Theme Layout

Boxed or Wide or Framed

Theme Translation

Display Featured Slider

yes

Featured Slider Styles

[Boxedwidth]

Display Trending Posts

yes

Display Instagram Footer

No

Dark or Light Style

9 Rahasia Utama Untuk Mendekor Rumah Minimalis


rumah minimalis
Rumah minimalis
Memiliki rumah minimalis menjadi impian banyak orang. Entah di daerah perkotaan ataupun pedesaan, rumah minimalis tetap menjadi favorit. Hal ini dikarenakan rumah minimalis cenderung membutuhkan biaya perawatan yang murah. Jadi, pemiliknya tidak perlu kerepotan meluangkan waktu dan menyisihkan banyak biaya. 


Apakah Itu Gaya Minimalis?

Sebelum membahas lebih lanjut, tentu ada baiknya kita mengetahui apa yang dimaksud dengan minimalis. Gaya minimalis merupakan gaya dekorasi yang terfokus pada ruang, cahaya, serta objek di dalam rumah. Gaya minimalis sangatlah tergantung pada cara kita menata furniture di dalam rumah. Jadi, kita harus menggunakan furniture yang minim, namun tetap dapat berfungsi secara maksimal. 

Meskipun menggunakan prinsip kesederhanaan, gaya minimalis bukanlah gaya yang membosankan untuk dilihat. Sebaliknya, gaya minimalis bersifat tegas, efektif, serta berkesan.

Untuk mendekorasi rumah minimalis, ada 9 rahasia utama yang harus kita ketahui. Simaklah penjelasannya berikut ini!

1. Menggunakan Pilihan Warna yang Sesuai dan Teratur
Warna cahaya seperti putih dapat dipadukan dengan warna-warna netral. Misalnya seperti warna pastel dan abu-abu yang cocok untuk interior rumah minimalis. Meskipun dapat menambahkan warna-warna cerah, kita tidak harus menggunakan warna cerah untuk keseluruhan rumah. Tambahkan juga warna biru untuk menghindari kesan monoton pada warna-warna netral. Agar lebih menarik, kita juga bisa menambahkan lekuk horizontal pada meja kayu agar bagian rumah terlihat semakin mempesona.

2. Memperhatikan Space yang Kosong dan Titik Pusat Ruangan
Space yang kosong dianggap sebagai salah satu elemen penting pada dekorasi rumah minimalis. Space kosong menjadi tempat berinteraksi antara objek-objek di dalam rumah sehingga berpengaruh pada tampilan rumah. Sementara itu, penampakan visual yang seimbang pada rumah minimalis dapat diperoleh dengan memiliki titik pusat ruangan. Salah satu contohnya ialah mengisi ruangan kosong dengan sofa putih, kursi ottoman, serta lampu lantai.

3. Merapikan dan Menata Ulang
Untuk mewujudkan rumah minimalis, kita harus menyingkirkan barang-barang yang menumpuk. Caranya ialah dengan menata tampilan pada laci-laci dan meja-meja. Kita hanya perlu mengutamakan barang-barang yang penting. Sementara itu, barang-barang lainnya dapat disimpan di dalam lemari. Pada bagian dapur, kita juga perlu mengatur barang-barang apa saja yang bisa diletakkan di permukaan meja dapur.

4. Menggunakan Aksen Dekorasi
Meskipun memiliki rumah yang minimalis, janganlah berpikir kita tidak dapat mendekorasinya. Untuk mendekorasi rumah minimalis, kita dapat memberikan aksen yang tidak terlalu mencolok. Selain itu, kita juga dapat memajang satu karya seni yang menurut kita lebih baik. Hindari memasang karya seni yang terlalu banyak karena akan memudarkan kesan minimalis. Pada bagian kamar mandi, gunakanlah aksesoris yang memberikan kesan yang tegas dan proporsional. Dengan begitu, dekorasi tidak akan menjadi distraksi bagi penghuni rumah.

5. Membersihkan Sudut-Sudut dan Permukaan Furniture
Furniture dan barang-barang lainnya tentu memberikan pengaruh pada tampilan rumah minimalis. Oleh karena itu, keduanya harus dibersihkan secara detail, mulai dari sudut-sudut hingga bagian permukaannya. 

6. Berkreasi dengan Tekstur
Untuk menghilangkan kesan monoton pada warna, cobalah untuk menciptakan variasi tekstur rumah minimalis. Salah satu contohnya ialah menambahkan aksesoris pada bagian kamar tidur. Selain itu, cobalah untuk menggunakan lantai kayu untuk menambahkan tekstur pada kamar tidur.

7. Berkreasi dengan Cahaya
Jendela polos merupakan salah satu elemen yang cocok dengan rumah minimalis. Jadi, jangan menambahkan gorden di jendela kita. Biarkan cahaya natural masuk secara maksimal melaluinya. Secara tidak langsung, jendela ini akan menambahkan nilai estetis. Apabila ingin tetap menjaga privasi, cobalah untuk menggunakan gorden organza (sheer) yang tipis. Selain itu, kita juga dapat menggunakan tirai.

8. Barang-Barang Sederhana yang Berperan Penting
Mendekorasi rumah minimalis akan membuat kita berpikir ulang pada objek-objek di rumah kita. Pada akhirnya, kita akan menyadari bahwa kita tidak membutuhkan barang yang begitu banyak. Barang-barang yang jumlahnya minim akan tetap berfungsi maksimal apabila kita dapat memilahnya dengan baik.

9. Memperhitungkan Pola di Rumah 
Rumah minimalis pada umumnya menggunakan pola yang terbatas. Apabila kita memutuskan untuk menggunakan pola, cobalah untuk menggunakannya pada skala yang kecil, misalnya berdasarkan warna yang berbeda. Selain itu, gunakan juga pola yang tidak terlalu mencolok. Kita juga dapat menggunakan pola print yang dapat menambahkan aksen pada rumah minimalis kita. 

Sumber: http://www.livspace.com/magazine/decor-secrets-minimalist-style/

QuickEdit

You Might Also Like

No comments

Post a Comment

[name=Zefy Arlinda] [img=http://res.cloudinary.com/momsodell/image/upload/v1521166151/Zefy.jpg] [description=Hai Saya Zefy, Hobi Makan-makan | Memasak | Jalan-Jalan.] (facebook=https://www.facebook.com/arlindazefy) (twitter=https://twitter.com/zarlinda) (instagram=https://www.instagram.com/zefyarlinda/)