Apakah Baik Mengobati Jerawat Dengan Anti Biotik Terus-menerus?

Sumber foto: pixabay.com
Semakin hari semakin banyak yang menghubungi sosmedku gara-gara tulisan Mengobati jerawat dengan citra hazeline white. Ada yang menghubungi melalui Facebook, ada yang melalui email, ada juga yang datang ke Instagram. Mereka menanyakan cara pemakaian lengkap dan lain sebagainya.


Ok ok, sepertinya topik mengenai kecantikan memang tidak akan pernah habisnya dan selalu menjadi primadona di kalangan wanita. Karena smeua wanita pasti ingin tampil cantik dan sehat.

Melihat antusisme yang begitu tinggi itu aku malah jadi takut. Takut nanti malah obat yang aku ceritakan dan memang pernah aku pakai itu malah berdampak negatif, hal ini jangan sampai terjadi. Oleh karena itu aku memutuskan untuk menulis postingan ini.

Apakah Baik Mengobati Jerawat Dengan Anti Biotik Terus Menerus?

Pertanyaannya sekarang adalah.
1. Apakah benar aku pernah menggunakan citra hazeline white dicampur dengan clindamycin?
2. Apakah benar jerawatku habis?
3. Apakah masalah jerawat tidak timbul lagi?
4. Apakah tidak masalah jika campuran citra hazeline white dengan clindamycin digunakan selamanya?

Jawabanku
1. Yup, benar aku pernah menggunakan campuran citra hazeline white dan clindamycin.
2. Benar, jerawatku habis sampai banyak yang bertanya apa obatnya. Meski diakui sih, bekasnya masih ada yang bandel, hanya saja tipis, jadi kalau bedakan ya ga kelihatan lagi.
3. Masalah masih timbul sesekali, sesuai sikon. Misalnya saat sebelum datang bulan terkadang masih ada timbul 1 jerawat di wajah.
4. Ini yang membuat aku berhenti menggunakannya. Ternyata tidak baik jika kita menggunakan campuran ini dalam jangka waktu yang lama.
Mengapa?
Jadi ceritanya aku memiliki seorang sepupu seorang apoteker, dianya dulu tamatan SMK Farmasi, S1 dan S2 farmasi dan sekarang seorang dosen Farmasi di salah satu universitas negeri di Indonesia ini.

Pada suatu waktu kami kumpul para sepupu rempong, para sepupu rempong itu takjub dengan perubahan wajahku saat itu. Mereka mulai bertanya apa resepnya, aku dengan senang hati menjawab apa resep yang aku gunakan kepada mereka. Termasuk kronologis bagaimana resep itu aku dapatkan.

Sepupuku yang berprofesi sebagai dosen farmasi itu langsung mengernyitkan dahi dan memintaku untuk menghentikan penggunaan. Aku heran pasti, eh ini sedang senang-senangnya dapat wajah bersih malah diminta berhenti, bagaimana ceritanya coba.

Tanpa diminta dia memberikan penjelasan. Katanya clindamycin itu adalah sebuah antibiotik, penggunaan antibiotik dalam jangka waktu lama kurang bagus untuk tubuh kita. Akibat yang ditimbulkan akan sangat tidak baik. Jadi pergunakan antibiotik sebijaknya dan hindari penggunaan secara terus menerus, gunakan seperlunya saja.

Jadi untuk teman-teman yang punya masalah dengan jerawat dan ingin mencoba campuran clindamycin dan citra haseline white jangan lama-lama ya. Setelah jerawat bersih tidak perlu lagi memekai campuran tersebut. Kita tinggal memakai citra hazeline wahitenya saja tanpa campuran apapun.

Semoga tulisannya bermanfaat, semoga kita semua terhindar dari masalah jerawat, aamiin. 

Baca juga: Atasi masalah ketombe sekarang juga


58 comments

  1. Iya Mbak, antibiotik yang berlebihan malah membuat penyakit semakin kebal sehingga menuntut dosis lebih besar. Di situ salah satu bahayanya. Bahaya lainnya lebih banyak tetapi saya kurang ilmu.

    Alhamdulillah ya, jerawatnya sudah sembuh. Senang sekali membacanya.

    ReplyDelete
  2. Repot ya kalau kulit sensitif, tapi emang mau gmana perlu treatment. Saya jarang jerawatan. Satu dua muncul. tiga empat hari kering, garuk2 ilang. hehe (mngkn krn cowok juga ya. Eh banyak juga cowok yang jrawatan)

    ReplyDelete
  3. Uwaaaa aku baru tau niiih oplosan buat ngatasin jerawat... Sebentar lagi kumeluncur ke postingan terkait aaaah, hehehe

    Minyak kayu putih itu termasuk antibiotik kah? Soalnya aku pake itu buat ngatasin jerawat, hehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. minyak kayu putih? hehehe....ga tahu mbak heheheee...tapi info baru ini

      Delete
  4. Aku dulu pakai citra hazeline white, tp gak pakai campuran Mbak karena aku jarang jerawatan. Citra itu bagus, tapi harganya kok ya terus naik. Beberapa waktu lalu sempat susah nyari malahan. Duh....

