONESIA MAJU.

Banyak hal yang bisa blogger lakukan untuk kemajuan bangsa. Salah satunya adalah menuliskan hal baik.

Mbak Mira Sahid
Mbak Mira cerita tentang pentingnya open mind dan bersama-sama memberikan kontribusi yang baik untuk indonesia. Beliau berpesan untuk memikirkan apa yang kita tulis dengan baik. Jangan sampai yang kita tulis itu berdampak buruk untuk kita ataupun orang yang membacanya. Karena beliau berpesan bahwa YOU ARE WHAT YOU WRITE. 

“JANGAN PERNAH LELAH MENCINTAI INDONESIA”

(Sukardi Rinakit)


Foto Bersama Pemateri dan Peserta


QuickEdit

You Might Also Like

No comments

Post a Comment

[name=Zefy Arlinda] [img=http://res.cloudinary.com/momsodell/image/upload/v1521166151/Zefy.jpg] [description=Hai Saya Zefy, Hobi Makan-makan | Memasak | Jalan-Jalan.] (facebook=https://www.facebook.com/arlindazefy) (twitter=https://twitter.com/zarlinda) (instagram=https://www.instagram.com/zefyarlinda/)