Theme Layout

Boxed or Wide or Framed

Theme Translation

Display Featured Slider

yes

Featured Slider Styles

[Boxedwidth]

Display Trending Posts

yes

Display Instagram Footer

No

Dark or Light Style

SWADAYA MASYARAKAT PINTU BATU UNTUK KEBERHASILAN PROGRAM


Seperti kita ketahui bersama bahwa program KOTAKU terdiri dari kegiatan kegiatan sosial, ekonomi dan infrastruktur. Dan kali ini ada cerita baik tentang kegiatan infrastruktur di Kelurahan Pintu Batu. Ada kisah menarik di sana tentang swadaya masyarakat. Perlu kita flash back kembali di awal promram ini berjalan, berhasil atau tidaknya suatu program pemberdayaan salah satunya terlihat dari seberapa antusias warga sekitar memberikan swadaya mereka. Swadaya ini bisa berbentuk bantuan material ataupun uang, ataupun apapun itu  yang bisa memperlancar pekerjaan di lapangan.


Pada tahun 2017 Kelurahan Pintu Batu terpilih sebagai salah satu dari 5 kelurahan di Kota Bengkulu yang  mendapatkan Bantuan Dana Investasi (BDI). BDI yang didapat sebesar Rp 500.000.000,-, dana ini dialokasikan untuk menuntaskan kumuh di kelurahan. Dana Rp 500.000.000,- sebenarnya tidak akan cukup untuk menuntaskan semua kegiatan, apalagi untuk memberikan sentuhan seni ke kegiatan infrastruktur yang dibuat. Perlu tambahan dana lain untuk membuat infrastruktur yang telah dibuat menjadi semakin baik.


Pemanfaatan dana BDI dimulai pada bulan Agustus 2017, dibentuk 2 KSM untuk mengerjakan kegaitan. KSM yang terbentuk adalah KSM Lorong Binjai dan KSM Samudra. KSM Lorong Binjai mengerjakan jalan rabat beton dan drainase dengan total dana Rp 245.868.000,- di RT 3. Sedangkan KSM Samudra mengerjakan pagar pengaman, TPT, jalan rabat beton dan drainase.

Pada bulan November semua pekerjaan telah selesai, pengerjaan telah sesuai dengan yang diinstruksikan oleh fasilitator teknik dan kualitasny sudah sesuai standar. Tetapi benar kata orang kalau ibarat perempuan, dia akan terlihat lebih cantik jika berdandan. Begitu pula dengan kegiatan infrastruktur di Kelurahan Pintu Batu. Meski telah selesai dan memiliki kualitas yang baik tetap saja perlu sesuatu yang bisa membuat apa yang telah dibangun menjadi lebih cantik. Pada awalnya pihak BKM dan KSM ingin menggunakan sebagian dana untuk mempercantik kegiatan (beautifikasi), tetapi ternyata setelah dihitung dana yang ada tidak cukup.

Para relawan di masyarakat mulai bergerak mencari tambahan dana untuk beautifikasi. Dana swadaya diharapkan bisa digunakan untuk mempercantik kegiatan yang ada. Bagusnya, Kelurahan Pintu Batu ternyata dipenuhi dangan banyak orang baik. Dalam jangka waktu yang tidak lama terkumpul dana Rp 14.965.000,-. Dana ini merupakan kumpulan dari masyarakat dan para pengusaha yang memiliki tempat usaha di kawasan Pintu Batu. Ternyata lokasi yang strategis dan dipenuhi para pengusaha memberikan dampak positif pada kemajuan kelurahan.

Dana yang terkumpul digunakan untuk membantu kegiatan yang ada dan proses beautifikasi. Untuk proses beautifkasi dilakukan pengecatan dengan cat warna warni pada tembok di pinggir jalan raya di RT 3. Hasil pengecatan dapat dilihat pada gambar 1 dan 2. Pada gambar terlihat jelas bahwa proses beautifikasi  dari dana swadaya masyarakat telah sangat mengubah penampilan Kelurahan Pintu Batu menjadi lebih indah dipandang. Semoga kedepannya swadaya masyakat dapat lebih baik dari yang telah diberikan pada kegiatan kali ini.

Baca juga: Indahnya Kolaborasi
QuickEdit

You Might Also Like

No comments

Post a Comment

[name=Zefy Arlinda] [img=http://res.cloudinary.com/momsodell/image/upload/v1521166151/Zefy.jpg] [description=Hai Saya Zefy, Hobi Makan-makan | Memasak | Jalan-Jalan.] (facebook=https://www.facebook.com/arlindazefy) (twitter=https://twitter.com/zarlinda) (instagram=https://www.instagram.com/zefyarlinda/)