    Tetep ya pakai yg bkn alami ada efeknya

    ReplyDelete
  5. mbak. campuran ini apakah kira2 ampuh untuk bekas jerawatnya saja? kayak bekas jerawat yg bopeng atau flek hitam gitu.. agak susah nih ngilangin bekas jerawat

    ReplyDelete
    Replies
    1. itu untuk jerawatnya saja mbak, kalau bopeng dan bekas jerawat sih tetap ada

      Delete
  6. penemuan yang sungguh spektakuler ya mbak. Tapi memang harus diawasi penggunaannya karena antibiotik sendiri kategori obat keras. perlu ukuran tepat biar hasilnya maksimal

    ReplyDelete
  7. kalau ditarik kesimpulan, memang cara cepat dan instan itu tidak ada yang baik ya mba.. semua pasti ada efek sampingnya. Untung sepupunya farmasi ya mba, kalau dipake terus menerus kan bisa bahaya juga

    ReplyDelete
  8. Betul, saya juga pernah baca, kalau penggunaan antibiotik teru menerus itu, tidak baik untuk tubuh. Sebaliknya, meminum antibiotik kurang dari anjuran dokter pun, kurang baik. Jadi sebaiknya kita minum antibiotik sesuai anjuran dari dokter.

    ReplyDelete
  9. clyndamicin itu antibiotik yah, bisa beli di apotek secara bebaskah? itu pemakaiannya dicampur? atau clyndamicinnya diminum? heheheh peasaran jadi banyak nanya

    ReplyDelete
    Replies
    1. itu dijual bebas di apotek mbak, pemakaiannya dengan cara dicampur ke citranya

      Delete
  10. Wah baru tahu nih. Aku pernah menggunakan clindamycin untuk jerawat di punggung. Tapi tidak terus2an sih. Penasaran dengan resepnya dicampur citra hazeline, jadi langsung cuss ke postingan sebelumnya. Hehe

    ReplyDelete
  11. saya dulu waktu SMP banya jerawat
    suka saya pencet..wajah jd berlobang
    dulu krn ga tahu gimana perawatannya

    SMA sy rutin oleskan jeruk nipis sebelum mandi
    alhamdulillah jerawat ga ada lg
    klu ada pun satu satu

    sampe sekarang msh rutin bersihkan dengan jeruk atau lemon

    ReplyDelete
  12. Baca ini aku jd inget salah Satu episode Dr house. Tentang bayi bayi yang baru lahir lantas terkenal virus yang kuat sekali.. dari 6 bayi yang terinfeksi.. Ada 1 yang tidak bisa diselamatin. Ternyata masalahnya cm karena virus flu kalau ga salah. Bagi org dewasa itu virus yg biasa saja efeknya. Tapi karena bayi blm sempurna antibodynya.. mereka kena efek yang mematikan. Setelah diberi bermacam2 antibiotic tp ndak mempan. Kata dokter house itu disebabkan penggunaan antibiotic yg tidak bijaksana yang dipakai oleh ortu mereka. Jadilah bocah bocah itu jadi kebal antibiotic.

    ReplyDelete
  13. Aku baru tahu.loh kalau antibiotik bisa untuk mengobati jerawat. Pemakaian dalam waktu lama bisa menyebabkan bakteri menjadi kebal, mbak.
    Di rumah, saya meminimalisasi penggunaan antibiotik. Jika hanya batuk atau flu, ya dibantu dengan daya tahan tubuh/vitamin/suplemen.

    Semoga jerawatnya gak dateng lagi ya mbak...

    ReplyDelete
  14. Baru tau ada formula ginian,, hahahaha
    bagus lah kalo dah berhenti.. Yang alami lebih sehat.

    ReplyDelete
  15. wah baru tau ya antibiotik bisa untuk jerawat. Tapi kalau sudah pakai rutin dan tiba2 berhenti ngaruh gak di wajah kita? Atau malah balik lagi kaya semua?

    ReplyDelete
    Replies
    1. ga balik jerawatan lagi kok mbak, tetap sehat :)

      Delete
  16. makanya penggunaan obat antibiotik itu harus dengan resep dokter ya mba, harusnya sih gak boleh digunakan sembarangan.. alhamdulillahnya sekarang muka mba udah bersih dari jerawat ya hehe

    ReplyDelete
  17. lha itu dapat antibiotiknya dari mana Mbak? hehe hayo dari oknum apotek ya? aku pernah diresepin dokter kulit, tapi ya setelah 3 minggu diminta kontrol. saat itu dapat resep antibiotik 2strip,20 biji. seharusnya memang ada batas waktu,karena penggunaan nggak sesuai indikasi justru bikin tubuh jadi bereaksi lain. terkait antibiotik ya bisa resisten atau kebal tadi, malah ekstrimnya tumbuh jamur. Kok bisa? Aku pernah nulis tentang ini nih=)

    ReplyDelete
  18. Wah jadi pengen nyobain perawatan menggunakan citra hazeline white dicampur dengan clindamycin. Kebetulan widya skrg lagi ada jerawatnya. Alhamdulillah jerawatnya cuma satu.

