Tips mengobati panu dengan daun ketapang

daun ketapang
Daun Ketapang

Panuan ya?

Pasti rasanya tidak enak kan? Panu itu membuat kita tidak PD alias percaya diri, betul betul betul. Panu itu kan membentuk bercak putih, coklat atau merah tergantung dari warna kuit kita dan panu membuat warna kulit menadi tidak merata. Biasanya panu akan lebih mudah terlihat jika diderita olah orang berkulit gelap.

Aku teringat dulu sewaktu SD ada seorang teman yang terkena panu. Kulitnya hitam manis, jadi panu terlihat jelas ada di punggungnya dan ini membuat dia malu. Karena malu dia takut untuk membuka pakaiannya saat renang, padahal dia adalah seorang anak laki-laki yang biasanya dengan bahagia akan melepaskan pakaian saat akan berenang.

Ya, memang sebiasanya kita jauh-jauh deh dengan yang namanya panu. 

Penyakit ini biasanya disebabkan karena kurang memperhatikan kebersihan diri, seperti tidak suka mandi. Atau bisa juga karena salah saat membersihkan diri seperti mandi saat suhu badan masih panas dan berkeringat. Sebaiknya kita membersihkan diri atau manddi saat suhu badan sudah normal dan keringat tidak keluar lagi.

Kalau sudah terkena panu sebaiknya segera diobati agar panu tidak menyebar kemana-mana dan lebih mudah untuk diobati. 

Berikut tips mengobati panu dengan daun ketapang.

Ambil 5 lembar daun ketapang, hancurkan dan tempel sambil sedikit digosok ke kulit yang terkena panu sebanyak 3 x sehari. Lakukan terus hal ini sampai panu sembuh.

Saat kita menggosokkan daun ketapang ke kulit akan terasa pedih, tahan saja ya. Ini demi kesehatan, pedih sedikit-sedikit tidak apalah. Jangan lupa jaga kebersihan kulit.

Oh iya, kalau di daerah asal orang tuaku di Seluma, kami menyebut daun ketapang itu daun gelinggang. Justru aku baru tahu kalau bahasa indonesianya daun ketapang baru akhir-akhir ini karena ada beberapa orang yang menanyakan daun ketapang tetapi aku tidak tahu dan aku bilang "ga ada" hehheeehheee...padahal nih daun banyak di dekat rumah (maklum dekat rawa) :D

Semoga yang terkena panu segera sembuah, aamiin. Hidup kulit sehat.

Baca juga Jeruk Nipis dan Sejuta Khasiatnya

22 comments

  1. Wah baru tahu kl daun ketapang bisa untuk sembuhkan panu

    ReplyDelete
  2. Wah baru tahu kl daun ketapang bisa untuk sembuhkan panu

    ReplyDelete
  3. Kalo di dusun kami namanya daun ketepeng..bisa juga untuk obat kurap,kutu air tuh mbak.

    ReplyDelete
    Replies
    1. ohh,,,ternyata bisa untuk kutu air juga ya. makasih infonya mas

      Delete
  4. Kalo di dusun kami namanya daun ketepeng..bisa juga untuk obat kurap,kutu air tuh mbak.

    ReplyDelete
  5. jadi terkenang masa kecil hehe.. dulu di depan rumahku ada pohon ini, jadi sering banget ada orang yang gak dikenal mampir mau minta daun ketapang. Kalo gak salah kami nyebutnya ngga ketapang, daun apa kayak gitu.. tp saya lupa ^^

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bagus dong mbak banyak yang minta, jadi banyak dapat pahala

      Delete
  6. Bakalan saya kasih tahu sodaraku ni zef, dia kemarin butuh buat obat panu, makasih info nya ya

    ReplyDelete
  7. Baru tau kalo daun itu bermanfaat, kirain cuma tanaman liar di semak" aj mbak. Thanks infonya mbk

    ReplyDelete
  8. Wah, dirumah kemarin ada yang panuan, tapi alhamdulillah pake salep sembuh. Besok-besok kalau dia panuan lagi fira rekomen ini deh

    ReplyDelete
  9. Kalau di kampung saya, ini namanya daun gelenggang...

    ReplyDelete
    Replies
    1. mirip dong, kalau kami bilangnya gelinggang

      Delete
  10. Obat tradisional yg mujarab ya mbak. Panuan bikin gak PeDe ya mbak

    ReplyDelete
  11. Wah saya malah baru tau nih mbak. Ramah lingkungan ya karena pake bahan alami :)

    ReplyDelete
  12. Baru lihat aku daun ketapang ternyata khasiatnya bisa menyembuhkan panu yang bikin percaya diri turun, terimakasih infonya kebetulan di depan rumah ada anak yang panuan

    ReplyDelete
  13. Kak bisa g daun ketapang bisa ngilangin noda hitam kaya panu gitu di sekitar pinggiran mulut

    ReplyDelete