Theme Layout

Boxed or Wide or Framed

Theme Translation

Display Featured Slider

yes

Featured Slider Styles

[Boxedwidth]

Display Trending Posts

yes

Display Instagram Footer

No

Dark or Light Style

6 Tips Mengatur Keuangan di Usia Muda



Usia muda atau remaja merupakan waktu yang banyak dihabiskan untuk bersenang-senang menikmati masa muda. Biasanya, kaum muda lebih memikirkan rencana apa yang akan dilakukan untuk menghabiskan waktu sekarang. Entah itu hang out bersama teman-teman, jalan sama pacar, atau hanya sekedar nongkrong di kafe untuk melepas penat. Namun, tidak jarang anak muda di zaman sekarang yang sudah sukses di usia yang masih terbilang sangat muda. Baik di bidang pendidikan, karier, maupun dalam bidang bisnis. Untuk dapat meraih kesuksesan di usia muda, tentunya harus dimulai dengan pola hidup yang tepat dan pintar mengelola keuangan pribadi.

Bagi yang sudah menjadi mahasiswa dan menjadi anak rantau yang terbiasa dengan kehidupan ala anak kos, mungkin bukan merupakan suatu hal yang sulit dalam mengatur pengeluaran keuangan. Namun tidak jarang sebagian dari anak kosan mengikuti gaya hidup yang terbilang cukup boros. Sehingga uang saku kiriman dari orang tua yang tadinya cukup untuk memenuhi kebutuhan selama satu bulan atau bahkan lebih, malahan akan habis dengan cepat tanpa disadari. Nah, bagi Anda yang merasa kesulitan dalam mengatur pemasukan dan pengeluaran kebutuhan keuangan, berikut adalah beberapa tips mengatur keuangan pribadi di usia muda.

 Tips mengatur keuangan pribadi di usia muda


Buat Pembukuan

Hal utama yang perlu dilakukan adalah membuat pembukuan terkait pemasukan dan pengeluaran keuangan Anda. Catat darimana dan berap serta pengeluaran pemasukan yang Anda terima selama satu bulan, baik itu kiriman dari orang tua maupun gaji yang Anda terima jika sudah bekerja. Cek kemana saja uang tersebut Anda belanjakan. Jika Anda merasa membuat pembukuan adalah merupakan sesuatu yang ribet, maka solusinyaadalah Anda dapat menggunakan aplikasi yang ada di smartphone Anda untuk mengunduh aplikasi yang dapat membantu mengatur keuangan Anda. Jadi, banyak sekali fiture-fiture aplikasi terkini yang dapat Anda manfaatkan atau Anda unduh untuk membatu memanage keuangan Anda.


Menabung

Tidak perlu menunggu uang banyak untuk mulai menabung. Anda bisa memulai dengan mengumpulkan uang receh sisa kembalian saat berbelanja yang bisa Anda simpan dalam celengan atau toples receh. Jangan sepelekan uang receh. Karena jika Anda rajin mengumpulkannya, nominal yang didapat bisa Anda gunakan untuk berbelanja di akhir bulan saat belum mendapatkan kiriman dari orang tua atau belum gajian bagi yang sudah bekerja. Anda juga bisa menyisihkan sebgaian dari gaji atau uang kiriman orang tua untuk ditabung dan bisa Anda manfaatkan untuk kehidupan di lain hari. Biasakan diri menabung untuk modal di  masa depan Anda.


List Keperluan Selama Sebulan

Nah, ini merupakan hal sepele yang terkadang terlupakan. Kadang-kadang uang keluar dari dompet mengalir keluar tanpa kita sadari. Tiba-tiba sudah mendapatkan dompet kosong. Perasaan bingung dan heran ke mana uangnya kita belanjakan selama ini. untuk itu, Anda perlu mencatat atau membuat daftar keperluan pokok dan wajib Anda selama satu bulan. Jangan lupa, keperluan untuk main, nonton, atau sekedar jalan atau hang out bersama teman perlu Anda masukkan ke dalam daftar. Tapi jangan lupa, cukup sekali dalam satu bulan dan yang pastinya, jangan berlebihan juga membelanjakan keperluan. Cukup belanja keperluan yang Anda butuhkan selama satu bulan.


