Theme Layout

Boxed or Wide or Framed

Theme Translation

Display Featured Slider

yes

Featured Slider Styles

[Boxedwidth]

Display Trending Posts

yes

Display Instagram Footer

No

Dark or Light Style

Mengulas Kekurangan Belanja Daring dan Cara Mengatasinya



Belanja Daring

Belanja daring atau belanja online merupakan salah satu langkah untuk berbelanja menggunakan media online. Cara ini menawarkan banyak sekali kelebihan yang ada dari kemudahan, kepraktisan, tidak membuang waktu dan tenaga, mempunyai harga barang lebih murah, dan banyak keuntungan lainnya. Tetapi terlepas dari kelebihan tersebut, banyak orang yang masih takut untuk berbelanja dengan cara online karena takut dengan resikonya. Resikonya tersebut adalah kekurangan belanja secara online yang masih bisa dirasakan oleh masyarakat yang meliputi beberapa resiko sebagai berikut.

  1. Tidak bisa melihat barang secara langsung
Kekurangan dari belanja lewat cara online ini adalah tidak bisa untuk melihat barang yang akan dibeli secara langsung. Hal tersebut akan menuntun pada kekhawatiran lainnya sehingga banyak yang tidak jadi untuk membeli barang secara online. Padahal hal ini dapat diatasi sehingga pembeli dapat yakin untuk membeli barang secara online. Seperti dari memilih toko yang menggunakan foto barang asli atau real pict. Atau cara lainnya juga bisa untuk memilih situs jual beli online yang mempunyai pilihan review pelanggan dengan menyertakan foto barang. Sehingga dapat untuk meyakinkan apabila akan membeli barang secara online. Dan cara yang paling mudah lainnya adalah dengan cermat membaca spesifikasi produk baik ukuran, bahan, dan juga review produk dari pembeli sebelumnya.

  1. Mendapatkan barang yang tidak sesuai
Kekurangan belanja secara online lainnya adalah apabila mendapatkan barang yang tidak sesuai dengan pesanan. Biasanya ketika melakukan pembelian belanja daring pembeli tidak bisa melihat barang secara langsung dan hanya mengandalkan kepercayaan dengan toko yang dipilihnya. Oleh karena itulah biasanya barang yang dibeli dan diterima tidak sama dengan barang yang diinginkan. Baik dari segi kualitas, warna, desain, dan ukuran biasanya berbeda dengan yang ada di deskripsi. Apabila menemui hal tersebut, pembeli bisa untuk mengajukan komplain yaitu dapat mengajukan refund pengembalian barang dan uang. Dan juga bisa untuk memberikan penilaian buruk kepada toko tersebut. Sehingga pembeli selanjutnya akan lebih berhati-hati untuk belanja di toko tersebut.

  1. Barang yang tidak sampai tujuan
Kekurangan lainnya adalah pembelian barang yang tidak sampai pada tujuan. Padahal membeli online harus mentransfer uang terlebih dahulu baru barang akan dikirim. Hal itulah yang kemudian digunakan oleh penjual yang nakal untuk melakukan penipuan online dan membuat banyak masyarakat takut untuk membeli barang secara online. Padahal hal tersebut juga dapat diatasi dengan cara yang mudah yaitu membeli di situs jual beli online terpercaya dan juga membeli barang di toko online terpercaya. Sehingga dapat untuk terhindari dari kejahatan penipuan online.

  1. Barang sampai dalam waktu lama
Kekurangan belanja secara online lainnya yang sering membuat pelanggan kesal adalah pengiriman barang yang lama. Biasanya pembeli harus menunggu barang sampai dalam waktu hingga berminggu-minggu bahkan ada juga yang hampir 1 bulan. Barang yang lama itu sendiri karena biasanya membeli barang yang lebih murah dan pengirimannya dari luar negeri. Sehingga bagi yang ingin pengirimannya lebih cepat bisa untuk membeli barang dari toko yang dekat dan di dalam negeri saja.

Kekurangan belanja daring seperti di atas tentu saja dapat untuk diatasi agar bisa aman membeli barang secara online. Seperti dapat memperhatikan spesifikasi barang dengan teliti, melihat review barang, memilih toko yang aman, dan juga akan lebih aman untuk membeli barang di situs belanja online terpercaya dan COD agar bisa aman belanja.



QuickEdit

You Might Also Like

No comments

Post a Comment

[name=Zefy Arlinda] [img=http://res.cloudinary.com/momsodell/image/upload/v1521166151/Zefy.jpg] [description=Hai Saya Zefy, Hobi Makan-makan | Memasak | Jalan-Jalan.] (facebook=https://www.facebook.com/arlindazefy) (twitter=https://twitter.com/zarlinda) (instagram=https://www.instagram.com/zefyarlinda/)