Goreng Pisang Kesukaan


Goreng Pisang Kesukaan

Hayo yang masyarakat Indonesia dan suka dengan gorpis alias goreng pisang mana suaranya? Tos dulu kita hehe. Bengkulu di pagi hari yang ditemani hujan seperti ini mengingatkanku dengan pisang goreng dan teh hangat. Sayang stok pisang sedang kosong, kalau tidak pasti sudah dieksekusi di dapur tuh pisang.


Oh iya, aku adalah salah satu penggemar berat pisang goreng. Turunan dari ayah sepertinya, beliau suka sekali dengan makanan satu ini. kalau tidak goreng di rumah pas beli gorengan di pinggir jalan pasti pisang goreng dibeli juga. Kami sekeluarga adalah penggemar pisang goreng sejati, hmm.......kecuali suamiku. Dia bukan seorang penggemar berat seperti kami.

Entah dari mana asalnya buah pisang digoreng gitu ya, padahal konon katanya buah pisang lebih bagus dimakan tanpa diolah. Tapi yang namanya sudah suka mau gimana lagi, ya kan ya kan ya kan?

Kami biasa menikmati pisang goreng di pagi hari atau sore hari. Biasanya makannnya ditemani dengan teh hangat. Aku pernah baca ada yang makan pisang goreng ditemani sambal, ada yang makan pisang goreng ditemani tape ketan hitam, ada yang makan pisang goreng ditemani coklat, begitu beragam. Tergantung selera kitalah ya, yang penting harus ada temannya, kasihan goreng pisang kalau ga ada temannya atau jomblo, sepi :D.

Pisang yang kami goreng di rumah biasanya jenis pisang jantan atau pisang kepok. Padahal banyak sekali kan jenis pisang yang ada, ada Pisang Ambon, Pisang Curup, Pisang Susu, Pisang Serindit, Pisang Parang, Pisang Masak Semalam, dan para perpisangan lainnya. Tapi tetap, menurutku kedua pisang tersebut adalah jenis pisang yang paling pas menjadi bahan utama pisang goreng. Itu menurutku lho ya, kalau orang lain mungkin saja berbeda.
 Goreng Pisang Kesukaan

Pisang goreng kami buat dengan berbagai variasi lho. Ada pisang goreng yang digoreng dengan balutan adonan gandum saja, ada yang digoreng dengan balutan gandum + tepung beras + sagu, ada yang digoreng dengan balutan gandum dan tepung roti, bahkan ada yang kami goreng tanpa baju hihi, alias langsung goreng, itu enak lho benar. Tapi yang paling juara itu pisang goreng yang digoreng dengan balutan campuran tepung gandum + sagu + tepung beras, perbandingannya 1:1:1. Jaminlah pisang goreng yang dihasilkan akan crispy gimana....gitu. Apalagi kalau dalam adonannya ditambahin dengan telur dan vanili sebagai pewangi, kalau garam pasti lah itu :)

Goreng Pisang Kesukaan
Goreng Pisang Tanpa Baju
Kalau makanan kesukaan kalian apa? Apa goreng pisang juga? Kalau goreng pisang juga kesukaan kalian yang mana? Share yuk :)



13 comments

  1. Kujuga suka pisgor. Di rumah juga suka nyetok pisang dan nyicil menggorengnya sebagai cemilan pagi atau sore. Paling enak sekarang sudah ada tepung instan untuk pisang goreng, paling ditambah garam sedikit, jadi deh adonan pisangnya.

    ReplyDelete
  2. Samaaa, sarapan di rumah juga seringnya pisang goreng (kalo lagi ada pisang) hihi
    Tapi aku baru denger ada jenis pisang jantan sampai pisang masak semalam :))
    Kalo aku paling suka pisang raja atau tanduk yang digoreng. Biasanya jg cuma pake terigu sama tepung beras aja. Aku baru tau nih pake tepung gandum, tepung sagu, dan tepung roti segala hehe nice share mbak

    ReplyDelete
  3. Aku sukanya risol sama bakwan, baru di tempat ketiga goreng pisang. Tos kak, ternyata kita penggemar gorengan. Waduh, kalau ditanya nama pisang aku nggak hapal, taunya makan aja sih hehee

    ReplyDelete
  4. Kalau di daerahku, biasanya jenis pisang yg sering kali dibuat untuk.pisang goreng adalah jenis pisang kepok. Karena teksturnya yang lembut plus rasanya yg manis, dan.ketika digoreng itu rasanya nikmat bgt..

    Iya aku setuju bgt kalau makan pisang goreng itu ditemani secangkir teh atau kopi, lalu dimakan nya pas waktu hujan, rasanya tuh pas bgt ^^

    ReplyDelete
  5. hmmm,, kalo saya pisang goreng buatan istri yang paling disuka... hohohoho

    ReplyDelete
  6. Hmm., bila boleh jujur, aku bukanlah orang yang suka (sangat) dengan makanan yg satu ini.
    aku lebih suka alami saja tanpa olahan baik goreng maupun bentuk lainnya.
    Ops. Bagi yg suka pisgor, selamat menikmati.

    ReplyDelete
  7. Aku suka pisang, tp gak terlalu suka saat di goreng. Lebih suka gorengan lain macam tahu isi, yg rasanya gurih, bukan yg manis. Tp anak-anakku suka sm pisang goreng. Jadinya ya tetep aja sering bikin pisang goreng. Hahaha

    ReplyDelete
  8. Aku suka pisang kalau dimasak. Saat matang dr pohon, em..., kurang suka kecuali pisang jenis tertentu. Kalau gireng pisang maunya hangat2 atau dibakar jg enak sih

    ReplyDelete
  9. Paling enak dijus sih walaupun kudu cepet2 dimakan hihi aku suka segala olahan pisang, apalagi pisang panggang yummm

    ReplyDelete
  10. Saya cuma suka molen doank nih kalau pisang goreng. Atau yang digoreng tepung baisa, gak usah ada embel-embel yang lain.

    Makanya pisang goreng kekinian yang lagi hits, aku sih ndak masuk.

    ReplyDelete
  11. Aku suka pisang goreng. Apalagi pisang goreng Pontianak yang pake selai serikaya. Pisang goreng yang enak ditentukan oleh pilihan pisangnya. kalau pas matengnya pasti sedep banget!

    ReplyDelete
  12. Saya suka gorpis
    Kadang beli..kadang bikin sendiri
    Klu bikin sendiri.. Tepung nya yg instant
    Praktis banget hehehe

    Anak sy juga suka. Dia suka tambah coklat dan keju

    ReplyDelete
  13. Duh, baca ini pas malem-malem, aim jadi lapaaaaarr. Hahahaha.

    Tapi iya sih, pisang goreng memang salah satu cemilan terdabest yang pernah ada. Mau diapain aja tetep enak. Nyem.

    ReplyDelete