Kartu Kredit

Penggunaan kartu kredit sering kali menimbulkan ketakutan bagi setiap orang. Banyak orang beranggapan bahwa kartu kredit merupakan kartu “setan” yang menumpuk hutang. Namun jika, Anda menggunakan kartu kredit dan mengontrol penggunaan kartu kredit, tentunya tidak akan merugikan Anda. Bagi pengguna kartu kredit, tidak jarang Anda juga akan mendapatkan penawaran berupa point reward, promo dan cash back. Seiring dengan perkembangan zaman dan kemajuan teknologi, Anda tidak perlu menenteng kartu kredit ke mana-mana. Anda bisa menggunakan kartu kredit online tanpa perlu kartu kredit. Untuk mengurangi pembengkakan tagihan kartu kredit, Anda perlu menentukan berapa budget pengeluaran dengan kartu kredit selama satu bulan.Gunakan kartu kredit dengan bijak dan jangan menggunakan kredit meleibihi limit Anda. Sadari kondisi keuangan dan belajarlah hidup hemat.

Bandingkan Harga

Bukannya pelit dan mencari barang murahan. Membandingkan harga barang sebelum Anda membelinya, merupakan salah satu tips untuk mulai berhemat. Perbandingan harga meskipun sedikit sangat berpengaruh terhadap keuangan Anda. Apalagi bagi mahasiswa atau anak kosan, pastinya akan memilih barang dengan harga murah namun kwalitas OK. Tidak perlu repot-repot mendatangi toko satu-satu untuk membandingkan harga, cukup diam di rumah, ambil smartphone ada, tinggal searching barang apa yang ingin Anda beli dan lihat toko mana yang paling murah menjual barang tersebut. Mudah bukan?


Investasi

Siapa bilang anak muda tidak bisa berinvestasi? Anda mungkin berpikiran bahwa akan sulit mulai melakukan invesati di usia muda, apalagi notabennya mahasiswa yang belum memiliki pekerjaan dan masih bergantung pada pemberian orang tua. Modal investasi dari mana? Tidak perlu khawatir, lagi-lagi Anda hanya perlu memanfaatkan smartphone Anda. Bagi kamu muda, tidak perlu bingung memikirkan caranya dan investasi apa yang bisa Anda lakukan. Invesati tidak hanya berkaitan dengan tanah, emas, dan surat-surat berharga. Anda bisa berinvestasi dengan ‘bermain’ saham. Nah, jenis investasi ini sangat cocok bagi mahasiswa atau kaum muda. Cukup dengan modal Rp. 100.000,- Anda sudah bisa melakukan investasi untuk masa depan Anda.


Prioritaskan Kebutuhan

Terkadang kita sering kali tidak bisa membedakan mana kebutuhan dan mana keinginan. Hal ini kadang yang membuat pengeluaran semakin membengkak. Untuk itu, Anda perlu membuat daftar kebutuhan dan keinginan yang menjadi prioritas Anda. Jalan-jalan ke mall terkadang membuat Anda harus menahan diri, apalagi jika terpampang di depan toko kata ‘diskon’, pastinya sudah menarik perhatian Anda, terutama kalangan perempuan. Namun, Anda harus bisa menahan diri dan tanyakan pada diri Anda, apakah itu kebutuhan atau keinginan semata? Ingat, diskon bisa saja terjadi kapanpun dan di manapun. So, berhemat lah dari pada harus menahan lapar di akhir bulan karena tergoda dengan barag diskon.


Mencari Penghasilan Tambahan

Mencari penghasilan tambahan bagi sebagian anak muda atau mahasiswa khususnya, akan terasa sangat sulit. Kesulitannya adalah terkait waktu dan kondisi tubuh. Mahasiswa yang aktif, baik di kegiatan kampus dan kegiatan organisasi luar kampus, pastinya akan sulit mencari waktu luang untuk bekerja. Namun tidak perlu kahwatir, Anda bisa bekerja part time atau paruh waktu yang menyesuaikan dengan waktu senggang Anda. Manfaatkan juga skill yang kamu miliki. Karena pekerjaan yang paling asyik itu adalah hobby yang dibayar.

Jika Anda mengalami masalah keuangan dan sulit mendapatkan pinjaman, Anda bisa meminjam uang online tanpa perlu ke bank. Nah, apakah salah satu dari tips di atas sudah Anda terapkan? Jika belum, maka mulailah dari sekarang. Tidak ada kata terlambat untuk memulai.
QuickEdit

You Might Also Like

No comments

Post a Comment

[name=Zefy Arlinda] [img=http://res.cloudinary.com/momsodell/image/upload/v1521166151/Zefy.jpg] [description=Hai Saya Zefy, Hobi Makan-makan | Memasak | Jalan-Jalan.] (facebook=https://www.facebook.com/arlindazefy) (twitter=https://twitter.com/zarlinda) (instagram=https://www.instagram.com/zefyarlinda/)