Theme Layout

Boxed or Wide or Framed

Theme Translation

Display Featured Slider

yes

Featured Slider Styles

[Boxedwidth]

Display Trending Posts

yes

Display Instagram Footer

No

Dark or Light Style

Ibu Hamil Harus Ngidam?


hamil

"Ngidam apaan ze?"

"Eh, aku kayaknya ga ngidam apa-apa"

Itu adalah percakapan yang sering terjadi akhir-akhir ini. Orang-orang mempertanyakan makanan jenis apa yang menjadi incaranku di awal kehamilan, atau yang biasa kita kenal dengan kata "NGIDAM". Baiklah, uniknya adalah sejauh ini aku tidak ngidam. Agak sedikit berbeda dengan teman-teman yang kemarin hamil, mereka rata-rata ngidam. Karena ini adalah kehamilan pertama aku yang belum berpengalaman jadi penasaran.

Apakah ibu hamil harus ngidam?

Aku mulai berselancar di dunia maya dan banyak bertanya. Ternyata memang ada orang-orang tertentu yang tidak ngidam lho. Jadi ngidam itu tidak harus. Tetapi memang kebanyakan orang akan mengidamkan makanan tertentu saat di awal kehamilan.

Jadi mengapa ada ibu hamil ngidam?

Ternyata ibu hamil ngidam menandakan kebutuhan zat tertentu yang terkandung dalam makanan yang diidamkan. Misalnya ada yang ngidam ayam goreng, berarti kemungkinan besar dia sedang membutuhkan asupan protein. Atau misalnya si ibu hamil sedang ngidam jeruk manis, berarti kemungkinan besar tubuhnya sedang membutuhkan asupan vitamin C. Ada yang ngidam ice cream, maka kemungkinan besar tubuhnya sedang membutuhkan asupan lemak, begitu seterusnya. 

Oh ia, kita mungkin akan bertanya bagiamana jika ada yang ngidam makanan aneh seperti kaca, bedak dan lain sebagainya. Kemungkinan besar ibu yang ngidam hal aneh membutuhkan zat besi. Jadi ibu yang tidak ngidam kemungkinan besar memang tidak mengalami kekurangan asupan gizi untuk tubuhnya. 

Jadi mengenai ngidam-ngidam yang akan dipenuhi ini tinggal si ibu hamilnya nanti yang memilah dan memutuskan makanan jenis apa yang akan dimakannya. Tinggal disesuaikan dengan kebutuhan asupan gizi dan keuangan di dompet. Kalau misal ngidam ice cream, kita tinggal pilih ice cream yang sesuai dengan isi dompet. Jangan pula kerena ngidam kita hutang sana hutang sini, benar kan?


Apakah benar kalau ngidamnya ibu hamil tidak dipenuhi maka anaknya nanti akan ngences?

Ini nih yang terkenal di masyarakat, bahwa anak yang dilahirkkan annti akan ngences jika ngidamnya ibu tidak dipenuhi. Aku selalu ingat pesan orang-orang tua kepadaku saat baru tahu aku hamil. "Ingat ya, nanti kalau ngidam dicari makanannya. Jangan sampai nanti anakmu ngences". " Itu si ibu X lihat, anaknya ngences terus. Itu akibat kemarin sewaktu hamil ngidamnya tidak dipenuhi oleh suaminya". 

Membayangkan ada anak yang teruss-terusan mengeluarkan air liur rasanya ngeri juga. Jangan sampailah, akupun mengiyakan apa kata mereka. Tetapi setelah dipikir-pikir apa hubungannya, ia kan? Kalau untuk pembuktian secara ilmiah jelas ini akan sangat sulit dibuktikan. Satu hal yang pasti, yang sudah kita bahas di atas. Ngidam perlu dipenuhi karena kebutuhan gizi yang diperlukan oleh tubuh si ibu hamil, begitu.

Untuk ibu hamil di luar sana, yuk kita makan makanan bergizi.



QuickEdit

You Might Also Like

No comments

Post a comment

[name=Zefy Arlinda] [img=http://res.cloudinary.com/momsodell/image/upload/v1521166151/Zefy.jpg] [description=Hai Saya Zefy, Hobi Makan-makan | Memasak | Jalan-Jalan.] (facebook=https://www.facebook.com/arlindazefy) (twitter=https://twitter.com/zarlinda) (instagram=https://www.instagram.com/zefyarlinda/)