    ReplyDelete
    Replies
    1. bagus Wid kalau wajahnya ga bermasalah. Kalau hanya satu mah biasa :D

      Delete
  19. I have to say that this is too much mbak. Jerawat pada prinsipnya bisa diobati dengan gaya hidup dan baik dan skincare yang tepat. Happy to hear kalau kamu udah berhenti melakukan ini. Efeknya kurang baik untuk tubuh. Esp kulit.

    ReplyDelete
  20. semua obat atau hal hal berlebihan memang tidak baik mba. Sebaiknya pakai seperlunya aja biar aman. Apalagi, jerawat biasanya sih didiemin aja ntar juga ilang asalkan kita rajin cuci muka aja sih aman

    ReplyDelete
  21. ih tetep bagi beberapa wanita mah yang penting jerawat ilang cepet, muka jadi bersih, mau pake aja boleh,, ya itu tapi harus cermat lagi..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yup, harus cermat banget mbak. Bahaya ini soalnya

      Delete
  22. Wah baru tahu loh ada antibiotik ini. Klo pake trs berhenti ada efeknya gak mbk? Aku takutnya pake obat" jerawat nnti klo udh pake jdi ketergantungan gitu. Kan bnyk tuh yg beginian jdinya keterangan,giliran gak dipake lagi jerawat malah makin parah. Kan serem mbak

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau yang ini kalau kita berhenti ga ada efek dek, waja tetap bersih. Tapi ya itu, kalau dipakai terlalu lama ga bagus untuk kitanya

      Delete
  23. katanya kalo jerawat jangan sampe kontak langsung sama tangan ya,cuci tangan dulu atau pake pelapis lain,
    mau coba sih ga masalah, daripada penasaran hahahhaa

    ReplyDelete
  24. Ngeri banget ya mba kalo ngilangin jerawat pakai campuran antibiotik akan terjadinya ketergantungan jika dikonsumsi dalam jangan waktu yang lama. Aku paling nggak suka kalo cream dicampur dengan antibiotik

    ReplyDelete
  25. Tergantung penyebab jerawatnya juga kali ya Mba. Hihi. Btw emang bener sih pake antibiotic terus menerus bikin badan resisten katanya. Trus ntar mslah ga ampuh lagi penggunaannya CMIIW

    ReplyDelete
  26. Bagus banget nih info untuk yang jerawatan kayak akuh. haha
    memang kehadiran jerawat itu cukup mengganggu, mengganggu penampilan, mengganggu pikiran dan yang paling ngenes itu mengganggu kantong.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yang terkahir memang paling mengerikan Mir

      Delete
  27. oh begitu tho... jadi gak baik ya Mbak, kalo digunakan terus-menerus, maslaah jerawat ini kadang bikin stress ya, selain gak sedp dipandang, muka jadi sakit semua lho... seriusss T-T

    ReplyDelete
  28. Jadi ingat ada senior yang ngerekomendasiin citra + anti biotik untuk obat jerawat pas dia lihat bintik-bintik merah bersemi di wajah saya. Jangan-jangan dia juga dapat dari blognya mba hihi. Tapi sayangnya saya cuek aja waktu itu. Sekarang pakai gizi cream sih alhamdulillah masih ada jerawatnya tapi sudah jauh mendingan. Kayaknya yang bahan kimia memang ngak baik ya untuk jangka panjang.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nah....mungkin itu hahahaaa

      Alhamdulillah kalau masalah jerawat mbaknya sudah berkurang

      Delete
  29. manjur yaa mbak.. adekku yang cewek parah bingitsss jerawatnya. Padahal udah rajin bersih bersih muka

    ReplyDelete
  30. Aku sih g jerawatan jadi keknya belum saat ini menggunakan ini

    ReplyDelete
  31. Pamannya Nawra ada nih yang jerawatan , bisa dikasih tau info ini kak

    ReplyDelete
  32. Dulu waktu dicurup aku juga sering pake cindamixin itu zef hehe skarang ga Lgi

    ReplyDelete
  33. Alhamdulillah wajah aman. Aman karena saya menjaga konsumsi makanan yg menimbulkan jerawat spt kacang. Sama saya rajin cuci muka aaja. Ini udah dari SMP rajin cuci muka.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sip, kayaknya yang terpenting ya menjaga kebersihan

      Delete
  34. Antibiotik untuk jerawat juga takarannya harus sama ya kayak kita minum obat. Takut jadi kebal kalau berlebihan.

    ReplyDelete